Type something and hit enter

Advertise

Advertise


Bagaimana cara menentukan dan menghitung daya power supply yang dibutuhkan pada saat rakit PC? Tenang saja, cara untuk menghitungnya sangat mudah yaitu dengan menggunakan power supply calculator dari be quiet!

Power supply memang sudah menjadi komponen penting dalam sebuah PC. Apalagi bagi yang mempunyai rencana untuk menggunakan PC tersebut dalam jangka waktu yang lama. 

Dalam menggunakan sebuah PC yang akan digunakan dalam jangka waktu lama dan juga saat merakit PC tersebut dengan dana yang terbatas, maka biasanya rakit pc pada awalnya adalah memilih komponen dasar terlebih dahulu dan kemudian kelak dilakukan upgrade.

Salah satu komponen dasar yang penting untuk dipertimbangkan adalah power supply unit atau PSU. Untuk menentukan seberapa besar daya power supply unit yang akan digunakan maka perlu diperhitungkan berapa komponen yang akan dipasang pada sebuah komputer saat dirakit.

Saat ini untuk menghitung kebutuhan daya yang diperlukan pada sebuah komputer sudah sangat mudah. Banyak sekali penyedia atau brand power supply yang sudah menyediakannya secara online. Kita tinggal buka websitenya dan memasukkan perkiraan apa saja dan berapa banyak komponen hardware yang akan dipakai. 

Tinggal klik saja dan munculah berapa kebutuhan daya yang dibutuhkan dan biasanya disertai dengan rekomendasi power supply dari brand yang bersangkutan.

Saya sudah pernah menuliskan tentang cara menghitung kebutuhan daya power supply dengan menggunakan power supply calculator dari coolermaster.  Beberapa waktu ini saya tidak bisa menggunakan power supply calculator tersebut dikarenakan tidak dapat diakses, mungkin sedang ada perbaikan di websitenya coolermaster.

Untuk itu, sebagai alternatifnya saya menggunakan power supply calculator dari be quiet! Yang juga cukup mudah penggunaannya.

Power Supply Calculator dari be quiet!

Untuk menghitung kebutuhan daya komputer silahkan mampir ke websitenya be quiet! Pada link berikut.

https://www.bequiet.com/en/psucalculator

Skenario Hardware

Saya sudah mencoba membuat skenario rakit pc dengan menggunakan ryzen 3600, 2 buah harddisk SATA, 4 buah fan, 2 x RAM, VGA Card Radeon RX5700XT dan rencananya juga akan dilakukan Overclock pda PC rakitan ini.

Hasil Penghitungan Daya

Silahkan masukkan data tersebut maka hasilnya seberti berikut ini.



Dari hasil di atas setelah melalui penghitungan dengan menggunakan power supply calculator online, disebutkan bahwa kebutuhan power supply yang saya butuhkan untuk sistem yang rencananya akan saya rakit adalah sebesar 364 Watt.

Disamping menampilkan jumlah daya atau berapa watt yang dibutuhkan, juga ditampilkan rekomendasi power supply yang sesuai dengan kebutuhan daya tadi. Tentunya power supply yang direkomendasikan ini berasal dari brand be quiet! Juga.

Rekomendasi Power Supply

Power supply yang direkomendasikan ternyata cukup banyak dan cukup membuat bingung khususnya bagi yang baru pertama kali akan memilih power supply unit untuk komputer rakitannya.

Tenang saja, pada menu sudah disediakan pilihan untuk mensortir power supply mana yang akan ditampilkan terlebih dahulu. Anda bisa mengurutkannya berdasarkan harga (price), Tingkat efisiensi (Efficiency), Tingkat keheningan (Silence), Fitur (Feature). 

Disini Saya memilih mengurutkan berdasarkan harga karena keterbatasan dana untuk rakit pc.

Dan power supply yang direkomendasikan adalah sebagai berikut.


Selain ditampilkan tipe power supply yang direkomendasikanoleh be quite!, juga ditampilkan berapa persen yang di-load oleh power supply, tingkat efisiensi, dan harga power supply tersebut.

Dengan adanya data dan informasi ini, akan memudahkan dalam memilih dan memutuskan untuk membeli sebuah power supply.

Kesimpulan

Power supply calculator ini banyak sekali yang menyediakan termasuk dari brand power supply lain. Jika punya preferensi brand power supply unit tertentu, silahkan coba mengunjungi websitenya dan carilah power supply calculator atau bisa juga mencari di google.

Sebaiknya saat menghitung kebutuhan daya komputer ini, juga sudah menentukan brand power supply mana yang akan dipakai dikarenakan biasanya hasil penghitungan dari power supply calculator dari setiap brand itu berbeda-beda.

Jika anda ingin menggunakan power supply dari be quite!, maka gunakan power supply calculator dari be quiet!. Jika ingin menggunakan powe supply dari brand coolermaster, maka gunakan power supply calculator dari coolermaster.

Saya kira demikian cara menentukan dan menghitung daya power supply yang dibutuhkan pada rakit pc dengan menggunakan power supply calculator dari be quiet!

Selamat menghitung dan memilih power supply unit dengan menggunakan power supply calculator.

0 comments