Rakit PC AMD A8 9600, Bisa Untuk PC Gaming



Keterbatasan budget memang menjadi kendala dalam merakit sebuah PC. Memang siapapun pastinya menginginkan sebuah PC dengan spesifikasi yang tinggi yang biasanya dipakai para "Sultan. Tetapi apa daya sebagai orang yang memiliki batas keuangan maka haruslah bijak dan pandai dalam mengatur budget dan memilih komponen mana yang akan dibeli.

Kembali lagi ke langkah awal dan merupakan hal penting dalam merakit sebuah PC, yakni kebutuhan. Untuk apa Anda merakit PC? Itu adalah pertanyaan mutlak yang harus dijawab. Karena setiap orang memiliki kebutuhan yang tentu saja berbeda. Dan juga perbedaan kebutuhan dan tujuan ini menentukan komponen apa yang akan dipakai.

Langsung saja kali ini saya akan merekomendasikan sebuah PC yang layak digunakan untuk keperluan office sehari-hari tetapi juga masih bisa digunakan untuk PC gaming. Mungkin Budget untuk merakit PC ini dibatasi pada kisaran 4 jutaan dan tidak sampai 5 jutaan.

PROSESOR

Yang pertama adalah Prosesor. Kali ini saya memilih menggunakan prosesor AMD A8 9600 Bristol Ridge. Prosesor ini harganya murah kisarannya pada 750-800 ribu. Harga murah, sudah quad core, dan memiliki integrated graphic sehingga tidak perlu membeli VGA Card lagi.

Harga di marketplace sekitar: Rp. 785.000,-

MOTHERBOARD

Motherboard yang murah saja soket A320. Di pasaran berbagai macam harga kisarannya 700 rb - 1 jutaan. Yang murah dan memiliki nama besar yakni Asrock. Produk motherboard dari AsRock yang seri A320M-HDV menjadi pilihan saya kali ini.

Motherboard ini seharga 700 - 800 ribuan. Disamping harga yang murah, keunggulannya adalah memiliki 3 colokan untuk monitor yakni 1 port D-Sub, DVI-D, dan HDMI. Dengan menggunakan motherboard ini maka bisa menggunakan 3 monitor dalam satu komputer.

Cocok sekali buat yang suka bermain game atau bekerja dengan membuka banyak lembar office yang menjadi semakin mudah dengan menggunakan banyak monitor.

Satu lagi ada slot M.2 SSD sehingga bisa lebih menghemat tempat khussunya jika menggunakan casing m-ATX.

Overclocking RAM masih bisa dilakukan pada motherboard ini hingga kecepatan sekitar 3000 Mhz tergantung prosesor yang digunakan.

Harga di Marketplace Rp. 778.000,-

RAM

RAM yang saya gunakana dalah 2x4GB. Memori yang digunakan sebaiknya menggunakan dual channel (dua keping memori yang sama baik merk dan kapasitas, kecepatan). Sebaiknya langsung membeli kit dual channel.

Tidak disarankan untuk membeli satu persatu kecuali memang benar-benar tidak ada uang untuk membeli memori dual channel, karena dikhawatirkan pada pembelian selanjutnya kita mendapatkan RAM yang IC atau CHIP-nya berbeda dangan yang pertama.

Untuk prosesor Bristol Ridge maksimum kecepatan memori hanya pada 2400 MHz. Jika ingin membeli dengan frekqwensi yang lebih tinggi misalnya 2666 MHz juga tidak apa-apa karena akan disesuaikan ke frekwensi yang lebih rendah.
Harga untuk kit RAM dual channel adalah Rp. 1,2 jutaan.

Harga dimarketplace Rp 1.200.000,-

Casing + PSU

Salah satu hal penting yang bolehlah dipakai sementara. Casing yang sudah ada (sudah include) power supply-nya. Penggunaan casing yang sudah satu paket dengan power supply ini memang dimaksudkan untuk menekan biaya.

Memang kualitas power supply biasanya tidak terlalu bagus tetapi masih kuat untuk sekedar menjalankan komputer rakitan ini.

Meskipun memilih casing PC yang sudah include PSU (power supply unit), sebaiknya tetap memperhatikan kualitas casing PC mulai dari ukuran casing, bahan yang digunakan, bagaimana airflownya, apakah masih bisa menambahkan kipas tambahan dan jumlah daya PSU.

PSU yang di bundling dengan casing PC ini biasanya hanya PSU biasa dan tidak memiliki sertifikasi 80+.

Banyak merk dipasaran anda boleh memilih, beberapa merk yang sudah cukup banyak digunakan atau boleh sesua selera anda. Biasanya casing yang sudah dilengkapi dengan power supply ini dijual di marketplace dengan harga sekitar 300 ribuan.

Strorage

Untuk storage, yang paling murah memang harus menggunakan HDD. Meskipun murah tetap haru diperhatikan dalam memilih sebuah harddisk adalah keceptan transfernya yang bisa dilihat dari kecepatan putaran disk-nya, biasanya pada 7200 rpm. Sudah umum digunakan untuk rakit pc jaman Now.

Untuk kapasitas, saya sarankan minimal menggunakan HDD dengan kapasitas 1 TB. Kenbutuhan penyimpanaan data, OS, Game, dan lain-lain pastinya akan banyak memakan ruang hard disk. Untuk kapasitas 1 TB adalah kapasitas ideal menurut saya.

Harga HDD 7200rpm 1 TB di marketplace sekitar Rp 680.000

Kesimpulan

Saat rakit PC hal penting yang perludiperhatikan adlaah kebutuhan dan tujuan dari merakit sebuah pc tersebut.

Dari semua komponen pc di atas, maka harga komponen yang digunakan untuk rakit PC  jika dijumlahkan adalah sebagai berikut:
Prosesor AMD A8 9600 Rp. 800.000,-
Mobo AsRock A320 HDV 800.000,-
RAM 2400 MHz Rp. 1.200.000,-
HDD WD Blue 7200 rpm 1 TB Rp. 685.000,-
Casing PC + PSU 400 watt Rp. 300.000

Jumlah total dari Komponen Rakit PC di atas adalah Rp. 3.785.000,-
Wow cukup murah.

Selesai.

Catatan: Arikel ini sudah saya tulis sejak tahu 2018 lalu. Tetapi karena suatu hal saya tidak mempublikasikannya. Adapun harga yang saya tulis disini  adalah harga komponen PC awal tahun 2018. di tahun 2020 ini tentunya sudah banyak perubahan dan harga mungkin saja sudah lebih murah dan bahkan mungkin beberapa komponen seperti prosesor sudah sulit menemukan yang masih kondisi baru.

Kali ini saya memutuskan untuk mempublikasikannya karena mungkin bisa bermanfaat untuk referensi dan pengetahuan dan juga menjadi catatan buat saya bahwa saya pernah merakit sebuah PC pertama saya.

Belum ada Komentar untuk "Rakit PC AMD A8 9600, Bisa Untuk PC Gaming"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel