Cinebench R15, R20 Ryzen 2200G


Ryzen 3 2200G, prosesor ini merupakan prosesor dengan 4 core 4 thread. Prosesor ini juga terdapat integrated graphic, ya sudah ada vga cardnya didalam prosesor ini dan kemampuan vga cardnya ini juga sudah cukup baik. Inilah salah satu alasan saya merakit pc menggunakan prosesor Ryzen 3 2200G. Meskipun awalnya saya menggunakan prosesor AMD A8 kemudian upgraded ke Ryzen 3 2200G.

Ryzen 3 2200G sudah sangat nyaman buat keseharian saya. Saya mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan office, menikmati file multimedia, dan juga untuk bermain game kesukaan. 

Bagaimana dengan edit video? Saat ini saya  masih belajar. Untuk edit video sederhana saya rasa prosesor ini sudah cukup baik jika hanya untuk video yang tidak terlalu rumit.


Terkadang saat akan membeli laptop atau prosesor untuk rakit PC, saya selalu  membandingkan dulu dengan prosesor yang pernah saya pakai. Dan Ryzen 3 2200G adalah PC daily driver saya. Bagaimana membandingkan kemampuan prosesor? Saya ambil cara termudahnya yakni dengan membandingkan skor Cinebench-nya.

Cinebench R15 merupakan favorit saya sebagai sebuah acuan yang saya gunakan untuk membandingkan kemampuan prosesor. 

Skor Cinebench R15

Berikut ini adalah data Cinebench R15 dan R20 dari prosesor Ryzen 3 2200G. 

Gambar skor Cinebench R15





Dari gambar diatas didapatkan skor Cinebench R15 untuk prosesor Ryzen 3 2200G ini adalah sebesar 142 cb, untuk single-corenya. untuk skor multi-corenya didapatkan hasil 576 cb.

Skor Cinebench R20

Gambar skor Cinebench R20

 
Dari gambar di atas, skor single-corenya 308 cb, dan multi-corenya adalah sebesar 1307 cb.

Hasil skor cinebench di atas sedikit berbeda alias ada selisih tetepi tidak terlalu jauh dengan PC Ryzen 3 2200G yang saya punya. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh komponen pc yang digunakan seperti motherboard, RAM, dll. 

Kesimpulan

Skor Cinebench R15 lebih dari 500 cb, sudah sangat nyaman untuk digunakan harian, Office, multimedia, main game dan sedikit edit video sederhana.
Untuk permulaan dan budget yang terbatas, saya rasa menggunakan prosesor sekelas ini merupakan awal yang bagus, karena lebih hemat tidak perlu beli Graphic Card terlebih dahulu.
Proseor Ryzen 3 2200G ini adalah prosesor lama, jika ingin menggunakannya lebih baik pakai yang lebih baru, upgrade ke Ryzen 3 3200G atau yang lebih baru lagi.
Sudah cukup tetapi jika punya budget lebih, lebih baik upgrade ke 6 core atau 8 core karena lebih nyaman untuk editing video, dan juga untuk multitasking lainnya.

Demikian. Ini sebagai catatan saya saja, sebagai patokan performa yang sudah pernah saya rasakan atau bisa dibilang pengalaman penggunaan. Skor ini akan menjadi acuan nilai yang akan saya gunakan untuk membandingkannya dengan prosesor lain. Semoga bermanfaat.

Referensi

https://www.cpu-monkey.com/en/cpu-amd_ryzen_3_2200g-857
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url