Type something and hit enter

Advertise

Advertise



Ingin merakit sebuah PC komputer yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, salah satunya untuk keperluan PC Gaming. Untuk membangun atau merakit sebuah PC Gaming tentunya dibutuhkan budget (uang) yang cukup banyak.

Memang hal tersebut tidaklah salah, dengan semakin banyak uang yang dihabiskan maka akan semakin baik juga spesifikasi yang diperoleh sehingga pengalaman bermain (gaming experience) pun menjadi lebih baik.

Tetapi bagaimana jika budget sangat terbatas dan sangat mepet? Ketepatan, Kebijaksanaan dalam memilih komponen hardware komputer menjadi sangat penting.

Motherboard yang dibahas dalam tulisan saya ini adalah motherboard untuk prosesor AMD Ryzen. Saya tidak membatasi untuk digunakan pada prosesor AMD Ryzen seri berapa pun, baik itu seri 1000 series, 2000 series atau 3000 series.

Harga Motherboard Murah


Motherboard dengan harga yang sangat terjangkau untuk prosesor AMD Ryzen ini saat ini berkisar antara 600-800 ribuan tergantung dari brand yang membuatnya. Bagi orang yang memiliki budget mepet tentu akan sangat terbantu dengan adanya motherboard ini.

Dengan membeli motherboard yang murah, maka anda bisa mengalokasikan dan atau uang anda untuk membeli komponen hardware yang lain. Entah itu prosesr, RAM, power supply atau hardware yang lainnya.

Kemampuan Overclocking


Saat memilih menggunakan motherboard ini, harga murah memang perlu dipertimbangkan, tetapi ada hal penting lagi yang sangat perlu di pertimbangkan adalah diri anda.

Apakah anda suka dengan overclocking, tertarik dengan overclocking, suka mengutak-atik, suka melakukan modifikasi setingan komputer, apakah pikiran anda selalu “gatal” untuk memaksimalkan settingan (pengaturan) pada komputer anda?

Jika iya maka anda tidak direkomendasikan untuk membeli motherboard murah ini.

Motherboard murah ini memang tidak diperuntukkan overclocking sehingga anda tidak bisa memaksimalkan dan mengeluarkan potensi prosesor yang tersembunyi. Tetapi jangan salah, motherboard ini juga masih mempunyai potensi overclocking pada RAM nya.


Ya, masih bisa meningkatkan kecepatan RAM lebih tinggi dari yang tertulis pada label spesifikasi pabrikan yang tertempel pada keping memori RAM.

Motherboard murah ini hanya untuk yang tidak memiliki keinginan melakukan overclocking, atau hanya ingin menggunakan komputer untuk bekerja saja dan tidak melakukan optimasi ataupun overclocking.

Prosesor yang digunakan pun pada motherboard ini sebaiknya tidak lebih dari 4 core karena meskipun motherboard ini bisa digunakan untuk prosesor ryzen 6 core, motherboard ini akan bersusah payah untuk memenuhi kebutuhan daya processor 6 core tersebut sehingga menimbulkan suhu yang cukup tinggi atau panas yang berlebihan meskipun pada penggunaan biasa.

Hal ini dikarenakan pada motherboard ini memiliki kemampuan terbatas dalam memberikan daya kepada prosesor. Pada komponen pengatur daya ke prosesor ini biasanya disebut dengan VRM yang didesain untuk pemenuhan daya standar saja tanpa dilakukan overclocking prosesor. Overclocking ini membutuhkan banyak daya yang melebihi dari standarnya yang tentunya juga membutuhkan power supply unit yang baik juga.

Motherboard yang dimaksud


Motherboard yang saya maksudkan disini adalah motherboard untuk amd ryzen dengan chipset A320. Dengan menggunakan chipset ini tentunya banyak keterbatasan seperti yang sudah saya sebutkan yakni tidak bisa untuk melakukan overclocking pada prosesor tetapi masih bisa overclocking pada memori ram-nya.

Motherboard ini sangat cocok bagi pengguna yang tidak ingin ribet mengatur setingan prosesor dan ram yang terkadang jika kita sembarangan memasukkan konfigurasinya malah akan dapat menimbulkan “bahaya” pada hardware yang terpasang.

Sebuah Motherboard dengan harga murah ini sangat tidak direkomendasikan jika anda suka dengan overclocking dan anda memiliki uang yang berlebih.

Kesimpulan


Jika ingin memiliki sebuah motherboard murah, membeli motherboard dengan chipset A320 saja. Saya kira motherboard ini masih cukup relevan dan bahkan masih bisa berfungsi dengan baik meskipun digunakan pada AMD Ryzen 3000 series (tentunya tanpa overclocking prosesor).

Oh iya, satu hal yang lebih penting lagi adalah selalu melihat dan men-cek terlebih dahulu tipe prosesor yang di support oleh motherboard tersebut di website resminya. Hal ini perlu dilakukan agar tidak sampai salah membeli prosesor dan motherboardnya.

Jika Anda punya keinginan untuk overclocking, saya sarankan jangan membeli motherboard A320 karena khawatir nanti Anda akan menyesal. Seperti yang telah saya alami dan lakukan. Saya telah membeli motherboard A320 ini dan saya suka overclocking meskipun bukan yang ekstrim.

Saya berharap bisa melakukan overclock prosesor meskipun hanya sedikit, tetapi motherboard saya hanya A320 yang mana tidak mendukung overclocking prosesor. So, saya hanya bisa melakukan overclock pada memori RAM-nya saja.

Jika Anda suka dan ada keinginan overclocking meskipun keinginan tersebut hanya sedikit, saya sangat menyarankan dan merekomendasikan untuk membeli motherboard dengan chipset diatas A320, misalnya  B350, X370, B450 atau X470. Jika ada uang lebih bisa juga langsung membeli yang ber-chipset X570.

Demikian saja, memilih motherboard murah untuk prosesor AMD Ryzen. Anda tidak harus mengikuti pilihan saya, rekomendasi saya dan apapun yang saya tulis disini. Semua pilihan kembali lagi kepada anda. Karena anda yang akan menggunakan motherboard dan anda juga yang memiliki uangnya.

Sekian dulu, dan terima kasih telah membaca artikel saya tentang memilih motherboard murah untuk prosesor AMD.

0 comments