Type something and hit enter

Advertise

Advertise

Setelah menghitung kebutuhan daya komputer dengan menggunakan power supply calculator dari be quit!, kali ini saya kembali membagikan Cara Menghitung Daya Komputer dengan Menggunakan Power Supply Calculator Cooler Master.

Kenapa menghitung daya komputer lagi? ya hanya untuk memastikan kebutuhan daya komputer yang sudah saya pernah hitung sebelumnya. Saya juga ingin membuat perbandingan hasil penghitungan daya dengan menggunakan power supply calculator dari be quiet! dan cooler master.

Oh iya saat ini juga saya menggunakan power supply unit dari cooler master.

Ok, langsung saja masuk ke websitenya cooler master pada halaman power supply calculator disini https://www.coolermaster.com/power-supply-calculator/.


Komponen yang saya gunakan

Konfigurasi yang saya gunakan dalam rakit pc ini adalah

Prosesor AMD Ryzen 2200G, tetapi pada menu tidak ada jadi saya gunakan Ryzen 7 3700X.

Motherboard Micro-ATX

GPU atau VGA Card yang saya gunakan AMD Radeon RX 570 tetapi pada menu juga tidak ada jadi saya gunakan saja yang RX 470 karena yang saya tahu daya RX 470 dan RX 570 hampir mirip, meskipun masih lebih besar RX 570.

RAM saya menggunakan 4GB dua keping.

SSD 2 buah SSD 120 GB dan   1 buah HDD 3,5 inchi dengan 5400 RPM.

Saya juga menggunakan beberapa buah fan LED yang didalam menu penghitungan power supply ini tidak ada atau tidak dihitung.

Jika sudah terisi semua maka secara otomatis akan muncul hasil penghitungannya di sebelah kanan atas.

Hasil Penghitungan

Hasil penghitungan kebutuhan daya komputer dari data yang saya masukkan tadi adalah sebesar 343 Watts. 

Pada bagian bawah hasil penghitungan daya terdapat produk power supply dari cooler master yang direkomendasikan. Silahkan membeli salah satu dari produk yang direkomendasikan tersebut.

 


Saya juga mencoba menghitung kebutuhan daya komputer dengan komponen yang berbeda hingga didapatkan daya yang hampir mendekati 500 Watt. Pada kolom power supply yang direkomendasikan tetap saj amenunjukkan produk yang sama yakni MWE 450.

Hal ini mungkin produk dari cooler master yang MWE 450 ini masih bisa mengangkan sampai daya 500 Watt. Tetapi menurut saya perlu di cek lagi dari segi spesifikasinya. Sebaiknya mengambil atau membeli seri yang diatasnya yang memiliki daya 500 Watt atau yang 650 Watt.

Kesimpulannya

Menggunakan Power Supply Calculator akan sangat membantu menentukan memilih produk power supply unit yang akan dibeli.
Jika sudah mendapatkan hasil penghitungan semisal 300 Watt untuk kebutuhan dayanya maka sebaiknya membeli power supply unit yang memiliki daya diatasnya bisa yang 450 Watt atau yang 500 Watt.
Satu hal lagi yang penting, pastikan Anda sudah tahu rencana anda kedepan dengan PC yang anda rakit. Apakah kedepan akan dilakukan upgrade komponen yang akan membutuhkan daya lebih? Berapa watt daya tersebut? Mengambil daya terbesar dari hitungan rencana upgrade komponen pc kedepan perlu dipertimbangkan sehingga tidak perlu ganti power supply unit lagi.

Demikian Cara Menghitung Daya Komputer dengan Menggunakan Power Supply Calculator Cooler Master, semoga bermanfaat.


0 comments