Type something and hit enter

Advertise

Advertise


Sering mencetak dokumen dengan menggunakan printer di kantor ataupun di rumah yang menyebabkan tinta cepat habis. Dan catridge tersebut bisa di refill atau diisi ulang dengan cara menyuntikkan tinta ke dalam catridge.

Sebenarnya catridge printer di desain hanya untuk sekali pakai, setelah tinta habis harus diganti dengan yang baru. Beberapa orang menilai hal ini tidak ekonomis sehingga mengakalinya dengan mengisi ulang catridge tersebut dengan tinta yang ada dipasaran.

Catridge tersebut tentunya tidak akan bertahan selamanya sehingga saya merasa perlu membagikan beberapa tips untuk merawat catridge printer anda agar tahan lama. Sebelumnya perlu diketahui beberapa bagian catridge.

Bagian Catridge

Catridge terdiri dari dua bagian. Bagian tersebut adalah head dan catridge. Berikut ini Fungsi Head dan Catridge.

1. Head

Pada bagian head ini berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta. Pada bagian ini terdapat saluran-saluran kecil yang mana akan dipanaskan sehingga menyemprotkan tinta saat proses pencetakan.

2. Cartridge


Berfungsi sebagai wadah untuk menampung tinta yang akan mengalir ke head.
Bagian catridge ini berbeda antara printer yang satu dengan yang lainnya. Pada printer Canon dan HP menggabungkan Head dengan Cartridge menjadi satu bagian. Sedangkan  pada printer Epson masih memisahkan antara Cartridge dengan Head.

Cara kerja Head Cartridge

Sebenarnya bagaimana cara head catridge bekerja? Ketika printer mendapatkan perintah untuk mencetak, perintah cetak tersebut akan dikirimkan kepada board printer. Board printer ini mengolah perintah pencetakan yang kemudian diteruskan ke head catridge. Atas dasar perintrah ini head catridge akan mengatur pemanasan filamen pemanas yang ada di dalam head catridge yang akan mengatur tinta bagian mana, warna apa yang akan disemprotkan melalui lubang kecil yang disebut nozzle. Pemanasan pada head catridge ini jika berlebihan jika tudah ada tinta untuk disemprotkan. Oleh karena itu fungsi tinta disini juga sebagai pendingin.

Penyebab Head Catridge Cepat Rusak

Sering kali catridge baru yang akan direfill mengalami kerusakan lebih cepat. Padahal biasanya, sesuai dengan pengalaman saya, catridge baru masih bisa direfill beberapa kali. Kira-kira apakah yang menyebabkan catridge tersebut rusak lebih cepat? Bisa jadi kerusakan pada catridge tersebut disebabkan hal berikut ini.

1. Catridge jarang digunakan

Catridge yang jarang digunakan biasanya pada catridge warna sehingga nozzle buntu karena tinta mengering, dan akibatnya akan terjadi pemanasan berlebih sebagai akibat dari tidak adanya pendingin yaitu tinta, karena tinta macet.

2. Tinta telah habis tetapi printer masih dipakai untuk nge-print (mencetak).

Memaksakan printer untuk mencetak pada saat tinta sudah habis akan menyebabkan panas berlebih sehingga bisa merusak head catridge. Biasanya secara tidak sengaja terjadi hal seperti ini.Panas berlebihan ini akan mengakibatkan chip di head akan terbakar.

3. Mencetak terus menerus dan dalam jumlah banyak. 

Mencetak tanpa jeda atau tidak ada istirahat akan memberikan pemanasan yang berlebih pada head catridge.

Bagaimana Supaya Catridge Printer Awet dan Tidak Cepat Rusak?

Berikut ini ada beberapa tips yang semoga bisa membantu mempertahankan pemakaian catridge lebih lama dan agar tidak cepat rusak. Silahkan ikuti tips berikut ini.

1. Cetak Sedikit-sedikit, jangan langsung banyak

Jangan mencetak dalam jumlah banyak secara langsung, tetapi istirahatkan setiap 10 lembar, atau kira 2x 2-5 menit, apalagi saat mencetak dengan kualitas foto, berikan waktu istirahat yang lebih lama.

2. Isi segera catridge jika terlihat tinta mulai habis

Jangan biarkan tinta habis terlalu lama, lebih bagus lagi sebelum habis diisi tinta dulu. Jangan isi tinta terlalu penuh karena akan menyebabkan tinta tidak keluar bahkan head akan bocor akibat tekanan yg terlalu berat dari tinta, jika hal ini terjadi maka sedot ulang tinta tersebut dengan refill kit yang ada.

3. Gunakan printer secara rutin

Jangan mendiamkan / tidak dipakai mencetak lebih dari 1 minggu. Jadi setiap minggu minimal harus digunakan mencetak sekali (gunakan untuk ngeprint foto).

4. Gunakan tinta yang berkualitas dan sama

Gunakan merk tinta yang sama, karena keenceran masing-masing merk tinta berbeda dan ini sangat berpengaruh pada head printer.

Mungkin itu kira-kira Tips agar dapat merawat catridge printer supaya awet, tahan lama dan tidak cepat rusak.

Saya juga melakukan beberapa hal di atas agar catridge printer di kantor bisa berumur lebih lama meskipun direfill (diisi ulang). Semoga tips ini dapat bermanfaat dan selamat bekerja dan mencetak dokumen.

0 comments