ASUS VivoBook S14 (M433), Laptop Gaya Bertenaga


Salah stau lini terbaru dari ASUS, yang menggunakan prosesor terbaru AMD yakni platform Ryzen 4000 series.
Ryzen 4000 di laptop seri mainstream dari ASUS yang hadir dengan nama Asus VivoBook S14 M433.

Laptop ini nampak sangat keren dengan desain yang bagus serta performa yang juga cukup mumpuni untuk pekerjaan sehari-hari.

Desain

Laptop ASUS VivoBook S14 (M433) ini tipis dengan NanoEdge display. Area layar nampak lebih luas dikarenakan bingkai lebih layar lebih kecil.

Laptop ASUS VivoBook S14 (M433) memiliki bobot yang sangat ringan, sekitar 1,4 kilogram. Dengan bobo yang sedemikian ringan maka akan dengan mudah dapat dibawa laptop untuk bekerja di mana saja.
Konektivitas
Selain desainnya yang tipis, hal tersebut tidak membuat kehilangan port konektivitas.

Port konektivitas eksternalnya cukup lengkap, baik di sisi kiri dan kanan laptop.



Konektivitas pada laptop ini sudah cukup lengkap terdiri dari port dan slot sebagai berikut.

  1. USB 3.2 Type-A
  2. USB 3.2 Type-C
  3. USB 2.0 (2 buah port)
  4. port HDMI,
  5. audio jack
  6. micro SD card reader

Hal Menarik

Laptop ini sangat cocok digunakan untuk generasi muda, generasi masa kini karena memang laptop ini didesain untuk itu.



Salah satu yang nampak keren adalah logo ASUS VivoBook pada bagian cover laptop ini sudan menjadi lebih keren, lebihmodern dan letaknya pun agak geser kesamping yang mana menambahkesan elegan.

Dengan logo ASUS VivoBook yang lebih kecil dan bergeser kesamping maka akan ada area kosong yang cukup luas . Disini ASUS juga menyediakan stiker yang juga disediakan di dalam paket penjualan. Dengan begini Anda bisa menempelkan sendiri stiker yang disediakan tersebut dibagian cover laptop ini sesuai dengan selera Anda.


Yang menarik, tombol enter pada keyboard-nya pun didesain kekinian khas anak muda, dengan aksen warna kuning kehijauan, seperti warna stabillo. Keyboard-nya sendiri juga sudah mendukung backlit keyboard berwarna putih dengan tiga tingkat kecerahan. Artinya, pengguna tetap bekerja di manapun, meski kondisi sudah malam atau ruangan gelap.


Satu lagi yang menarik dari laptop ini adalah tombol enternya. Tombol enter ini tampak menarik serasa mengikuti gaya kekinian dengan adanya aksen warna kuning kehijauan, bisa juga dibilang warna stabilo.

Keyboard backlit warna putih dengan kecerahan tiga tingkat sehingga tetap bisa nyaman bekerja dalam ruang gelap.

Pilihan warna VivoBook S14 M433 yakni Gaia Green, Resolute Red, Dreamy Silver dan Indie Black.

Materialnya terbuat dari bahan logam sehingga tampak dan terasa premiumnya.

Fitur

Sensor finger print login windows tanpa perlu ketik pasword. Login cukup sentuh saja.
Webcam resolusi 720p sehingga cocok digunakan untuk Webinar atau Work From Home. Dengan resolusi webcam tersebut sudah cukup baik untuk memenuhi standar pertemuan melalui web.

Layar

Layar laptop ini sudah Full HD yang terasa lebih luas dan tentunya lebih tajam jika dibandingkan dengan layar yang masih HD meskipun juga layar laptop ini masih 60Hz yang secara umum sudah cukup baik untuk diajak bekerja dan juga hiburan multimedia.

Game juga bisa untuk game yang casual saja dengan setingan game yang disesuaikan.
Dengan layar yang sudah memiliki bingkai yang tipis alias nanoedge display sehingga terasa layarnya sangat luas.
Dimensi yang layar ini lebih ringkas jika dibandingkan dengan laptop 14 inchi pada umumnya dengan Layar view angel luas 178 derajat

Layar ASUS VivoBook S14 (M433) ini sudah mampu memproduksi warna hingga 100& sRGB yang mana cocok buat yang suka edit gambar atau video sehingga bisa dipertimbangkan untuk digunakan bagi para konten creator.

Sistem audio speaker yang sudah mendapatkan sertifikasi dari harman/kardon.

Performa

Prosesor

Prosesor AMD Ryzen 7 4700U dengan grafis Radeon RX Vega 7 dipadukan dengan memori dual channel DDR4 3200MHz memang akan sangat baik performanya.

Secara umum perfroma prosesor Ryzen 7 4700U ini cukup bagus. Bisa dilihat dari tabel performa cinebench r15 dari cpu-monkey.com berikut ini.
sumber:cpu-monkey.com


Performa single core sudah cukup baik dengan skor 188 cb, akan sangat nyaman untuk kerja yang hanya membutuhkan pemrosesan dengan single core.
Tetapi bagaimana untuk performa multi taskingnya yang membutuhkan banyak core untuk mengerjakannya.

sumber: www.notebookcheck.net

Perfroma mutlicore dari gambar di atas, skor Cinebench R15-nya sebesar 1103-1189. Dengan skor sebesar ini tentunya sudah nyaman digunakan untuk rendering yang sekedar 1080p atau juga bisa untuk digunakan untuk sekedar membuat konten digital.

Dari data diatas menunjukkan, dari segi performa, kinerja prosesor AMD Ryzen 7 sangat baik untuk rendering, sekedar menggunakan office, sampai hiburan multimedia.

Storage

Storage menggunakan SSD dengan kapasitas 512Gb. Penggunaan SSD sudah menjadi wajib untuk semua perangkat komputer termasuk laptop seri terendah sekalipun. Kecepatan baca tulis SSD lebih baik dari pada HDD dan pada laptop ini kecepatan baca bisa sampai 1500MB/s dan untuk kecepatan tulis bisa mendekati 1000MB/s.
Jika 512GB dirasa kurang, tenang saja masih bisa ditambahkan lagi SSD nya karen tersedia satu slot lagi SSD.

RAM

RAM sudah cukup besar 8 GB. Untuk saat ini sudah cukup diginakan untuk menunjang pekerjaan ditambah lagi konfigurasi ram sudah dual channel yang mana akan meningkatkan performa dari laptop ini.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah RAM pada laptop ini adalah onboard dan tidak ada slot ekspansinya. So, bagi yang suka utak atik dan melakukan Upgrade, mungkin tidak bisa dilakukan pada laptop ini.

Kartu Grafis

Kartu grafis yang digunakan di laptop ini menggunakn kartu grafis yang terintergasi yakni Radeon RX7 Vega. Kemampuan kartu grafis ini sudah cukup mumpuni untuk sekedar bermain game kasual dengan pengaturan rendah atau minimum.

Main game pc triple A di laptop ini apakah bisa? Bisa saja ttetapi tidak disarankan. Jika tetap ingin memaikannya coba saja dengan beberapa penyesuaian setingan  dan juga lihat game apa dulu yang dimainkan, cek kebutuhan sistem untuk memainkan game pc tersebut.
Jika memang benar-benar ingin bermain game di laptop ini, ada baiknya membeli laptop yang khusus untuk gaming. Kalau tidak salah seri TUF gaming. Laptop gaming tersebut akan lebih baik karena sudah dilengkapi dengan Grafis Gforce GTX artau RTX.

Baterai

Baterai besar 50Wh untuk mentenagai prosesor dengan fabrikasi 7 nanometer yakni  AMD Ryzzen 7 4700U sehingga hemat energi tetapi performanya tetap kencang. Baterai laptop ini sanggup beertahan hingga sekitar 10 jam dan mungkin bisa lebih jika digunakan dengan menggunakan mode hemat daya. Skenario penggunaan, kecerahan layar tentunya akan berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

Spesifikasi


Spesifikasi teknis Asus VivoBook S14 M433

  • Finish / Color: Indie Black, Gaia Green, Resolute Red, Dreamy Silver
  • Operating System Windows 10 Home
  • Processor: AMD Ryzen™ 7 4700U Mobile Processor (8C/8T, 12MB Cache, 4.1 GHz Max Boost)
  • Graphics: Integrated AMD Radeon™ Graphics
  • Display: 14” LED-backlit Full HD (1920 x 1080) 16:9, Frameless NanoEdge display with 85% screen-to-body ratio,178° wide-view technology
  • Memory: 8GB 3200MHz DDR4
  • Storage: 512GB PCIe SSD
  • Interfaces:1 x USB 3.2 Gen 1 Type-C™, 1 x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2 x USB 2.0,1 x HDMI,1 x Audio combo jack,1 x MicroSD card reader,1 x DC-in.
  • Keyboard and Touchpad: Keyboard: Full-size backlit, with 1.4mm key travel;
  • Touchpad: Glass-covered; Intelligent palm-rejection; Precision touchpad (PTP) technology supports up to four-finger smart gestures
  • Audio: Array microphone with Cortana voice-recognition support, 3.5mm headphone jack Certified by Harman Kardon
  • Camera: HD Camera
  • Wireless Connectivity: Wi-Fi: Intel Wi-Fi 6 with Gig+ performance (802.11ax); Bluetooth®: Bluetooth V5.0.
  • Battery and Power: Fast charging: 60% in 49 minutes; 50Wh 3-cells lithium-polymer battery; 45W power adapter; Plug Type: ø4 (mm); (Output: 19V DC, 2.37A, 45W): (Input: 100-240V AC, 50/60Hz universal).
  • Weight and Dimensions: Height: 1.59cm (0.62 inches); Width: 32.49cm (12.79 inches); Depth: 21.35cm (8.40 inches); Weight: 1.4kg (3.08 pounds).

Harga

Berapakah harga dari laptop ini? Saat saya search di google, harga laptop ini berkisar Rp. 11 jutaan. Semoga bisa menemukan yang lebih murah lagi. Silahkan cari di marketplace.


Kesimpulan

Dengan harga yang hanya sekitar 11 jutaan, laptop ini cukup layak dibeli. Desain yang oke cocok buat gaya, tetapi juga tidak melupakan performa. Ditambah lagi sudah lengkap dengan Sistem Operasi Windwos dan Ms Office full version.

Referensi

https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-VivoBook-S14-M433IA/Tech-Specs/

https://www.cpu-monkey.com/en/cpu-amd_ryzen_7_4700u-1093

https://www.notebookcheck.net/R7-4800H-vs-R7-4700U-vs-R7-4800HS_11677_11683_11689.247596.0.html

https://www.google.com/search?q=harga+ASUS+VivoBook+S14+(M433)&safe=strict&client=firefox-b-d&sxsrf=ALeKk00-8rcVYpTA-CAX-q_VnMJJBX_wxg:1596244621280&source=lnms&tbm=shop&sa=X&ved=2ahUKEwix04DN6vjqAhXY8HMBHVEpDbwQ_AUoAXoECAwQAw&biw=1525&bih=678

Belum ada Komentar untuk "ASUS VivoBook S14 (M433), Laptop Gaya Bertenaga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel