Kapan Harus Upgrade Komputer?

Kapan harus meng-Upgrade komputer? Pertanyaan ini sering kali saya pertanyakan karena saya juga menggunakan komputer PC dan juga laptop untuk menunjang pekerjaan dan kegiatan saya sehari-hari.

Tentunya keinginan untuk melakukan upgrade selalu muncul ketika ada rilis hardware terbaru. Tetapi tunggu dulu, tidak harus melakukan upgrade setiap kali hardware baru muncul. Jika melakukan itu, maka akan menghabiskan uang yang kita punya.

Sebenarnya da beberapa komdisi yang pertlu dipertimbangkan untuk menentukan kapan saat yang tepat untuk meng-upgrade komputer pc atau laptop.



Anda bisa mempertimbangkan upgrade komputer jika salah satu dari hal berikut ini terjadi:

1. Performa yang lambat

Jika komputer Anda membutuhkan waktu lama (loading-nya lama) saat menjalankan tugas sehari-hari atau aplikasi tertentu, itu mungkin merupakan tanda bahwa Anda membutuhkan upgrade.


2. Keperluan untuk aplikasi baru

Jika Anda ingin menjalankan aplikasi yang membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi, maka Anda mungkin membutuhkan upgrade. 


3. Kemampuan untuk gaming

Jika Anda ingin bermain game terbaru dengan kualitas grafik tinggi, maka Anda mungkin membutuhkan upgrade.


4. Kapasitas penyimpanan

Jika Anda merasa terbatas dengan kapasitas penyimpanan Anda, maka upgrade storage mungkin merupakan pilihan yang baik.


5. Usia komputer

Jika komputer Anda lebih dari 4-5 tahun, maka upgrade mungkin merupakan pilihan yang baik untuk mempertahankan performa dan kompatibilitas dengan perangkat lunak baru.

Saya bahkan pernah memiliki sebuah laptop yang saya gunakan selama hampir sepuluh tahun dan masih berfungsi. Hanya saja laptop tersebut sudah tidak kuat lagi menjalankan web browser versi terbaru. 

Jadi memang 4-5 tahun adalah waktu yang cukup tepat untuk melakukan upgrade karena perkembangan software yang membutuhkan kemampuan hardware yang lebih tinggi.


Kesimpulan

Hal yang perlu diingat, bahwa upgrade komputer PC ataupun laptop bukanlah kebutuhan untuk semua orang, tergantung pada apa yang Anda butuhkan komputer untuk melakukan. 

Jika Anda tidak memiliki masalah dengan performa atau kapasitas saat ini, maka anda tidak perlu melakukan upgrade.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama