Windows 7 di Tahun 2020



Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahawasanya Windows 7 telah berakhir dukungannya. Windows 7 merupakan sistem operasi yang sangat familiar bagi saya dan juga di kantor. Meskipun sampai saat ini sudah ada Windows 10 yang lebih baru, di kantor masi banyak PC dengan sistem operasi Windows 7.

Sebenarnya pengguna Windows 7 bisa upgrade ke Windows 10, tetapi bagi pengguna yang hardwarenya tidak support ini adalah sebuah "kesedihan" tersendiri.

Jika hardware support baik dari segi memori RAM dan juga Prosesor komputer PC atau laptop mendukung atau bisa dibilang masih mampu menjalankan Windows 10 maka hal ini tidak menjadi masalah karena cukup lakukan upgrade saja ke sistem operasi yang lebih baru.

Bagaimana dengan yang hardwarenya sangat terbatas yang hanya bisa menjalankan Windows 7 saja? Jawaban mudahnya adalah ya ganti hardware alias beli PC atau Laptop baru yang setidaknya bisa menjalankan windows 10.

Apakah dengan berakhirnya dukungan pada windows 7 ini berarti sistem operasi ini sudah tidak bisa digunakan lagi? Dari browsing saya di website microsoft, Windows 7 masih bisa digunakan.

Apakah di tahun 2020 ini Windows 7 masih layak digunakan?Ya layak digunakan tetapi berisiko dari segi keamanan. Karena dukungan sudah dihentikan maka tidak akan ada lagi perbaikan, perbaruan, sehingga sistem operasi ini lebih rentan dan lebih berisiko terhadap virus dan mallware.

Silahkan dipertimbangkan sendiri saja dari segi kenyamanan, keamanan dan kemampuan hardware PC atau laptop. Apakah perlu melakukan upgrade atau tetap menggunakan windows 7.

Jika masih nyaman bekerja dengan windows 7 ya silahkan saja tetapi sebaiknya menggunakan sistem operasi yang lebih baru.


Referensi:

https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/windows/end-of-windows-7-support

https://www.microsoft.com/en-us/windows/windows-7-end-of-life-support-information

Belum ada Komentar untuk "Windows 7 di Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel