Racik PC untuk Rakit PC Gaming Murah 5 juta-an dengan AMD Ryzen3 2200G Raven Ridge


Dalam merakit sebuah PC Gaming ataupun PC Video Editing dan juga merakit PC untuk kebutuhan lainnya, setelah menentukan prosesor apa yang akan dipakai, kemudian juga harus dihitung kebutuhan daya dari semua komponen hardware yang akan dipakai dan juga memilih power supply unit komputer yang akan digunakan. 

Ditengah harga komponen yang masih mahal khususnya untuk VGA Card dan RAM, maka menentukan komponen hardware komputer haruslah bijak sehingga tetap bisa mendapatkan rakitan pc yang tetap baik dan juga hemat atau dengan kata lain bisa mendapatkan value to performance yang optimal.

Untuk itu, berikut ini adalah racikan pc yang mungkin bisa membantu sobat semua dalam merakit pc untuk kebutuhan pc gaming ataupun untuk video editing. 

1. Prosesor
Untuk prosesor, kali ini kami merekomendasikan sebuah prosesor terbaru dari AMD yakni AMD Ryzen 3 2200G. Prosesor ini selain sudah memiliki performance yang baik (sebaik kakaknya, Ryzen 3 1200), AMD Ryzen3 2200G ini jugatelah dilengkapi Integrated GPU yaitu pada prosesor ini sudah dilengkapi VGA Card yang teranam di dalam prosesor ini.  Harga prosesor AMD Ryzen 3 2200G ini berkisar di  1.5 jt.


2. Motherboard
Motherboard yang kami rekomendasikan untuk racikan kali ini adalah ASRock A320M-HDV. Motherboard ini merupakan motherboard murah bahkan termurah dikelasnya dengan menggunakan chipset A320 yang tentu saja tidak bisa melakukan overclock prosesor jika menggunakan motherboard ini. Dipasaran, harga motherboard ini sekitar Rp. 850 ribu.


3. RAM
Memory ini merupakan salah satu bagian penting saat menggunakan integrated GPU atau menggunakan prosesor yang didalamnya sudah ada VGA Cardnya. Kecepatan frekwensi ram inilah yang akan mempengaruhi berapa FPS yang akan dicapai. Kali ini kami memilih ram 2x4 2666 mhz Team Elite+ dengan harga Rp. 1,4 juta.


4. Storage (Hard Drive)
Untuk menghemat, kali ini kami tidak merekomendasikan penggunaan SSD, tetapi hanya menggunakan hard drive saja. Rekomendasi kami adalah 1 x WD Caviar Blue 7200 rpm 1 TB dengan harga Rp. 800 ribu.

5. Power Supply Unit
Dalam memilih power supply perlu diperhatikan hitungan kebutuhan daya komputer terlebih dahulu. Untuk komponen yang saya rekomendasikan di atas, kebutuhan  dayanya sekitar 300 Watt saja. Power Supply yang kami rekomendasikan adalah Cooler Master MWE 450W dengan harga Rp. 525 ribu.
 

6. PC Case
Pemilihan Case PC ini sebenarnya tegantung selera baik itu model atau bentuknya dan ukurannya (juga harganya). Yang akan kami rekomendasikan kali ini adalah VenomRX Bravos dengan harga yang murah yakni hanya Rp. 300 ribu. Jika memilih Case PC pastikan sesuai dengan Power Supply yang akan dipakai.


Total harga komponen komputer di atas adalah Rp. 5.375.000,- . Demikian racik PC 5 juta-an kali ini. Semoga bermanfaat.
BERIKAN KOMENTAR ()