Rakit PC untuk Gaming dan Productivity, Apakah Perlu?


Komputer PC banyak yang masih menggunakannya entah itu di rumah dan juga di kantor. Berbagai macam kebutuhan kegiatan dan aktifitas yang saat ini beralih dari manual menjadi menggunakan komputer, membuat sebagian orang wajib memiliki komputer di rumah baik itu berupa komputer PC ataupun sebuah laptop (notebook).

Untuk memenuhi kebutuhan dalam berkomputer, sebenarnya yang paling enak menurut saya adalah dengan menggunakan laptop (notebook). Disamping portabel mudah dibawa kemana-mana, juga hemat daya listrik. Menggunakan laptop (notebook) tentu saja tetap  memiliki keterbatasan. Dengan menggunakan prosesor yang bertipe sama, biasanya pada laptop (notebook) menggunakan tipe yang versi mobile yang memiliki pembatasan tertentu agar supaya tidak terlalu boros baterai. Juga beberapa komponen lainnya misalnya graphic card. Jika menggunakan laptop, terkadang graphic card yang disediakan memang hanya sekedar untuk bisa men-display dan melakukan pekerjaan pengolahan grafis ringan saja dan tentunya tidak bisa dilakukan upgrade kemudian hari. Berbeda pada sebuah PC yang dirakit. Penambahan atau penggantian graphic card tidak akan menjadi masalah.

Memang ada beberapa laptop (notebook) yang menyediakan prosesor dan graphic card yang sangat mumpuni untuk melakukan editing video dan memainkan game pc yang berat. Tetapi kombinasi ini sudah fixed (baku) dan tidak bisa dilakukan penggantian dengan prosesor yang lebih baru atau mengganti dengan graphic card terkini.

Saya pribadi adalah penggemar dan pengguna laptop (notebook). Selama beberapa tahun ini saya selalu membawa laptop (notebook) dalam tas saya. laptop (notebook) yang saya gunakan memang hanya dan seringkali menggunakan aplikasi office saja dan sedikit edit gambar ringan menggunakan aplikasi sejenis photoshop. Tetapi seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa laptop (notebook) yang saya gunakan memiliki keterbatasan. Keterbatasan yang saya maksud disini adalah saya tidak bisa melakukan video editing, dan bermain game pc yang menurut saya keren.

Keterbatasan pada sebuah laptop tersebut membuat saya berfikir untuk merakit sebuah pc yang akan saya gunakan untuk gaming meskipun saya bukan gamer, dan untuk belajar video editing. Aplikasi atau software terbaru dengan fitur terbaru pun akan dapat saya coba jika saya menggunakan PC Rakitan dengan teknologi terbaru.

Future upgrade komponen (hardware) PC akan sangat mudah dilakukan jika suatu saat nanti saya membutuhkan kemampuan komputer yang lebih tinggi. komponen (hardware) PC yang bisa di-upgrade biasanya prosesor, ram, vga card (graphic card), Hard Drive. Pemilihan hardware dalam merakit sebuah PC menjadi sangat penting. Dalam memilih komponen sebaiknya mempertimbangkan aspek future upgrade jika suatu saat nanti mebutuhkan untuk meng-upgrade. Dan biasanya suatu saat nanti upgrade ini pasti dilakukan karena lebih hemat mengganti beberapa komponen saja daripada harus mengganti keseluiruhan hardware komputer. Biasanya sebuah pabrikan prosesor akan memberikan jaminan bahwa mereka tidak akan merubah soket yang digunakan pada sebuah prosesor produksi mereka sehingga pengguna bisa memilih prosesor yang mampu dibeli saat ini dan meng-upgradenya suatu saat nanti dengan yang lebih baik dan lebih mahal tentunya.

Budget (Dana) menjadi sangat penting dalam merakit sebuah PC. Ketersediaan dana ini berkaitan dan berhubungan erat dengan penggunaan komponen (hardware) PC yang dipilih. Apakah dalam merakit PC akan memilih menggunakan teknologi terbaru atau teknologi sebelumnya. Juga dalam hal spesifikasi. Apakah prosesor yang digunakan memiliki kecepatan yang lebih tinggi atau cukup hanya dengan kecepatan rendah, dll. Jika memiliki budget terbatas tidak akan menjadi masalah. Cukup membeli spesfikasi minimal terlebih dahulu dan lakukan upgrade kemudian hari jika jumlah tabungan sudah mencukupi.

Satu hal lagi yang penting, dalam membangun atau merakit sebuah PC Rakitan, pengetahuan tentang hardware sangatlah penting. Tidak bisa merakit sebuah PC tanpa mengetahui spesifikasi dari PC yang akan di rakit dikarenakan ada perbedaan teknologi dan kesesuaian tertentu untuk produk teknologi yang beredar dipasaran. Membaca referensi akan sangat dianjurkan sebelum membangun atau merakit sebuah PC. Selain itu, bisa juga dengan berkonsultasi dengan ahli dalam hal membangun PC Rakitan.

Memilih menggunakan laptop (notebook) atau lebih memilih menggunakan komputer PC Rakitan sendiri? Tentu saja hal tersebut sangat tergantung dari pilihan dan kebutuhan masing-masing pengguna. Setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing yang tentu saja tidak akan bisa disamakan dengan pengguna komputer lainnya.

BERIKAN KOMENTAR ()