Type something and hit enter

Advertise

Advertise


Saat menggunakan flash disk pada komputer, terkadang kita membutuhkan untuk memformat flash disk. Entah itu untuk hanya sekedar mengganti file system-nya atau hanya sekedar untuk menghapus file. Biasanya saya memformat flash disk jika flash disk tersebut ada error.

Untuk memformat suatu flash disk, sebenarnya cukup mudah jika menggunakan aplikasi atau software. Jika menggunakan sistem operasi windows akan lebih mudah lagi, cukup dengan klik kanan pada drive yang akan diformat dan menu format pun akan muncul.

Berbeda jika menggunakan sistem operasi linux. Tidak semua distro linux memberikan software untuk memformat usb flash disk. Dengan demikian, jalan  satu-satunya adalah dengan Cara Format USB Flash Disk di Linux melalui Terminal. Sebenarnya Anda bisa juga menginstal software untuk memformat usb flash disk di linux. Silahkan cari saja di software manager.

Sebenarnya saat menulis artike ini saya sedang memformat micro SD yang sedang error, dan juga saya gunakan untuk memformat USB flash disk. Sistem operasi yang saya gunakan adalah distro linux ubuntu.

Langsung saja. Silahkan tancapkan usb flashdisknya dan ketikan perintah berikut.

sudo fdisk -l

perintah di atas untuk menampilkan daftar drive yang ada di komputer. Biasanya flashdisknya di /dev/sdb1.
Lanjut ke perintah berikut.

sudo umount /dev/sdb1
sudo mkfs.vfat -n nama_flashdisk /dev/sdb1

Silahkan ubah nama flashdisk (tulisan merah) dengan yang anda inginkan. Ini akan menjadi nama label flashdisk Anda.


Nah, cukup mudah bukan Cara Format USB Flash Disk di Linux melalui Terminal. Saya sangat yakin Anda bisa melakukannya. Memang tidak semudah menggunakan aplikasi atau software, tetapi saya jamin Anda mempunyai pengalaman yang berbeda.

Demikian Cara Format USB Flash Disk di Linux melalui Terminal ini, semoga bisa membantu para pengguna linux, khususnya diri saya sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 comments