Laptop SSD 512GB, HP 14s CF1051TU, Spek-nya?

Laptop Paling Murah dengan 512GB SSD dan Backlit Keyboard- Review HP 14s-CF1051TU Celeron 4205U


Siapa yang ingin punya laptop baru dan murah? punya kemampuan yang cukup baik, dan juga ya cukup kencang? buat kebutuhan harian saja, buat ngantor (mengerjakan pekerjaan kantor yang biasanya hanya membuat dokumen, spreadsheet, dan power point), buat nonton film?

Mungkin jawaban tersebut bisa didapatkan pada Laptop keluaran HP ini. HP 14s CF1051TU, Laptop dengan prosesor intel Celeron 4205U yang juga sudah dipasangkan dengan SSD 512GB.

Pada saat varian laptop lain masih menggunakan HDD, HP memberikan pilihan yang sangat tepat dengan menghadirkan produk laptop murah yang sudah lengkap dengan SSD dan tidak tangung-tanggung, kapasitas SSD nya sangat besar yakni 512 GB.

Yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah
1. Desain
2. Hardware
3. Performa
4. Kesimpulan

Desain

Desain laptop ini cukup solid dan elegan. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih sebuah laptop disamping spesifikasi laptop tersebut adalah desain.

Sering kali barang yang dibeli karena desainnya modelnya, warnanya, kombinasi warna, tampilan, dan lain sebagainya. Ini pengalaman pribadi saya ya..., bisa jadi berbeda dimasing-masing orang.

Warna yang disediakan untuk produk laptop ini hanya ada dua yakni Warna Natural Silver.

Hardware

Spesifikasi hardware yang digunakan pada laptop HP 14s CF1051TU ini adalah
  • Prosesor: Intel® Celeron® 4205U (1.8 GHz base frequency, 2 MB cache, 2 cores)
  • RAM: 4 GB DDR4-2133 SDRAM (1 x 4 GB)
  • VGA: Intel® UHD Graphics 610
  • Storage: 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
  • Optical drive: not included
  • Display: 14" diagonal HD SVA BrightView micro-edge WLED-backlit (1366 x 768)
  • Pointing device: Touchpad with multi-touch gesture support
  • Wireless connectivity: Realtek RTL8723DE 802.11b/g/n (1x1) and Bluetooth® 4.2 combo
  • Network interface: Integrated 10/100/1000 GbE LAN
  • Expansion slots: 1 multi-format SD media card reader
  • External ports: 1 USB 3.1 Type-C™ Gen 1 (Data Transfer up to 5 Gb/s); 2 USB 3.1 Gen 1 (Data transfer only); 1 HDMI 1.4b. 1 RJ-45; 1 headphone/microphone combo
  • Minimum dimensions (W x D x H): 32.4 x 22.59 x 1.99 cm
  • Weight: Starting at 1.43 kg
  • Power supply type: 45 W Smart AC power adapter
  • Battery type: 3-cell, 41 Wh Li-ion
  • Webcam: HP TrueVision HD Camera with integrated digital microphone
  • Audio features: Dual speakers
Layar.
Pada layar yang digunakan di laptop ini sebenarnya biasa saja, standar tidak ada yang berbeda. Layar menggunakan panel TN bukan IPS ya tentu saja dengan harga murah tentunya tidak bisa berharap banya. Layar pada laptop ini glare memantulkan cahaya terutama saat diguanakan di luar ruangan.

Bagi yang suka pergi keluar ruangan dengan menggunakan laptop, maka laptop dengan layar yang glare ini tidak saya anjurkan. Karena saya juga menggunakan laptop dengan layar glare. Saat saya gunakan layar glare diluar terasa kurang nyaman. Saat itu saya menggunakannya di cafe outdoor. Mungkin di laptop ini juga akan memiliki rasa yang sama dengan laptop layar glare yang pernah saya gunakan.

Resolusi layar pada laptop ini masih HD yakni 1366x768  mungkin sudah cukup jika hanya digunakan untuk nonton film atau menonton youtube dan tentunya untuk pekerjaan office.

Sebenarya untuk saat ini ditahun 2020 setidaknya resolusi layar yang diberikan sudah full hd, tetapi kembali lagi dengan harga yang murah tentu tidak bisa berharap banyak.

Warna yang dihasilkan layar ini juga biasa saja. tapi masih oke untuk menonton video, view gambar, dan lain sebagainya. tapi ya cukuplah. toh kalaupun membeli laptop ini tentunya bukan untuk editing video atau gambar yang profeional.

Performa

Meskipun menggunakan prosesor intel celeron, tetapi celeron yang dipakai adalah prosesor intel dengan arsitektur Intel Core Generasi ke-8 dengan codename Whiskey Lake. So, dengan menggunakan teknologi core ini tentu saja performa prosesornya berbeda dengan celeron yang sebelumnya.

Dengan skor cinebench yang hanya 140-an, laptop ini sudah lumayan oke untuk diajak mengerjakan pekerjaan kantor misalnya membuat dokumen, power point, excel sambil browsing dan nonton youtube atau mendengarkan spotify, mungkin masih bisa dilakukan dengan nyaman.

Keunggulan

Keyboard Backlight
Cukup slim dan ringan
Baterai tahan lama sekitar 8 jam.
SSD 512 GB

Kekurangan

Layar masih menggunakan resolusi HD
Layar glosy, memantul jika digunakan outdoor

Kesimpulan

Jika laptop murah, spesifikasi bagus, tetapi desainnya saya kurang suka, biasanya saya tidak beli laptop tersebut. Kembali lagi ke preferensi individu

Referensi

https://support.hp.com/id-en/document/c06469270

Belum ada Komentar untuk "Laptop SSD 512GB, HP 14s CF1051TU, Spek-nya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel