Cara Menambahkan Repositori Ubuntu 12.10

Ubuntu versi lama? Masih ada yang pakai? Mungkin karena suatu hal tetap menggunakan versi lama, padahal saat ini sudah sampai pada vesi 19.04.

Berikut ini merupakan artikel lama saya yang juga pernah saya posting di blog ini.

Saat ini Saya menggunakan distro turunan Ubuntu 12.10 yakni voyager 12.10 dan Linux Mint 14. Beberapa waktu lalu saya kesulitan untuk meng-install dan meng-update aplikasi di sistem operasi ini. Banyak pesan error muncul saat akan melakukan instalasi melalui Syanaptic Package Manager. Sebagian besar source sudah tidak valid lagi.
Ini merupakan masalah besar bagi pengguna linux ubuntu 12.10. Linux versi ini saat ini sudah tidak didukung lagi alias sudah tidak ada perbaruan (update). Saya pribadi masih menggunakan linux ini di netbook saya kerena saya menganggap masih cukup powerfull untuk pekerjaan saya sehari-hari. Dengan tidak adanya dukungan (support) dan perbaruan (update), maka kita tidak akan bisa menambahkan aplikasi. Saat kita tidak bisa menambahkan (meng-install) aplikasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan sehari-hari adalah masalah besar. Mungkin cara terbaik adalah mengganti sistem operasi dengan yang lebih baru.
Saya pun mencari solusi untuk tidak adanya repository untuk linux ubuntu 12.10. Setelah googling beberapa lama saya menemukan bahwa alamat repository nya telah dipindahkan ke http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu/dists/quantal.
Untuk mengatasi ini, silahkan mengubah source list yang berisikan alamat url lokasi repository.
Anda harus meng-edit /etc/apt/sources.list dan mengubah archive.ubuntu.com menjadi old-releases.ubuntu.com.
Anda bisa menggunakan dengan perintah sed
sudo sed -i -e ‘s/archive.ubuntu.com/old-releases.ubuntu.com/g’ /etc/apt/sources.list
kemudian lakukan update dengan perintah berikut.
sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade
saya pribadi menggunakan file manager ke direktori /etc/apt/source.list dan kemudian saya mengeditnya menggunajan text editor.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama