Type something and hit enter

Advertise

Advertise


Media penyimpanan portable, flashdisk, sudah banyak digunakan dan memudahkan dalam penyimpanan data. Dengan berbagai macam model dan kepasitas yang besar flashdisk menjadi andalan dalam penyimpanan data.

Saat ini sudah banyak yang menggunakan port USB 3.0. Tetapi juga banyak yang  masih menggunakan port USB 2.0. Jika Flash disk yang Anda gunakan USB tipe 3.0 tentunya tidak menjadi masalah karena memang sudah 10 x lebih cepat jika dibandingkan dengan USB tipe 2.0.

Tetapi bagaimana jika terkadang masih merasakan transfer data yang lumayan lambat saat mengkopi atau memindahkan data antar flash disk dan komputer?
Ada cara mudah untuk meningkatkan kecepatan transfer data flashdisk yakni dengan merubah hardware policies menjadi performance dan mengubah file system yang ada di flashdisk. Default file system di flashdisk adalah FAT atau FAT 32. Anda cukup memformat ulang flashdisk anda ke NTFS. Oh iya, ini khusus bagi pengguna Windows ya. Tidak berlaku untuk pengguna sistem operasi lainnya.

Keunggulan dan Kekurangan NTFS

Keunggulan NTFS adalah lebih aman dan stabil. Selain itu juga kemampuan meminimalkan fragmentasi data dan juga memiliki kecepatan yang lebih baik. Dengan menggunakan file system NTFS ini, Anda juga bisa mengkopi file yang berukuran besar yakni lebih dari 4 GB yang tidak didukung oleh file system FAT atau FAT32.

Disamping keunggulan dari file system NTFS ini, ada beberapa kekurangan yang dimiliki file system NTFS. Kekurangan tersebut adalah anda tidak akan bisa mengaksesnya dengan menggunakan Windows 9x. Anda bisa mengakses NTFS dengan menggunakan  Microsoft Windows 2000, NT, XP, Vista dan versi diatasnya.

Langkah Mengubah Setingan Flash Disk

Jika Anda ingin mengubah file system dari FAT ke NTFS, berikut langkah mudah untuk mengubah FAT ke NTFS dan mengubah policies menjadi performance:
  1. Colokkan Flash disk pada port USB.
  2. Buka file explorer atau windows explorer.
  3. Klik kanan pada flash disk, kemudian pilih “properties”.
  4. Pilih tab “Hardware”.
  5. Pada kolom All Disk Drives, pilih yang icon flash disk Anda.
  6. Kemudian klik properties, di bagian bawah.
  7. Pilih opsi tab “Policies”.Pilih yang “Optimize for performance”. Klik OK.
  8. Kemudian format flashdisk anda caranya klik kanan > format, pada file system pilih yang NTFS. Klik Start.
Selamat Mencoba..!

Notes: 

Apabila Anda menyimpan data di flashdisk yang akan diformat, sebaiknya Anda memindahkan data Anda terlebih dahulu ke hard disk atau media penyimpanan lainnya, karena proses format ini menghapus seluruh data di flash disk yang diformat tersebut.

Demikian Cara Mempercepat Transfer Data ke Flashdisk. Cara ini sangat mudah dilakukan bahkan bagi orang awam sekalipun. Semoga cara ini bisa menambah kecepatan transfer data (transfer file) dari flash disk ke komputer dan juga sebaliknya sehingga bisa menghemat banyak waktu didalam mengerjakan pekerjaan atau tugas. 


0 comments