Laptop 13 Inchi 8 jutaan, HP Pavilion 13-an1033TU

Laptop dengan desain ringkas sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Untuk itu banyak pabrikan laptop yang menyediakan laptop yang simple tipis dan ringan. Salah satu pabrikan laptop tersebut adalah HP. Kali ini HP memiliki produk yang simple tetapi memiliki fitur yang unggul dan juga harga yang cukup kompetitif.

Desain

Saat pertama melihat laptop ini, desainnya yang menarik memikat hati. Desainnya yang ringkas, warnanya yang mengkilap memang sungguh menarik mata untuk melihatnya.

Laptop ini menggunakan layar 13 inchi yang mana dimensi bodi juga tidak jauh dari dimensi layar tersebut. Dimensi bodi sekitar 31.1 x 21.1 x 1.54 cm, yang mana dengan ukuran tersebut laptop ini termasuk ramping atau tipis.

Jika dilihat secara keseluruhan, laptop ini terlihat cantik dan mewah. Ini adalah bagian yang saya suka. Dengan menggunakan laptop ini tidak perlu sungkan saat dibawa kerja ke kantor, nongkrong di cafe atau presentasi didepan klien.

Disamping terlihat mewah, laptop ini juga cukup slim dengan ketabalan bodi sekitar 15,4 mm. Meskipun slim, bodinya sudah cukup solid. Berat dari laptop ini juga cukup ringan yakni sekitar 1,3 Kg.

Dengan bodi yang tipis dan ringan ini maka akan lebih mudah jika ingin membawanya dan dimasukkan kedalam tas. Ya setidaknya tidak perlu memakan tempat yang besar dan luas, cukup dengan tas kecil saja. Bobot laptop ini tidak terlalu berat sehingga cocok jika digunakan bepergian alias mobile.

Yang menarik lagi adalah terdapatnya grill sound yang terletak di atas keyboard. Dengan menambahkan grill ini, HP Pavilion 13 ini lebih terkesan premium.

Sensor sidik jari teerdapat disamping kanan bodi. Sensor sidik jari ini tidak berada di bagian atas area keyboard atau touchpad. Hal ini membuat laptop ini terlihat rapi dan tetap simpel.

Kerampingan bodinya tidak membuat berkurangya port konektivitas. Pada sisi sebelah kanan terdapat sensor sidik jari (finger print sensor), Slot Kartu Memori SD, jack audio 3.5 mm, Port USB 3.1 gen 1 Type-C dan HDMI. Pada sisi sebelah kiri terdapat port USB gen1 type A sebanyak 2 buah.

Layar

Layar pada laptop ini sudah menggunakan panel layar IPS dengan resolusi Full HD. Dengan menggunakan panel IPS tentu saja gambar yang ditampilkan akan lebih baik dari segi view angle (sudut pandang) dari berbagai sisi jika dibandingkan dengan layar TN biasa. Dengan panel IPS ini tentunya warna yang ditampiklkan layar lebih tajam dan lebih cemerlang.

Satu lagi keunggulan dari layar laptop ini adalah sudah menggunakan layar sentuh (touch screen). Dengan layar sentuh ini akan lebih memudahkan melakukan navigasi.

Keyboard dan touchpad

Keyboard yang dihadirkan pada laptop ini sudah cukup baik dengan model chicklet. Ukuran tombol cukup besar dan memiliki jarak antar tombolnya sehingga lebih pas dan nyaman digunakan.

Yang paling penting adalah keyboard laptop ini sudah dilengkapi dengan backlit yang bisa diatur tingkat kecerahannya. Dengan begini tidak perlu khawatir mengetik di tempat yang gelap atau saat cahaya kurang.

Touchpad pada laptop ini sudah cukup lebar dengan dilengkapi tombol kanan dan kiri yang menyatu langsung dengan touchpad.

Performa

Dengan hanya menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-10 yakni Intel Core i3-1005G1 dan didukung RAM onboard sebesar 8GB, laptop ini tentunya bukan untuk digunakan sebagai laptop gaming, atau melakukan pekerjaan komputasi berat.

Yang menjadi perhatian adalah dengan penggunaan SSD 512 GB. Dengan kapasitas besar tentunya bisa lebih leluasa menyimpan data dengan lebih lega. Dengan menggunakan SSD akan membuat waktu booting sistem operasi dan loading time saat membuka aplikasi menjadi lebih cepat.

Satu hal yang sangat mencuri perhatian dari HP Pavilion 13-an1033TU adalah ruang penyimpanannya. Laptop ini membawa ruang penyimpanan SSD yang kapasitasnya 512 GB. Kapasitas SSD ini tergolong cukup besar di kelas harganya. Untuk hasil benchmark sebagai berikut.

Speaker pada laptop ini menggunakan sistem audio dari Bang & Olufsen yang sudah sangat baik. Suara yang dihasilkan lebih bertenaga dan juga tetap terdengar jernih. Tidak perlu diragukan lagi untuk digunakan sebagai sarana hiburan dalam menikmati konten multimedia.

Baterai

Prosesor laptop ini meggunakan intel core i3 10th gen yang memiliki TDP 15 Watt. Dengan begini maka konsumsi daya yang dibutuhkan juga tidaklah besar dan tergolong irit. Dari beberapa referensi yang kami dapatkan, laptop ini bisa bertahan sekitar 6 jam.

Satu hal penting lagi terkait dengan baterai ini ada pada pengisian daya yang tidak mendukung rapid charge atau quick charge sehingga pengisian daya tidak bisa secepat yang diharapakan.

Kesimpulan

Laptop ini ringkas, kecil, slim hanya 13 inchi dan juga dengan bobot yang ringan juga dengan desain yang terlihat premium. Terlihat keren dan mewah saat dibawa rapat, presentasi di depan klien, atau sekedar nongkrong.

Saya merasa laptop ini sudah lebih dari cukup untuk digunakan sebagai teman kerja baik dikantor, kampus, atau saat diperjalanan.

Sudah sangat cocok untuk menunjang produktivitas sehari-hari. Baterai life sekitar 6 jam cukup buat pekerjaan sehari-hari.

Layar yang sudah touchscreen dengan resolusi Full HD, Keyboard backlit, Fingerprint sensor, menjadi nilai tambah tersendiri bagi laptop ini dikelas harganya.

Yang perlu diperhatikan lainnya adalah RAM yang onboard sehingga kurang cocok bagi yang suka upgrade.

Spesifikasi

Operating system:Windows 10 Home Single Language 64

Prosesor: Intel® Core™ i3-1005G1 (1.2 GHz base frequency, up to 3.4 GHz with Intel® Turbo Boost Technology, 4 MB cache, 2 cores)

Memori: 8 GB DDR4-2666 SDRAM (onboard)Memory, Note: Transfer rates up to 2666 MT/s.

Storage: 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD

Layar:13.3" diagonal FHD IPS BrightView micro-edge WLED-backlit touch screen (1920 x 1080)

VGA:Intel® UHD Graphics

Ports: 1xUSB 3.1 Gen 1 Type-C™ (Data Transfer Only, 5 Gb/s signaling rate); 2xUSB 3.1 Gen 1 Type-A (Data Transfer Only); 1xAC smart pin; 1 xHDMI 1.4; 1xheadphone/microphone combo;

Slot Ekspansi: 1 multi-format SD media card reader

Audio features: B&O, dual speakers, HP Audio Boost

Webcam: HP Wide Vision HD Camera with integrated dual array digital microphone.

Pointing device: HP Imagepad with multi-touch gesture support

Keyboard: Full-size island-style natural silver backlit keyboard

Wireless: Intel® Wireless-AC 9560 802.11a/b/g/n/ac (2x2) Wi-Fi® and Bluetooth® 5 Combo. Wireless note: MU-MIMO supported; Miracast compatible

Power supply type: 45 W AC power adapter

Battery type: 2-cell, 37.7 Wh Li-ion

Energy Efficiency Compliance: ENERGY STAR® certified; EPEAT® Silver registered

Dimensions without stand (W x D x H): 31.1 x 21.1 x 1.54 cm

Berat: Mulai dari 1.3 kg

Security management: Kensington Nano Security Slot™; Fingerprint reader


Referensi

https://www.cpu-monkey.com/en/compare_cpu-intel_core_i3_1005g1-938-vs-amd_ryzen_5_2500u-773

https://www.notebookcheck.net/Intel-Core-i3-1005G1-Laptop-Processor-Ice-Lake.423869.0.html

https://store.hp.com/id-id/default/hp-pavilion-13-an1033tu-8tn70pa.html#additional

Belum ada Komentar untuk "Laptop 13 Inchi 8 jutaan, HP Pavilion 13-an1033TU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel