Type something and hit enter

Advertise

Advertise

Punya sebuah laptop yang lumayan "jadul" alias old, bukan berarti laptop tersebut harus digantikan dengan yang baru, yang memiliki teknologi terkini.

Selama laptop tersebut masih berfungsi dan masih bisa digunakan untuk mengerjakan kegiatan office atau pekerjaan yang tidak terlalu berat, maka yang paling baik agar laptop tersebut tetap bisa nyaman digunakan adalah dilakukan upgrade beberapa komponennya.

Kenapa Upgrade RAM Laptop
Salah satu bagian penting yang perlu dilakukan upgrade adalah RAM atau memory. Biasanya pada laptop lama, meskipun sudah memiliki prosesor core i3, tetapi masih memilii RAM hanya 2 GB saja. Hal ini tentunya akan menghambat performa laptop tersebut.

Saya, beberapa bulan yang lalu melakukan upgrade RAM laptop yang dipakai adik saya yakni sebuah laptop ACER z1402 dengan prosesor core i3 dan RAM 2 GB DDR3.

Pada laptop ini secara default dari toko, sudah  menggunakan windows 10 64 bit. Dengan ram 2 GB maka ram segini sudah mepet banget dan performanya sangat tidak nyaman meskipun hanya untuk menjalankan aplikasi office. So, seharusnya butuh RAM lebih dari 4 GB.

Upgrade Berapa GB?
Karena budget yang sangat terbatas (limited banget), akhirnya saya memutuskan untuk membeli ram yang murah saja. Salah satu produk RAM yang murah adalah produk dari VGen.

Sebenarya saya ingin melakukan upgrade dari 2 GB ke 8 GB, tetapi uangnya mepet banget. So,akhirnya upgrade ke 4 GB saja.

Setelah ubek-ubek marketplace, saya memutuskan untuk membeli RAM merk VGen ini karena memang yang paling murah. RAM ini ada dua varian produk RESCUE dan PLATINUM. Karena ada dua tipe ini saya menjadi bingung mau memilih yang mana. Dan lagi apa bedanya antara dua varian ini.

Ya akhirnya saya harus ubek-ubek mbah Google untuk mendapatkaninformasi tentang perbedaan antara VGen Platinum dan VGen Rescue ini. Setelah beberapa waktu mencari di mbah Google, saya menemukannya, informasi tentang perbedaan yang seri PLATINUM dan RESCUE.

Perbedaan VGEN Platinum dan RESCUE
VGen platinum ternyata adalah produk versi premium dari segi kualitas bahan dan kecepatan juga lebih baik dari yang RESCUE. IC yang digunakan juga dari brand mayor seperti Samsung, Hynix, Micron. Sedangkan pada versi yang RESCUE menggunakan IC dari VGen.

Mungkin hal inilah yang menyebabkan harga yang seri PLATINUM lebih mahal dibandingkan dengan Seri RESCUE. Ya hanya selisih beberapa puluh ribu rupiah saja antara seri PLATINUM dan RESCUE.

Soal garansi, kedua seri RAM tersebut sama yakni lifetime. So tidak perlu khawatir.

Harga RAM Memori VGen
Oh iya saya membeli RAM VGen PLATINUM ini di Salah satu marketplace dengan harga sekitar 320 ribuan. Mungki saat ini harganya sudah turun dibawah 300 ribu. Silahkan mencari di marketplace, cukup banyak yang menjual produk ini.

Kesimpulan
Jika Anda masih punya laptop yang lama, old ,jadul, tetapi masih bisa berfungsi, tidak ada salahnya anda melakukan upgrade RAM terlebih dahulu. Dan memori RAM murah dari VGen ini bisa dijadikan pilihan khususnya bagi anda yang dananya terbatas.

Demikian sharing saya tentang Upgrade RAM Laptop dengan menggunakan RAM VGEN dan juga perbedaan yang seri PLATINUM dan RESCUE. Semoga membantu.

0 comments