Tips Memilih Laptop Terbaik (Cara Memilih Laptop Terbaik) Sesuai Kebutuhan

Laptop, sebuah perangkat komputer yang portable mudah dipindakan mudah dibawa, ringan, tetapi tetap memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Dengan adanya kemudahan untuk dipindahkan, serta bobotnya yang ringan tanpa mengurangi kemampuan komputasinya maka laptop banyak diburu dan digunakan selain menggunakan desktop pc.

Laptop yang dibuat oleh produsen pembuat laptop memiliki berbagai macam merk, model dan tipe. Kenapa produsen membuat begitu banyak model, dan tipe yang berbeda? Karena kebutuhan setiap orang memang berbeda. Disamping itu kemampuan orang dalam membeli sebuah laptop juga berbeda-beda. Dengan kata lain, setiap model dan tipe laptop diperuntukkan untuk target pasar tertentu. 

Dalam membeli sebuah laptop bisa saja membeli dengan melihat dari modelnya saja atau dari spesifikasinya. Apakah hal ini akan sesuai dengan kebutuhan? Belum tentu. Terkadang kita tidak membutuhkan spesifikasi yang terlalu tinggi karena hanya untuk kebutuhan office saja atau bahkan spesifikasi yang dipilih malah terlalu rendah sehinga tidak bisa bekerja dengan nyaman menggunakan laptop tersebut.

Dengan banyaknya merk, model dan tipe laptop yang dipasarkan serta kebutuhan penggunaan yang berbeda akan sangat penting sekali bagi siapa pun yang akan membeli laptop untuk menyimak Tips Memilih Laptop Terbaik (Cara Memilih Laptop Terbaik) Sesuai Kebutuhan sehingga mendapatkan laptop yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. 

Berikut ini tips dan cara memilih laptop terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Cara memilih laptop #1 Kebutuhan Penggunaan

Mengetahui kebutuhan penggunaan terhadap laptop adalah yang paling utama. Apakah laptop yang akan dipakai adalah untuk penggunaan office saja atau memang membutuhkan kemampuan laptop untuk mengerjakan hal lain yang lebih berat misalnya game pc atau bahkan video editing.

Laptop untuk kebutuhan office akan sangat berbeda dengan laptop gaming. Hal ini memang spesifikasi pada laptop tersebut memang sangat berbeda terutama dari segi spesifikasinya. Demikian juga dengan harganya. Harga sebuah laptop gaming bisa sampai 10 kali lipat dibandingkan dengan laptop office. Akan sangat sayang sekali dan mubazir jika anda hanya butuh laptop office yang murah tetapi membeli sebuah laptop gaming yang anda sendiri sebenarnya tidak bermain game pc di laptop tersebut.

Seperti halnya pemilihan prosesor pada komputer pc, penggunaan sebuah laptop juga harus menggunakan prosesor yang sesuai. Salah satu kekuatan sebuah perangkat komputer adalah dari prosesor yang digunakan. Kebutuhan untuk mengerjakan dokumen office saja tentunya tidak membutuhkan spesifikasi prosesor yang terlalu tinggi. Dengan menggunakan prosesor yang rendah dan murah saja sudah bisa digunakan untuk menggunakan bekerja dengan aplikasi office.

Beberapa prosesor yang cukup mumpuni untuk digunakan menjalankan aplikasi office misalnya intel atom, celeron, pentium. Prosesor tersebut sangat cukup untuk digunakan menjalankan aplikasi office. Harga prosesor kelas intel atom, celeron dan pentium adalah yang paling hemat jika dibandingkan dengan kelas prosesor intel lainnya.

Jika selain bekerja dengan aplikasi office anda masih membutuhkan laptop anda untuk mengerjakan sesutu yang lain misalnya desain, game, editing video maka anda harus memilih yang lebih dari prosesor tersebut. Untuk kebuutuhan edit gambar ringan atau desain gambar ringan, maka penggunaan prosesor intel sekelas core i3 atau core i5 sudah lebih dari cukup. Tetapi hal penting lainnya adalah cek kebutuhan minimal sistem untuk menjalankan software yang akan digunakan dengan spesifikasi laptop. Apakah prosesor yang digunakan sudah sesuai dan juga kesesuaian hardware lainnya. 

Gaming, Graphic Desain, Video Editing membutuhkan kemampuan prosesor yang lebih kuat dan juga kemampuan grafis yang lebih dari biasanya. Untuk itu bisanya produsen laptop sudah membuat laptop dengan spedifikasi untuk gaming dengan prosesor dan kartu grafis yang lebih bagus. Selain prosesor dan kartu grafis, penggunaan beberapa hardware lainnya juga menjadi lebih baik misalnya ram yang sudah 8 Gb atau lebih. Storage dengan menggunakan SSD, dll. 

Cara memilih laptop #2 Model, Desain

Desain ini penting dan utama menurut saya. Beberapa merk membuat laptopnya dengan desain yang berbeda. Lekukan pada sudut laptop, ketebalan laptop, bahan yang digunakan apakah plastik atau metal, ukuran layar, berat laptop adalah faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih sebuah laptop.

Beberapa orang tidak masalah dengan laptop yang sedikit tebal dan sedikit lebih berat asalkan mendapatkan spesifikasi hardware yang lebih baik. Sebagian orang lagi lebih memilih laptop yang lebih tipis dan mudah dibawa dan tidak berat.

Saat ini laptop dengan desain yang tipis menjadi daya tarik tersendiri. Disamping tipis laptop tersebut juga ringan dan menggunakan bahan metal. Dengan begini tampilan laptop akan menjadi lebih ringkas dan ringan dan juga elegan. Beberapa laptop tipis juga menggunakan material plastik sehingga harganya lebih murah.

Kembali lagi ke kebutuhan. Apakah anda akan sering membawa laptop untuk traveling, atau bekerja diluar kantor atau hanya untuk bekerja di kantor dan dirumah saja. 

Cara memilih laptop #3 Sistem Operasi

Sistem operasi dalam sebuah laptop atau komputer pada umumnya perlu diperhatikan. Kembali lagi ke masing-masing pengguna, apakah membutuhkan sistem operasi tertentu untuk menunjang pekerjaannya. Perlu diketuahui sistem operasi pada komputer ada beberapa macam diantaranya Windows, Linux, MacOS. 

Secara umum sistem operasi yang paling dikenal dan banyak digunakan adalah sistem operai windows. Sistem operasi ini sangat mudah ditemui pada setiap laptop, komputer PC, baik itu di rumah, sekolah atau di kantor. Sistem operasi widows ini tidak gratis, dibutuhkan beberapa juta rupiah untuk mandapatkan sistem operasi windows yang asli. Sistem operasi Windows terbaru saat ini adalah Windows 10. Silahkan cek harga di Microsoft Store.

Jika anda memilih menggunakan sistem operasi microsoft windows 10 tetapi juga ingin tetap berhemat (mendapatkan harga murah), ada pilihan hemat yakni dengan membeli Laptop yang sudah ada sistem operasi yang sudah tertanam didalamnya. Ya sangat hemat cukup membeli laptop yang sudah lengkap dengan sistem operasinya. Harganya bisa lebih murah setengahnya daripada membeli sistem operasi terpisah. Hanya saja sistem operasi ini lisensinya tidak bisa dipindahkan dari laptop ke perangkat komputer lainnya. Setidaknya dengan begini anda tidak perlu ribet menginstal sistem operasi lagi.

Untuk pengguna laptop yang sudah biasa menggunakan sistem operasi linux, maka perlu diperhatikan adalah kompatibilitas laptop yang akan dibeli dengan sistem operasi linux yang akan digunakan. Terkadang untuk laptop keluaran terbaru tidak dapat di-instal sistem operasi linux, perlu beberapa waktu untuk pengembang linux untuk mendevelop linux agar bisa diinstal dan berjalan di laptop keluaran baru.

Dalam memilih laptop yang akan digunakan dengan memasangkan sistem operasi linux, disini pengguna bisa memilih untuk membeli laptop tanpa sistem operasi alias kosongan saja. Dengan laptop yang tidak ada sistem operasinya ini bisasanya harga yang diberikan juga lebih murah jika dibandingkan dengan laptop yang sudah tertanam sistem operasi windows original.

Seandainya tetap membutuhkan sistem operasi windows selain linux, maka membeli laptop yang sudah terinstal windows original sangat disarankan kemudian instal linux di laptop tersebut sehingga anda memiliki sistem operasi windows dan linux di dalam satu laptop (dua boot).
 

Cara memilih laptop #4 Fitur Keamanan

Laptop saat ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan. Tidak hanya memasukkan password saat login screen tetapi saat ini beberapa laptop sudah dilengkapi dengan fingerprint sensor. Seperti menggunakan smartphone android yang memiliki fingerprint sensor. Dengan demikian maka tidak setiap orang bisa mengakses, membuka laptop.

Cara memilih laptop #5 Harga

Harga menjadi pilihan yang paling penting disini. Jumlah uang yang harus dibayarkan menjadi batasan dalam memilih laptop. Semakin baik, memilki fitur unggulan tertentu yang tidak dimiliki laptop lain, maka akan menjadikan sebuah laptop tersebut menjadi lebih mahal. Ada uang ada barang. Dengan membayar lebih mahal maka laptop yang didapatkan pun lebih baik.

 

Kesimpulan

Memilih produk apapun khususnya laptop, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui kebutuhan anda dulu. Akan melakukan apa dengan laptop tersebut. Apakah dengan membeli laptop tersebut akan meningkatkan produktifitas. Kebutuhan anda tersebut akan berpengaruh ke spesifikasi yang akan dipilih. Pilih desain atau model laptop karena dapat menambah rasa percaya diri dalam menggunakan laptop tersebut. Tidak hanya mementingkan spesifikasi dan fungsi, faktor style dan estetika juga perlu diperhatikan. Pilih sistem operasi apakah akan menggunakan windows atau menggunakan linux. Apakah memerlukan fitur keamanan tertentu menggunakan fingerprint sensor misalnya. Dan yang terakhir adaah harga, apakah sesuai dengan kondisi keuangan kita.

Demikian tips dan cara memilih laptop terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Tips dan cara memilih laptop ini berdasarkan pengalaman pribadi saya. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat.
BERIKAN KOMENTAR ()