Cara Membersihkan PC


PC yang saya gunakan adalah PC Rakitan yang sering saya gunakan untuk Office, youtube dan juga sesekali main game ETS2, WOWs, CSGO. Penggunaannya sering kali lebih dari 3 jam. Terkadang juga nyala sampai pagi karena ketiduran. Dengan penggunaan model begini, ditambah lagi ruangan yang tidak ada AC sehingga cenderung berdebu, akan memuat PC cepat kotor dengan debu yang menumpuk.

Bagaimana cara membersihkan PC? Simpel saja. Gunakan saja sesuatu yang bisa membersihkan debu misalnya lap, tisu, sikat, kuas, ciaran pembersih, mungkin juga vacuum cleanner.

Seringkali  PC hanya digunakan saja, tanpa diperhatikan kebersihannya. Debu-debu sudah mulai nampak di mess depan, atas dan beberpa bagian yang menjadi lubang masuk aliran udara.

Memang sih tidak ada tanda-tanda error, komputer menjadi lambat atau ada kenaikan suhu saat dicek melalui HWInfo. Dengan kata lain  PC masih bisa berjalan normal, meskipun digunakan untuk berbagai aktifitas mulai dari office, multimedia dan main game selama berjam-jam pun tidak ada masalah.

PC yang kotor sebenarnya membuat mood kita sebagai pengguna menjadi terganggu. Apalagi PC tersebut berada di meja yang tentunya bisa terlihat secara langsung. Ya akan terlihat jorok jika banyak debunya. Hal itu bisa memperngaruhi psikologis kita dalam produktivitas.

So agar bisa tetap produktif dan mood terjaga maka sebaiknya perlu diperhatikan kebersihan pc atau komputer yang digunakan. Pembersihan PC secara berkala perlu dilakukan.

Berapa lama komputer atau PC perlu dibersihkan? Sebenarnya tergantung dengan situasi dan kondisi. Ada yang dalam beberapa bulan sudah berdebu tebal, ada yang juga debunya tidak terlalu nampak. Frekwensi pemakaian dan durasi pemakaian akan menentukan seberapa cepat debu menempel ditambah lagi kondisi lingkungan atau kondisi ruangan. Jika menggunakan ruangan ber-AC mungkin akan debu yang menempel akan cenderung lebih sedikit. Tetapi jika ruangan ber-Angin Cendela alias tidak ada AC, ya biasanya lebih cepat berdebu. Dari kondisi tersebut maka frekwensi pembersihannya tergantung dari kondisi masing-masing.

Waktu Pembersihan PC

Berdasarkan pengalaman saya, dalam waktu sekitar 4- 6 bulan, debu-debu sudah mulai menempel di fan casing dan juga fan cooler prosesor. Dibagian luarnya pun sudah terlihat debu-debu tipis menempel.

Apakah langsung saya bersihkan? Oh tentu tidak. Saya cek dulu performanya tidak ada gangguan atau error dengan kondisi tersebut. Saya menunda dulu untuk membersihkannya. Membersihkan PC memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Saya hanya mencatatnya kedalam agenda saya bahwa dalam waktu dekat ini harus ada pembersihan PC. Saya mencari waktu yang tepat, yang longgar untuk melakukannya. 

Alat untuk Membersihkan PC

Biasanya alat apa saja yang perlu untuk digunakan? Gunakan saja alat yang ada disekitar kita dan sudah biasa kita gunakan sehari-hari. Saya mengguakan tisu kering, tisu basah, sikat gigi bekas atau kuas,  dan kalau saya sedang malas saya gunakan vacuum cleaner (tidak direkomendasikan). Oh iya jangan lupa obeng + untuk membongkar screw fan casing.

Langkah Membersihkan PC

Langkah yang perlu dilakukan

1. Bongkar area yang berdebu.

Area berdebu misalnya pada fan casing. Tentunya harus melepas fan casing dulu biar mudah untuk membersihkannya.
Mess atau jaring-jaring atau lubang-lubang di dekat fan casing yang berfungsi sebagai tempat masuk atau keluanya udara.
Area yang dilewati udara. Bisanya pada bagian atau permukaan casing yang dilewati lairanudara juga ada debu yang menempel.

2. Lakukan pembersihan.

Untuk melakukan pembersihan ini sering kali saya menggunakan tisu basah. Menurut saya ini yang lebih mudah dan hemat waktu. Dengan menggunakan tisu basah ini langsung bisa untuk mengelap bagian yang berdebu tebal terutama pada bagian baling-baling kipas. Juga pada area-area yang dihinggapi debu. Untuk bagian yang bercela, berlubang kecil-kecil bisa menggunakan sikat atau kuas.


3. Pasang kembali seperti semua jika sudah selesai.

Pasang kembali dan rapikan kemudian tes PC nyala atau tidak. Biasanya saat membongkar mungkin ada kabel atau konektor yang tidak sengaja terlepas.

4. Tambahan.

Jika sedang malas dan Casing PC sudah berdebu, biasanya saya menggunakan vacuum cleanner untuk menghisap debu pada PC terutama pada bagian mess depan dan atas sehingga debu yang menempel bisa terhisap dan tidak terlihat lagi. Ya saya lakukan ini untuk sementara saja karena tidak punya banyak waktu untuk membongkar PC. Cara ini mungkin tidak recomended ya karena mungkin ada interaksi elektromagnetik antara vacuum cleanner dengan komponen PC yang dikhawatirkan akan bisa merusak komponen PC. Menggunakan sikat atau kuas mungkin akan lebih aman.

Kesimpulan

  1. Yang paling tengganggu jika PC terlihat kotor dengan debu yang sudah menumpuk tebal adalah mata, ya mata orang yang melihanya. Dan jika dibiarkan lama-lama maka juga akan mengganggu dari sistem komputer itu sendiri.
  2. Luangkan waktu untuk bongkar, bersihkan, dan pasang kembali.


Demikianlah yang saya lakukan saat membersihkan PC. Selamat mencoba jika ada masukan atau tambahan silahkan komen dibawah. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membersihkan PC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel