PC dan Produktifitas, sebuah hal yang perlu dibahas. Saya hanya ingin menyampaikan pemikiran saya sebagai pengguna PC yang dengan anggaran terbatas alias "kere". 

Kondisi Saya

Disini saya dihadapkan pada sebuah pilihan yakni merakit PC atau membeli sebuah laptop. 

PC atau Laptop ini akan saya gunakan untuk bekerja, belajar editing video, main game, dan lain-lain.

Kondisi saat ini saya masih punya laptop tetapi hanya untuk office saja. 

Disamping itu kondisi keuangan juga terbatas. Dan mungkin cukup jika untuk rakit PC murah saja yang kemudian hari dilakukan upgrade.

Sekilas tentang PC versi Saya

Harga PC dan Laptop saat ini sudah tidak terlalu jauh bedanya apakah menggunakan PC saat ini masih worthit? Apakah PC masih layak untuk digunakan?
Saya sempat berfikir dan mempertanyakan hal yang demikian. Tetapi memang perlu dipikirkan masak-masak saat memutuskan untuk memilih membeli PC atau Laptop. 

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan khususnya untuk kebutuhan personal masing-masing yang tentunya berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.
PC merupakan sebuah perangkat komputer personal yang biasanya berukuran cukup besar dan berat, dan diletakkan di bawah meja. Ya itulah perangkat komputer personal atau PC yang saya kenal sejak lama dan sampai saat ini juga masih begitu.
Ada yang menarik untuk perangkat PC saat ini, mungkin sudah sejak lama tetapi saya baru mengetahui beberapa tahun lalu saat saya mulai merakit PC saya sendiri. PC saat ini tidak hanya perangkat komputer yang berukuran besar dan berat, tetapi ternyata ada juga yang berukuran mini dan kecil.
PC ternyata memiliki beberapa macam ukuran sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Ukuran PC ini tergantung dari penggunaan motherboardnya.
Ada beberapa jenis motherboard yang umum dan sering kali dijumpai dipasaran yakni, ATX, Micro ATX dan mini ITX.
Pada PC yang menggunakan motherboard dengan ukuran ATX adalah yang paling besar dan memiliki beberapa keunggulan dalam hal ekspansi. Tetapi biasanya pada PC ukuran ini akan menjadi berat dan besar sehingga agak kurang nyaman untuk dipindah-pindahkan.
Jika ingin pc yang bisa dipindahkan dan dengan mudah dipindahkan maka menggunakan motherboard yang mini ITX akan menjadi pilihan yang baik. Tentunya jika menggunakan motherboard mini ITX maka harus menggunakan casing pc yang mini ITX juga.
Keunggulannya menggunakan PC dengan ukuran Mini ITX ini adalah ukuran pc yang lebih kecil dan lebih ringan jika dibandingkan dengan PC yang menggunakan motherboard ATX.
Kelemahannya PC dengan menggunakan motherboard mini ITX ini harga hardware-nya lebih mahal jika dibantingkan dengan perangkat PC yang ATX dalam hal ini motherboard dan power supply.

Penggunaan PC untuk Produktifitas saat ini masih bisa diandalkan. Jika memang tidak perlu mobile, menggunakan PC akan menjadi pilihan yang lebih baik. 

Membangun PC atau merakit PC dengan budget tertentu akan mendapatkan performance yang cukup baik jika dibandingkan dengan laptop seharga tertentu tersebut.
Tetapi kembali lagi jika memang sering sekali mobile dan harus mengerjakan pekerjaan di luar maka menggunakan laptop akan lebih baik.

Kenapa Menggunakan PC?

Kenapa saya juga masih menggunakan PC? Ada beberapa petimbangan.

Harga lebih murah, spesifikasi lebih tinggi.

Harga PC lebih murah jika dibandingkan dengan Laptop. Dengan harga yang sama, saya sudah bisa merakit PC dengan spesifikasi hardware diatas laptop dengan kelas harga tersebut.

Upgradeable alias Bisa di-Upgrade

Salah satu keunggulan PC adalah bisa diupgrade. BIasanya saya merakit pc dengan minimal budget dulu sesuai dengan kondisi keuangan saat itu. Yang penting PC bisa digunakan untuk melakujkan pekerjaan harian meskipun agak kurang nyaman. Saat sudah memiliki dana tambahan maka saat itulah Upgrade dilakukan. Melakukan upgrade pada sebuah PC bisa dimulai dari RAM 4 GB ke 8 GB atau ke 16 GB, STORAGE dari HDD ke SSD atau menambahkan HDD dengan kapasitas lebih besar 2TB atau 3 TB. Disamping itu bisa juga dilakukan upgrade PROSESOR ke kelas yang lebih tinggi tentu saja selama motherboardnya support.

Lebih powerfull dikelas harganya

Sebenarnya sudah saya tulis di atas dengan harga lebih murah tetapi mendapatkan spesifikiasi yang lebih tinggi. Mungkin ini yang menjadi alasan saya tetap merakit sebuah PC dari pada membeli laptop.

Saat anggaran untuk belanja terbatas,dan saya tetap ingin bekerja dengan komputer dan juga sedikit bermain game, maka memilih untuk merakit sebuah PC saya anggap tepat. Dengan uang yang sedikit atau terbatas tetapi bisa digunakan untuk merakit PC dan digunakan untuk bekerja.

Kesimpulannya..

PC untuk produktifitas tetap bisa dan worthed. Kembali lagi ke kebutuhan dan kondisi kalian masing-masing.

Saya sih masih ingin punya PC yang lebih tinggi lagi spesifikasinya dan juga ingin punya laptop yang juga tidak kalah kemapuannya dengan PC yang saya punya.

Bagaimana dengan kalian?
Share To:

Administrator

Admin blog ini hanyalah pengguna teknologi yang biasa saja. Tulisan di blog ini adalah merupakan catatan pribadi juga untuk berbagi informasi.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours