Cinebench R15 Ryzen 3250U vs Core i3 1005G1


Cinebench R15 Ryzen 3 3250U vs Intel Core i3 1005G1. Kali ini saya sedang mempertimbangkan sebuah prosesor pada laptop yakni Ryzen 3 3250U dan Intel core i3 1005G1. Saya berencana membeli salah satu laptop tetapi masih bingung memilih yang mana. Tentunya memilih laptop tidak hanya dilihat dari prosesor apa yang digunakan Aspek-aspek yang lainnya juga tetap perlu dipertimbangkan. 

Kali ini saya akan melihat dari segi prosesor. Disini saya ingin tahu bagaimana performa masing-masing prosesor tersebut. Tentunya saya tidak akan mencobanya atau mengujinya secara langsung. Saya cukup melihat saja perbandingan skor Cinebench R15-nya.

Saya lebih suka menggunakan Cinebench R15 karena dengan ini dapat diketahui berapa skor prosesor saat melakukan tugas ringan yang biasanya dilakukan oleh single core dan juga skor saat melakukan tugas berat biasanya dilakukan oleh multicore.

Dalam pemahaman saya, multi core itu semua core aktif bekerja semisal saat menggunakan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan dan juga ada aplikasi atau software yang memang membutuhkan kinerja multicore misalnya rendering.

Single core misalnya saat membuka software office, browser dan beberapa aplikasi ringan lainnya. Tetapi jika membuka banyak aplikasi bersamaan maka tetap juga tidak akan dihandle oleh single core tetapi pastinya oleh multicore dari prosesor.

Sebuah komparasi prosesor dari segi Cinebench R15. Memang menggunakan Cinebench R15 sebagai satu-satunya tolok ukur mungkin bukan hal yang pas karena banyak juga software untuk mengukur kemampuan sebuah prosesor.

Ada banyak software untuk melakukan benchmark terhadap sebuah prosesor dan tentunya masing-masing software benchmark mengukur sisi tertentu dari kemampuan sebiah prosesor. Disini saya ingin mengambil mudahya saja dengan membandingkan kemampuan prosesor dari melihat skor Cinebench R15.

Langsung saja berikut ini grafik perbandingan cinebench r15 yang saya dapatkan dari cpu-monkey.com.

Gambar Cinebench R15 Ryzen 3 3250U



Gambar Cinebench R15 Prosesor Intel Core i3 1005G1



Dari gambar kita tahu skor cinebench R15 kedua prosesor tidak terlalu jauh. Memang jika dilihat dari skor diatas Intel Core i3 1005G1 lebih unggul tetapi performanya mungkin tidak terlalu jauh.


Kesimpulannya

Dari gambar hasil Cinebench R15, kedua prosesor ini bisa dibilang mirip tetapi hasil skor Cinebench R15 menunjukkan Intel Core i3 1005G1 memiliki skor yang lebih tinggi.

Skor yang lebih tinggi ini menjadi salah satu poin pertimbangan dalam memilih sebuah laptop atau PC.


Referensi:

https://www.cpu-monkey.com/en/cpu-intel_core_i3_1005g1-938

https://www.cpu-monkey.com/en/cpu-amd_ryzen_3_3250u-1289

Belum ada Komentar untuk "Cinebench R15 Ryzen 3250U vs Core i3 1005G1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel