Virtual Wifi Router Tidak Terhubung Ke Internet

Menghubungkan banyak komputer dengan menggunakan jaringan tanpa kabel menggunakan wireless router memang sangat praktis dan sangat bermanfaat bagi pengguna. Pengguna yang ingin terhubung ke jaringan tersebut tidak perlu menambahkan dan mencolokkan kabel jaringan. Cukup dengan menyalakan wifi diperangkat masing-masing dan kemudian sudah bisa terhubung ke jaringan.

Bagi yang dikantornya sudah memiliki jaringan kabel dan tidak memiliki wireless router, ,maka alternatifnya adalah dengan menggunakan virtual wifi router di salah satu komputer yang terhubung ke jaringan kantor. Biasanya di jaringan kantor juga terhubung ke internet. Dengan menggunakan virtual wifi router ini juga bisa men-share jaringan internet tersebut.

Hari ini Virtual Wifi Router di kantor saya tidak dapat terhubung ke internet, padahal komputer host-nya terkoneksi ke internet dengan lancar. Apakah yang terjadi? Padahal kemaren masih baik-baik saja. Dan saya pun mencoba mencari referensi untuk masalah ini. Setelah lama mencari dan browsing sana sini, kemungkinan penyebabnya adalah adanya firewall yang sedang aktif pada antivirus. Memang dengan adanya firewall ini dapat mem-blok percobaan akses dan pengiriman data dari luar dan ke dalam komputer. 

Di komputer kantor yang saya gunakan, antivirus yang terpasang adalah AVG Antivirus Free yang gratisan tetapi cukup baik melindungi komputer dari serangan virus. Antivirus ini  merupakan andalan saya sejak saya masih SMA. Untuk mengatasi virtual wifi router yang tidak bisa terhubung ke internet tersebut, Saya pun mematikan Firewall pada antivirus tersebut. Setelah Firewall pada antivirus dimatikan, internet melalui wifi hotspot kembali bisa terhubung dan lancar.

Oh iya, komputer kantor yang saya jadikan virtual Wireless Router adalah komputer desktop mini tower dengan built in wireless LAN, sistem operasi windows 8 dan software virtual wifi router MyWifi Router versi 3.0. Hal ini mungkin juga terjadi jika menggunakan antivirus yang memiliki proteksi firewall dan juga mungkin akan berbeda jika menggunakan software virtual wifi router lainnya.

Demikian pengalaman saya dalam mengatasi virtual wifi router yang tidak bisa terhubung ke internet. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.
BERIKAN KOMENTAR ()