Menghitung Daya Komputer Dengan PSU Calculator


Salah satu tips cara memilih power supply unit (PSU) untuk komputer PC adalah menentukan terlebih dahulu berapa kebutuhan daya yang dibutuhkan oleh komponen hardware komputer yang akan dirakit. Dengan menentukan kebutuhan daya ini akan memudahkan memilih power supply apa yang harus digunakan dalam pc rakitan. 

Untuk menghitung daya komputer, yang paling mudah adalah dengan menggunakan power supply calculator (PSU Calculator). Kalkulator ini merupakan kalkulator online yang sangat mudah digunakan dan bisa diakses melalui browser di komputer. Ada banyak website yang menyediakan layanan untuk menghitung kebutuhan daya komputer secara online. Namun kali ini saya akan menggunakan PSU Calculator dari Cooler Master. 

Langsung saja, untuk menghitung kebutuhan daya secara online silahkan mengikuti langkah berikut.
1. Buka Web Browser dan ketikkan alamat web 
http://www.coolermaster.com/power-supply-calculator/. 
2. Tampilannya akan seperti ini


3. Sebagai contoh, Spesifikasi yang akan digunakan adalah: 
AMD Ryzen 3 1200
Motherboard Desktop
1 x VGA Card RX560
2 × 4GB RAM DDR4
1 x SSD
1 x HDD 7200 RPM
1 x Fan Case 8 cm
4 x Fan Case 12 cm  

5. Masukkan data-data di atas ke PSU calculator 

6. Klik Calculate
7. Dan hasilnya akan seperti ini 

Dari penghitungan ini akan didapatkan besar daya komputer sesuai dengan spesifikasi yang dimasukkan ke dalam PSU Calculator. Dari hasil penghitungan dengan PSU Calculator ini juga ada rekomendasi PSU dari Cooler Master. 

Demikian cara menghitung daya komputer dengan menggunakan PSU Calculator semoga bisa membantu dalam menentukan daya komputer yang akan dirakit sehingga bisa memilih power supply untuk komputer PC dengan tepat.
BERIKAN KOMENTAR ()