Type something and hit enter

Advertise

Advertise


Internet sudah menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian besar orang. Khususnya yang bekerja dikantor. Terkadang kondisi mengharuskan pekerja di kantor untuk kreatif bagaimana tetap terhubung dengan internet khususnya untuk smartphone dan laptop yang digunakan dikantor meskipun tidak disediakan wifi router atau hotspot oleh pihak kantor.
 
Salah satu cara membuat koneksi internet di kantor menjadi wireless adalah dengan menambahkan wifi router. Saya pun pernah mengajukan Wifi Router untuk kantor saya agar bisa sharing koneksi internet dan juga bisa mengakses printer secara wireless. Tetapi apa daya, pengajuan pembelian wifi router tidak disetujui. 
 
Sebenarnya mudah sajauntukmembeli secara pribadi wifi router ini karena harga wifi routerjuga tidak terlalu mahal mungkin sekitar 150 ribuan sudah dapat yang cukup baik dan berkualitas. Tetapi saya berusaha untuk menghemat mengingat keterbatasan biaya dan lagian saya juga sangaat yakin beberapa bulan ke depan akan dibelikan oleh pihak kantor.
 
Akhirnya saya mencoba membuat wifi router dengan memanfaatkan komputer dan perangkat yang ada di kantor. Di kantor ada empat buah buah komputer. Tiga komputer menggunakan windows 7 dan satu komputer menggunakan windows 8. Pada PC dengan Windows 8 ini juga sudah dilengkapi dengan wireless network (Wifi). Semua komputer ini terhubung ke jaringan kantor dengan menggunakan kabel LAN. 
 
Saya berfikir bagaimana komputer yang terhubung ke jaringan internet melalui kabel ini bisa menyebarkan, bisa memancarkan internet. Akhirnya saya juga terpikirkan untuk menjadikan PC yang sudah dilengkapi wireless network tadi sebagai hotspot.
 
Untuk menjadikan PC dengan Wireless Network sebagai hotspot, diperlukan sebuah software atau aplikasi sehingga bisa membuat sebuah virtual wifi router. Pada virtual wifi router ini akan berperan dan berfungsi seperti wifi router pada umumnya. 

Untuk membuat sebuah virtual wifi router ini sebenarnya ada beberapa software yang bisa dijadikan pilihan. Karena pertimbangan dan hasil uji coba, Saya memutuskan  menggunakan My Wifi Router versi 3.0 untuk menjadikan komputer pc kantor sebagai Wifi Hotspot. 
 
Dengan begini perangkat mobile saya bisa terhubung ke internet baik smartphone android, laptop dan lain-lain. Software ini juga bisa menampilkan siapa saja yang terkoneksi ke wifi hotspot dan juga ada pilihan untuk membatasi speed (bandwidth) atau mem-blok-nya.
 
Saya sudah beberapa tahun ini menggunakan Komputer PC Windows 8 dengan built in wireless LAN dan software My Wifi Router ini. Sejauh ini, software ini merupakan yang terbaik yang pernah saya pakai.
 
Update: Akhirnya setelah satu tahun, kantor membelikan perangkat Wifi Router, sehingga saya sudah tidak menggunakan software ini lagi.
 
Oh iya bagi yang membutuhkan software virtual wifi router ini silahkan mencari di google atau langsung mengunduhnya di https://filehippo.com/download_my_wifi_router/
 
Demikian Cara Menjadikan Komputer PC sebagai Wifi Router dengan Menggunakan Software Virtual Wifi Router. Semoga bermanfaat.

0 comments