Bagaimana Mengatur Aliran Udara (Air Flow) dalam Casing PC Komputer


Bagaimana Mengatur Aliran Udara (Air Flow) dalam Casing PC Komputer. Hal yang terkadang dianggap remeh dan tidak pernah dipikirkan oleh saya dalam merakit sebuah komputer pc. Saat memilih sebuah casing pc, mungkin yang pertama kali dilihat adalah dalam hal tampilan casing pc. Apakah tampilannya terlihat keren, terlihat bagus, gagah, ramping, dsb. Memilih casing pc berdasarkan tampilan luarnya adalah hal yang sangat wajar dan memang harus diperhatikan tampilan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dalam rakit pc.

Ada hal penting yang tidak boleh diabaikan saat memilih casing komputer pc. Hal tersebut adalah bagaimana rancangan aliran udara di dalam casing nantinya. Apakah casing pc tersebut mendukung atau menyediakan tempat untuk kipas pendingin dan berapa banyak jumlah kipas pendingin yang bisa dipasang pada casing pc tersebut.

Casing PC komputer merupakan bagian terluar dari suatu komponen PC komputer pada saat melakukan rakit pc. Casing PC ini memiliki fungsi estetika dan juga fungsi lainnya yakni sebagai tempat meletakkan komponen komputer lainnya misalnya motherboard, power supply unit (PSU), Hard Disk Drive, dll.

Casing komputer PC tidak hanya sebagai tempat atau wadah untuk meletakkan beberapa komponen komputer saja, tetapi juga memiliki fungsi khusus yakni sebagai ruang pendingin bagi komponen yang ada di dalamnya. Bagaimana sebuah casing komputer pc bisa menjadi ruang pendingin bagi komponen yang ada di dalamnya? Kuncinya ada pada aliran udara (air flow) yang ada didalam casing komputer pc tersebut.


Aliran udara dalam casing komputer merupakan salah satu hal yang berpengaruh terhadap proses pendinginan komponen komputer anda. Aliran udara masuk dari depan casing komputer yang dibantu dengan kipas yang menghisap udara masuk akan memberikan suplai udara segar yang dingin.


Hembusan udara dingin ini akan mengalir melewati area komponen komputer yang memproduksi panas saat bekerja. Panas yang dihasilkan komponen komputer tersebut akan terbawa menuju bagian dimana pada bagian tersebut ada kipas yang mengisap udara dari dalam casing pc ke luar. Dengan bagini, maka panas yang diproduksi oleh komponen komputer di dalam casing akan berkurang.


Jumlah kipas pendingin yang terdapat pada casing pc ini menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Jumlah kipas yang menghisap udara keluar casing pc tentunya harus lebih banyak dan memiliki daya hisap atau hembusan yang lebih jika dibandingkan dengan kipas yang memberikan suplai udara masuk ke dalam casing. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan tekanan negatif didalam casing pc sehingga dapat menjadikan suhu di dalam casing menjadi lebih rendah. Semakin rendah tekanannya maka suhu akan semakin dapat diturunkan. Tekanan negati pada casing pc ini akan sangat berguna jika komputer pc yang digunakan tidak berada pada ruangan ber-AC atau pada ruangan biasa.
Contoh Air Flow Tekanan Negatif

Jika anda menggunakan ruang ber-AC yang dingin atau bahkan sangat dingin dan memang selalu menggunakan ruangan tersebut saat menyalakan atau menggunakan komputer pc, maka anda bisa menggunakan tekanan positif pada aliran udara (air flow) di casing pc anda. Tekanan positif ini adalah kebalikan dari tekanan negatif yakni dengan memperbanyak aliran udara yang masuk kedalam casing pc dan sedikit aliran udara yang keluar. Penggunaan kipas pendingin yang memasukkan udara kedalam casing pc tentunya harus lebih banyak dan memiliki hembusan yang lebih besar jika dibandingkan dengan kipas yang mengeluarkan udara dari dalam casing.
Contoh Air Flow Tekanan Positif

Dengan menggunakan tekanan positif ini maka udara ruangan yang sudah dingin akan dipompa masuk sehingga udara dingin tersebut menurunkan suhu didalam casing pc dan karena tekanan didalam lebih besar maka udara yang ada didalam casing pc akan keluar melalui celah-celah yang ada pada casing pc dan juga akan dikeluarkan melalui kipas yang menghisap keluar.

Selain menggunakan tekanan negatif dan positif dalam mengatur aliran udara dalam casing pc, ada satu lagi cara mengatur aliran udara dalam casing pc. Cara ini adalah dengan memberikan intake dan output yang sama. Udara yang dipompa masuk dengan kipas sama dengan udara yang dipompa keluar. Cara ini biasanya disebut dengan aliran seimbang. Untuk membuat jumlah aliran udara yang masuk dan jumlah udara yang keluar bisa sama, maka penggunaan fan atau kipas dengan jumlah dan ukuran serta jenis yang sama perlu menjadi perhatian.
Contoh Air Flow Seimbang

Pengaturan sirkulasi udara di dalam casing pc secara umum yang pernah saya temui adalah yang menggunakan tekanan negatif baik itu ada diruangan biasa ataupun diruangan ber-AC. Kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing dan juga tergantung pada jenis komponen (jenis casing pc) yang digunakan, suhu ruangan dimana komputer akan digunakan. Silahkan disesuaikan saja saat mengatur mengatur aliran udara (air flow) dalam casing pc komputer.

Demikian sharing singkat tentang bagaimana mengatur aliran udara (air flow) dalam casing pc komputer, semoga bermanfaat.
BERIKAN KOMENTAR ()