Type something and hit enter

Advertise

Advertise


Saat menulis artikel, membuat desain logo, dan pekerjaan yang berhubungan dengan macam-macam font, mengharuskan koleksi font sudah terinstal di sistem operasi yang digunakan. Dengan semakin banyak pilihan font akan memudahkan dalam mengerjakan suatu tugas.

Font yang terdapat pada linux memang tidak terlalu banyak. Tetapi jangan khawatir. Anda masih bisa menambahkannya. Bisa Anda tambahkan dari sistem operasi Windows yang anda pakai saat ini.

Cukup masuk ke drive C, kemudian masuk ke folder Windows dan masuk ke folder Fonts. Di dalam folder fonts akan ada banyak sekali font yang biasanya digunakan dalam Microsoft Office.

Pilih semua font atau beberapa font yang Anda anggap perlu saja, kemudian lakukan kopi (copy) dan paste ke drive lain atau ke folder lain yang sekiranya memudahkan anda memindahkannya ke sistem operasi linux.

Tahap selanjutnya adalah menambahkan ke sistem operasi linux.  Bagaimana untuk menambahkannya? Caranya sangat mudah. Tentunya harus masuk ke sistem operasi linux terlebih dahulu.

Sebelum menambah font:
1. Buka direktori Home (klik/double click pada ikon Home di desktop)
2. Buat direktori .fonts (ingat harus didahului dengan titik)
3. Klik kanan, pilih Create New Folder, beri nama folder/direktori; .fonts, Enter
4. Kopi font yang ingin ditambahkan dan paste ke direktori .fonts.

Setelah semua fonts yang dibutuhkan dikopi ke direktori .fonts, maka secara otomatis font yang ditambahkan akan terinstal. Untuk mengeceknya silahkan buka aplikasi atau software yang menggunakan font, LibreOffice misalnya. Silahkan cek apakah font tadi sudah bisa diakses di LibreOffice.

Dengan ditambahkannya font ini maka seluruh aplikasi atau software yang berjalan di linux seperti aplikasi office LibreOffice dan pengolah gambar GIMP akan memiliki atau bisa menggunakan font yang telah ditambahkan tadi.

Demikian cara menambahkan Fonts di Linux. Semoga bermanfaat.

0 comments