Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Awet, Pengalaman dari Seorang Teman


Beberapa waktu lalu, ada seorang teman yang sharing tentang pengalamannya dalam menggunakan laptop. Ya mungkin pengalaman ini akan berguna buat saya dan juga buat pembaca sekalian.

Gunakan Charger
Menurut pandangan teman saya ini, laptop itu seperti PC. So, setiap menghidupkan laptop sebaiknya langsung colok ke charger telebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar status power pada laptop menjadi “PLUGIN NOT CHARGING”. Status tersebut berarti laptop sedang menggunakan daya listrik dari charger bukan dari daya berterai.

Kapan baterai tersebut akan digunakan? Saat listrik dari charger terputus karena charger dicabut atau listrik PLNmati. Bisa dibilang bateri ini berfungsi sebagai daya darurat (UPS). Maksud dari penggunaan charger ini adalah untuk seminimal mungkin penggunaan daya dari baterai laptop.

Saat menggunakan laptop dengan baterainya (tanpa charger), sebaiknya jangan memakai baterai laptop sampai baterai laptop tersebut benar-benar habis atau 0%. Hal tersebut daikhawatirkan akan menyebabkan baterai laptop cepat rusak.

Meskipun demikian, ada beberapa teori yang menyatakan hal tersebut tidak apa-apa karena baterai laptop saat ini sudah memiliki pengaman yang mana jika sudah 0% maka kondisi tersebut belum sepenuhnya 0%.

Jika masuk dalam kondisi 0% ini langsung segera charge saja. Baterai akan rusak jika kondisi 0% dan didiamkan tidak dicharge dalam waktu mungkin 1 minggu.

Performance Mode atau Power Saver
Gunakan setingan performance mode jika menggunakan charger. Hal ini akan membuat lebih nyaman karena lebih mengeluarkan kekuatan atau performance laptop tersebut yang sesunguhnya. Performance mode akan memberikan perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan mode yang lain. Terutama saat laptop digunakan untuk bermain game atau rendering video.

Ganti setingan power ke mode “POWER SAVER” jika sedang menggunakan baterai. Dalam mode hemat daya ini diharapkan laptop akan lebih bisa digunakan bekerja lebih lama. Tentunya dengan mode “POWER SAVER” ini akan menurunkan performance laptop tersebut.

Demikian cara menghemat baterai laptop dari seorang teman. Semoga tips dan trik ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk " Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Awet, Pengalaman dari Seorang Teman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel