Type something and hit enter

Advertise

Advertise



Dunia cetak mencetak sudah tidak bisa lepas lagi dari keseharian, khususnya yang bekerja ddi kantor. Bersentuhan langsung dengan komputer dan printer sudah menjadi kebiasaan sehari-hari.

Saat melakukan pencetakan, printer yang kita gunakan terkadang bermasalah mulai dari tinta habis, tidak bisa mencetak atau mencetak tapi tidak sempurna. Sering kali kita menemukan permasalahan pada printer yang kita gunakan. Permasalahan yang paling umum adalah hasil cetak tidak bagus atau kurang sempurna. 

Untuk mengatasi masalah ini biasanya cukup dengan melakukan cleaning pada head catridge printer.


Permasalahan ini ditanyakan oleh rekan kerja saya melalui WhatsApp. Saat itu hasil cetak pada printer Canon MP 287 tidak sempurna, ada bagian yang hilang atau tidak jelas. Mungkin untuk mengatasi masalah cetakan yang tidak jelas tersebut cukup dengan melakukan head cleaning.

Masalah selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan head cleaning pada printer canon MP 287 tersebut? Saya pun mencari menggunakan mesin pencari. Saya menemukan solusi untuk melakukan head cleaning dengan mudah.

Langkah Cleaning Printer Canon MP287

Dari hasil searching di mesin pencari, saya menemukan bahwa untuk melakukan cleaning pada printer MP 287 adalah sebagai berikut. 

Langlah 1

Tekan tombol setting sebanyak tiga kali sampai di display muncul huruf "y".

Langkah 2

Tekan tombol start "color atau black" pada printer.

Langkah 3

Setelah itu printer akan cleaning secara otomatis dan tunggu sampai proses cleaning selesai.

Langkah 4

Untuk melihat hasilnya silahkan tekan tombol setting satu kali, kemudian tekan tombol start "color atau black" pada printer. Printer akan otomatis mencetak hasil cleaning.

Langkah 5

Lakukan langkah-langkah dari awal jika hasil cetakan masih kurang bagus, sampai didapatkan hasilnya yang bagus.
 

Hal lain yang perlu diperhatikan

Selain langkah cleaning printer canon MP 287 di atas, ada beberapa hal lain yang juga penting untuk diperhatikan.

1. Pastikan Catridge Printer MP 287 ada isinya.

Biasanya printer dengan tinta yang habis atau akan habis bisa menyebabkan hasil cetakan kurang jelas atau tidak sempurna. Untuk itu sangat perlu dimonitor, dipantau pemakain printer dan berapa kali, berapa banyak cetak, indikator tinta sehingga dapat memperkirakan kondisi tinta di dalam catridge.

2. Printer sudah lama tidak dipakai. 

Printer yang sudah lama  tidak dipakai biasanya tintanya didalam catridge atau tepatnya pada head catridge akan menggumpal. Hal ini bisa menyebabkan tersumbatnya saluran tinta pada head catridge sehingga tidak bisa menyemburkan tinta dengan sempurna saat proses pencetakan. 

Penyumbatan ini terjadi jika menggunakan tinta refill (isi ulang). Hal ini sesuai dengan yang saya alami pada printer yang saya gunakan di rumah. Saya menggunakan printer dengan tinta isi ulang dan jarang pakai. Hasilnya adalah hasil cetakan tidak sempurna. Berbeda dengan printer kantor, menggunakan tinta refill juga tetapi setiap hari dipakai untuk mencetak, dan tidak ada masalah.

Masalah tersumbat pada head catridge ini jarang terjadi jika menggunakan catridge asli alias catridge original. Berdasarkan pengalaman saya juga.


Demikian artikel tentang Cara Cleaning Printer Canon MP287. Saya kira langkah di atas cukup mudah untuk dipraktikkan. Semoga artikel ini bisa membantu memberikan solusi cara Cara Cleaning Printer Canon MP287 sehingga bisa memperlancar dan melanjutkan pekerjaan Anda di kantor.

Semoga membantu dan selamat mencoba.

0 comments