Sebelumnya saya merakit PC AMD A8 ini hanya karena ingin merakit PC baru. Dengan budget yang terbatas mungkin prosesor ini bisa menjadi permulaan bagi yang ingin rakit pc baru.

Sebuah prosesor yang dengan harga murah tetapi kemampuannya masih baik untuk digunakan bermain game PC dan untuk melakukan pekerjaan kantor sehari-hari dan yang lebih penting lagi adalah untuk belajar mengedit video.

Saat membeli prosesor AMD ini, AMD Ryzen yang memliki APU belum keluar, jadi prosesor AMD yang memiliki APU hanya AMD A-Series. Dengan menggunakan prosesor yang memiliki integrated graphic ini tentunya akan dapat menghemat sehingga bisa membeli komponen lainnya dengan dana yang tesisa.

Saya menggunakan PC ini untuk kebutuhan Office, Belajar edit foto dan video, main game pc CSGO, ETS2, FIFA 2018 dan juga untuk mencoba Sistem Operasi Linux, Battlefield 4.

Ya ini hanyalah pengalaman saya dengan menggunakan prosesor AMD A8 9600. Mungkin saat ini sudah termasuk yang “ketinggalan jaman”, tetapi jika hanya untuk penggunaan office mungkin masih bisa cukup diandalkan.

Pengalaman menggunakan PC ini

Pengalaman saya menggunakan prosesor ini adalah dalam hal merakit PC baru. Iya ini adalah pertama kalinya saya merakit sebuah PC baru. Merakit sebuah PC baru tidak susah tetapi memang membutuhkan tenaga yang lebih. Karena harus banyak belajar tentang soket motherboard, RAM DDR4, Power Supply, dll.

Yang paling melelahkan adalah saat memasang komponen di casing PC. Ada banyak screw yang perlu dipasang yang mana sangat menguras tenaga. Terlebih lagi casing yang digunakan terkadang tidak cocok lubang screwnya dengan komponen yang akan di pasang sehingga membuat kesulitan tersendiri.

Performa dengan Cinebench R15

Saya mengukur kemampuan multicore pada prosesor ini dengan menggunakan Cinebench R15. Performa prosesor ini dengan menggunakan Cinebench R15 mendapatkan skor sekitar 200-an, saya lupa tepatnya berapa kalau tidak salah sekitar 287 cb tidak sampai 300 cb.

Dengan skor segitu, ternyata cukup nyaman digunakan untuk melakukan kegiatan office, mulai dari membuka ms office word, excel, buka pdf, sambil browsing dengan membuka banyak tab juga dengan mendegarkan musik.

Semuanya lancar tanpa kendala. Skor inilah yang menjadi acuan saya sampai saat ini. Jika merakit PC atau memilih sebuah prosesor setidaknya memiliki skor diatas 200 cb karena sangat nyaman untuk digunakan office.

Office

Seperti yang telah saya tulis di atas, saat saya gunakan untuk keperluan office tentunya dengan menggunakan aplikasi office, saya tidak merasakan adanya hambatan atau kendala apapun, terasa sangat nyaman dan lancar saja.

Mungkin kenyamanan ini saya dapatkan karena menggunakan RAM 8 GB. Biasanya saya dikantor hanya menggunakan PC dengan RAM2 GB yang mena cukup membuat saya berlatih untuk bersabar. Dengan menggunakan RAM 8 Gb dan hanya untuk menjalankan office tentunya sangat lancar jaya.

Gaming

Pengalaman yang selanjutnya yang menyenangkan adalah saat setelah instalasi game. Iya tentu saja karena setelah instalasi adalah memainkan game tersebut. Beberapa game yang saya sukai saya mainkan di PC ini.

Beberapa game tesebut antara lain.
CSGO
Game ini sesekali saya mainkan disela-sela kesibukan saya mengerjakan pekerjaan kantor. Tetapi saya mainnya hanya saat di rumah karena terkadang saya membawa pekerjaan kantor ke rumah dan saat jenuh saya memainkan game ini.

Performa pc ini cukup baik dan bisa dignakan untuk memainkan game ini dengan lancar tentunya tidak di-seting-an "high". Setingan "medium - low" masih sangat nyaman digunakan. Saya lupa barapa fps tetapi yang jelas diatas 30 fps.

ETS2
Dengan setingan low masih bisa mendapatkan sekitar 50-60 fps. Tergantung dengan penggunaan mod dalam game juga. Semakin banyak mod yang digunakan juga akan memperngaruhi fps dalam game ini.

Editing Video

Untuk mengedit videdo dengan menggunakan rosesor ini saya kira cukup banget jika hanya mengeddit video di resolusi HD (720p). tentunya dengan menggunakan software editing yang ringan juga.

Lebih baik lagi jika software yang digunakan mendukung AMF sehingga bisa memanfaatkan core grafis yang ada pada prosesor ini.

Penggunaan Daya

Satu hal lagi yang paling mennyenangkan saat menggunakan PC ini adalah hemat daya. Daya yang disedot oleh pc ini ternyata tidak sampai 100 watt saat full load. Sangat hemat. Apalagi jika hanya digunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor mungkin bisa dibawah 70 watt. dengan demikian tidak perlu khawatir tagihan listrik akan membengkak saat digunakan berlama-lama.

Pendapat saya tentang Prosesor Ini

Secara keseluruhan, prosesor ini cukup baik jika anda memiliki budget yang sangat-sangat terbatas. Tetapi lebih baik lagi jika menggunakan prosesor generasi diatasnya.

Saat ini, di atas prosesor ini, yang memiliki grafis terintegrasi ada prosesor AMD Athlon 200GE, dst.

Prosesor AMD A8 ini saat ini mungkin harganya sudah turun jauh jika dibandingkan dengan saat pertama kali rilisnya. Saat pertama kali keluar dulu harganya sekitar 800 ribuan. Mungkin saat ini hanya bisa didapatkan di marketplace dalam kondisi second.


Spesifikasi

Spesifikasi PC yang saya gunakan:
Prosesor AMD A8 9600
RAM 8 GB (2x4GB) dual channel.
SSD 120GB

Kesimpulan

Prosesor ini cukup OK untuk diajak kerja office, sedikit main game dan bisa juga diajak untuk video editing ringan.

Jika mendapatkan prosesor ini dengan harga yang murah banget dan memang budget anda terbatas maka tidak ada salahnya untuk membeli prosesor ini sebagai langkah awal. Tetapi ingat Anda harus memetakan kebutuhan anda terlebih dahulu sebelum membeli sebuah prosesor.

Jika kebutuhan anda sangat tinggi ada baiknya jika bersabar dan menabung sebentar sehingga bisa mendapatkan prosesor yang lebih tangguh sehingga bisa menunjang semua pekerjaan anda.

Ok, cukup sekian cerita saya tentang pengalaman saya menggunakan prosesor AMD A8 9600, semoga bisa bermanfaat bagi siapapun yang membaca dan sedang berencana menggunakan prosesor ini.
Share To:

Administrator

Admin blog ini hanyalah pengguna teknologi yang biasa saja. Tulisan di blog ini adalah merupakan catatan pribadi juga untuk berbagi informasi.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours