Punya laptop baru, betapa senangnya. Sering kali kita menganggap dengan memiliki laptop baru maka laptop baru tersebut sudah bisa digunakan tanpa melakukan apapun. Atau dengan kata lain sudah beres siap pakai.

Yang perlu dilakukan saat memiliki laptop baru

Tunggu dulu, beberapa hal ini mungkin perlu dilakukan saat memiliki laptop baru.  

1. Update Windows

Update Windows ini penting dilakukan karena biasanya terdapat pembaruan dan perbaikan software yang diberikan oleh penyedia Sistem Operasi dalam hal ini Microsoft.

Biasanya update ini akan memberikan peningkatan performa dan kenyamanan karena setelah diupdate maka sistem operasi akan lebih dapat menjalankan laptop dengan lebih baik sehingga laptop akan berkerja dengan lebih optimal.

Untuk melakukan update ini perlu mengaktifkan fitur auto update terlebih dahulu atau bisa juga melakukan update secara manual. Biasanya masuk dulu ke menu setting dan cari menu untuk melakukan update.

Oh iya update pada windows ini biasanya membutuhkan koneksi internet yang kencang karena file updatenya sangat besar. Jika koneksi internet tidak kencang maka proses update akan sangat lama. 

2. Bersihkan Bloadware

Aplikasi ini biasanya ditambahkan oleh pihak penyedia laptop. Biasanya berupa antivirus versi trial atau software lainnya versi trial. Antivirus memang penting dan patut dipertimbangkan jika ingin meng-uninstall-nya.

Tetapi kembali lagi ke preferensi masing-masing. Jika memang sudah cocok dengan antivirus yang telah terinstal tersebut tidak mengapa tetap dipakai atau bahkan anda akan melakukan upgrade alias membeli lisensi antivirus tersebut. Itu tidak menjadi masalah.

Jika anda tidak suka dengan antivirus yang telah terinstall tersebut, buang saja dan ganti yang baru dengan yang anda sukai baik itu versi gratis ataupun yang versi berbayar.

Selain antivirus, terkadang ada juga beberapa aplikasi atau software lainnya, misalnya game. Game yang ada biasanya game standar dan game pada umumnya. Untuk saat ini game yang seperti ini tidak terlalu saya sukai dan juga tidak saya mainkan. Saya lebih memilih menguninstallnya.

Terkadang juga ada aplikasi lainnya yang diinstall oleh pihak penjual. Ya mungkin biar laptop yang dijualnya sudah lengkap dengan aplikasi atau software sehingga pembeli bisa langsung memakainya. 

Disisi lain ini ada untungnya tetapi disisi lain tidak semua software yang di-install tersebut akan digunakan atau dibutuhkan oleh pengguna atau pembeli. 

Saya lebih suka menginstal sendiri software yang saya butuhkan. Dan jika memang laptop yang saya beli telah dilengkapi dengan berbagai macam software, dan saya tidak membutuhkan softawre tersebut, maka saya akan meng-uninstall-nya.

3.Instal Aplikasi Tambahan

a. Browser
Saat memiliki laptop baru biasanya hanya terdapat browser bawaan windows. Saya kurang familiar dengan browser ini. Kembali lagi ke preferensi. Jika merasa cocok tidak apa untuk menggunakan browser bawaan tersebut.

Menurut saya sebaiknya tetap memasang browser baru. Browser yang sering saya gunakan adalah firefox. Tidak mengapa menggunakan browser bawaan tetapi saya lebih nyaman menggunakan mozilla firefox atau mungkin google chrome. 

Biasanya dengan mennggunakan browser dari pihak ketiga ini maka kita akan mendapatkan beberapa fasilitas addon atau fitur tambahan dan juga saya merasa dengan browser ini saya merasa browsing lebih cepat dan tidak memakan resource yang besar. 

Selain itu browser dari pihak ketiga ini biasanya juga lebih nyaman untuk digunakan saja. 

b. Office: MS Office, WPS, LibreOffice
Salah satu aplikasi wajib yang perlu ditambahkan adalah aplikasi office. Bagi sebagian orang mungkin aplikasi ini tidak terlalu penting, tetapi bagi saya ini adalah hal yang utama. Ya, saya memang bekerja dengan menggunakan aplikasi office ini. 

Ada beberapa aplikasi office yang bisa anda coba. Mulai dari Ms Office, WPS Office, LibreOffice dan masih banyak lainnya. Ketiga aplikasi tersebut adalah aplikasi yang menurut saya terbaik.

Ms Office dan WPS Office adalah yang paling sering saya gunakan dan menurut saya masih yang terbaik.

c. Archiever: Winrar, 7Zip
Aplikasi yang tidak boleh lupa tetapi sering dilupakan adalah aplikasi archiever atau compresser. Secara umum biasanya windows sudah bisa membaca arsip dengan ekstensi Zip. Tetapi terkadang kita mnerima file dengan ekstensi lainnya, RAR misalnya.

Untuk itu menggunakan aplikasi archiever atau compresser tambahan sangat perlu. Beberapa aplikasi ini antara lain. WinRar, Winzip, 7Zip, dll.

4. Update driver VGA intel, AMD, NVidia

Secara default biasanya sudah ada driver yang dibawa oleh sistem operasi windows. Terkadang driver yang terinstal adalah versi generic atau bawaan windows. Tentunya driver ini tidak terlalu optimal. 

Memasang atau menginstall driver secara manual mungkin akan lebih baik terutama bagi driver VGA. 

Seringkali display atau tampilan layar monitor tidak bisa maksimal resolusinya rendah padahal monitor sudah support full HD, maka untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan update driver VGA.

Cara untuk mengupdate driver vga ini sangat mudah cukup berkunjung ke website penyedia. Misalnya menggunakan VGA Amd, anda cukup berkunjung ke websitenya AMD, yakni AMD.com dan anda akan mendapatkan banyak driver VGA AMD disana. Pilihlah yang sesuai dengan yang Anda miliki.

5. Instal AntiVirus

Antivirus juga merupakan software penting yang perlu di-install. Antrivirus ini merupakan benteng pertahanan bagi komputer sehingga terhindar dari program yang dapat mengacaukan dan menggangu sistem pada komputer. 

Jika menggunakan sistem operasi windows maka satu aplikasi atau software yang Windows Defender. Windows Defender ini merupakan aplikasi bawaan dari Windows 10. Secara umum menggunakan Windows Defender ini juga sudah cukup sehingga tidak perlu menambahkan Antivirus lainnya.

Jika masih ingin menggunakan Antivirus lainnya misalnya AVG, Kaspersky, bitdefender, Smadav, dll juga tidak menjadi masalah.Beberapa perusahaan Antivirus juga menyediakan antivirus versi gratis yang masih layak untuk dicoba.

Jika membutuhkan fasilitas keamanan yang lebih, maka mencoba menggunakann aplikasi antivirus yang berbayar juga lebih baik karena fasilitas yang diberikan tidak hanya sebagai antivirus tetapi juga peket keamanan lainnya.

6. Upgrade Komponen Hardware

Upgrade komponen ini adalah opsi terakhir saja. Tidak semua orang yan  membeli lapotop langsung melakukan upgrade sesegera mungkin. Kecuali memang benar-benar butuh untuk melakukan upgrade tersebut dikarenakan kebutuhan sistem yang harus jalan dengan upgrade tersebut.

Memang dengan dilakukannya upgrade secara umum akan dapat menambah kenyamanan atau dengan kata lain akan membuat terasa lebih lega saat bekerja dengan beberapa tab pada browser baik itu firefox atau chrome dan juga akan lebih nyaman saat membuka beberapa file office secara bersamaan.

a. Upgrade RAM
Upgrade yang perlu dilakukan adalah RAM. Beberapa laptop hanya memberikan RAM sebesar 4 GB. RAM ini akan sangat pas-pasan jika menggunakan Windows 10 64 Bit. 

Dengan RAM yang lebih besar maka sistem operasi akan berjalan dengan baik, lebih leluasa. Saat anda membuka aplikasi atau lebih tepatnya banyak aplikasi pun tidak akan menjadi masalah karena anda sudah memiliki RAM yang lebih besar. 

Sistem operasi akan menjalankan aplikasi atau program yang akan diletakkan di RAM sehingga jika RAM ini kurang maka akan memperlambat dan menghambat kinerja Sistem Operasi sehingga akan terasa lambat.

Demikian juga dengan software atau aplikasi yang biasanya kita gunakan, katakanlah aplikasi office dan browser. Semakin banyak file office yang dibuka juga akan memakan banyak RAM. Pada browser juga demikian. Misalnya membuka beberapa tab pada chrome atau firefox maka konsumsi RAM juga akan meningkat.

b. Upgrade Storage
Upgrade komponen yang perlu dilakukan selain RAM adalah Storage. Jika storage yang digunakann adalah HDD maka sebaiknya dilakukan upgrade ke SSD. Salah satu keunggulan SSD adalah kecepatan baca tulisnya. Kecepatan baca tulis SSD kira-kira sepuluh kali lebih cepat dari HDD.

Dengan kecepatan baca tulis yang lebih cepat, menggunakan SSD akan lebih dapat menghemat waktu boot, aplikasi atau software yang di load juga akan lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan HDD.

Disamping itu penggunaan SSD juga lebih tahan guncangan sehingga anda tidak perlu khawatir saat memindahkan laptop, atau bahkan membawanya sambil berlari.

Kesimpulan

Sebenarnya tergantung kebutuhan saja. Biasanya laptopbaru sudah lengkap dengan sistem operasi dan terkadang sudah ter-install aplikasi office dan beberapa aplikasi lainnya.

Jika memang sudah cukup dengan aplikasi tersebut, pekerjaan sudah lancar dan nyaman dengan menggunakan laptop tersebut, maka tidak melakukan upgrade tidak menjadi masalah.

Jika ada yang kurang, misalnya software teertentu maka Anda harus menambahkannya karena tentunya itu akan menunjang pekerjaan Anda.

Untuk upgrade hardware, jika memang anda menggunakan aplikasi yang membutuhkan penambahan hardware misalnya RAM, maka hal ini harus dilakukan.

Pada intinya Anda harus mengenali kebutuhan Anda, kebutuhan pekerjaan Anda terlebih dahulu baru kemudian memutuskan untuk melakukan upgrade atau tidak.
Share To:
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Admin

Admin blog ini hanyalah pengguna teknologi yang biasa saja. Tulisan di blog ini adalah merupakan catatan pribadi juga untuk berbagi informasi.

0 comments so far,add yours