Sandisk Format Tool untuk Flashdisk Tidak Bisa Format

Kemarin saya membutuhkan storage tambahan untuk menampung beberapa file yang sudah meluber di harddisk dan juga harddisk eksternal.

Salah satu cara untuk menampung file yang semakin banyak itu, saya menggunakan flash disk. Memang sebuah cara yang sebernarnya sudah "konvensional" tetapi masih efektif dilakukan.

Meskipun sudah dipindahkan ke flash disk juga masih kurang, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan flash disk lain yang saya gunakan boot untuk sistem operasi. Teraksa saya harus mengorbankan usb flash disk bootable yang berisikan sistem operasi linux dan juga windows.

Biasanya memang saya menggunakan usb flash disk untuk boot sistem operasi linux, ya sebagai live linux yang booting dari usb.

Masalah muncul ketika saya ingin memformat usb flash disk yang sudah menjadi live usb tersebut. Saya tidak bisa format usb flash disk melalui windows 10 yang saya gunakan.

Sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan yakni format usb flash disk melalui linux, tetapi karena sesuatu hal saya tidak bisa melakukannya karena waktu itu saya menggunakan sistem operasi windows 10.

Akhirnya saya mencari software untuk memformat usb flash disk saya yang bermerk sandisk  dengan kapasitas 8 GB tersebut.

Dari hasil pencarian saya terarahkan ke sebuah website, diskpart.com. Padahal yang saya inginkan adalah software yang berasal dari sandisk, tetapi saya tidak menemukannya.

Dan saya pun menginstal aplikasi atau software dari diskpart.com tersebut. Softwarenya adalah AOMEI Partition Assistant.

Sangat mudah menggunakan software ini, cukup instal saja dan setelah itu buka softwarenya.

Tampilannya akan tampak seperti berikut.


Setelah itu yang saya lakukan adalah memformat flash disk saya tersebut. Tetapi ternyata setelah di format tetap tidak bisa tertedeksi oleh windows.

Kemudian saya lakukan delete partition dan kemudian saya membuat partisi kembali, dan melakukan format FAT32.

Dan berhasil.

Bagi yang ingin mencoba software AOMEI Partition Assistant ini silahkan download langsung ke https://www2.aomeisoftware.com/download/pa/PAssist_Std.exe

Berikut ini perbandingan beberapa fiturnya, versi lengkapnya silahkan langsung berkunjung ke websitenya.


lanjutan...


Versi lengkapnya silahkan berkunjung ke https://www.diskpart.com/compare-edition.html.

Yang saya gunakan adalah versi gratis sehingga fiturnya sangat terbatas. Hanya sekedar format saja. 

Fitur yang berbayarnya yang versi profesional lebih banyak pilihan menunya, bahkan bisa untuk clone sistem operasi. Tetapi kembali lagi ke kebutuhan masing-masing.

Saya kira sekian pengalaaman saya yang singkatini dalam memformat flash disk sandisk yang tidak bisa diformat oleh windows.

Referensi

https://www.diskpart.com/articles/sandisk-usb-format-tool-5740.html

https://www.diskpart.com/articles/sandisk-usb-repair-tool-7201.html

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url