Menginstall Firefox Quantum di Linux Voyager Debian 9



Menginstall Firefox Quantum di Voyager Linux Debian 9. Sistem operasi yang saya gunakan adalah sistem operasi linux. Tepatnya Voyager Debian 9 Stretch. Ada alasan tertentu kenapa saya menggunakan sistem operasi ini. Dalam sistem operasi tersebut sudah disediakan browser untuk menjelajahi internet hanya saja browser yang digunakan belum update (terbaru). 

Beberapa waktu yang lalu mozilla merilis browser firefox yang terbaru yakni firefox quantum. Browser yang terbaru ini diklaim lebih baik dari segi kecepatan, tampilannya dan resource yang digunakan juga lebih rendah. Saya juga melihat beberapa review tentang keunggulan Firefox terbaru ini.

Firefox merupakan browser yang cukup cepat saat digunakan untuk menjelajah di dunia maya. Saya juga menggunakannya pada komputer di kantor yang menggunakan sistem operasi windows. Bahkan saya juga meggunakannya di versi mobile untuk smartphone android.

Langsung saja, untuk mendapatkan firefox quantum silahkan langsung ke website resminya atau bisa juga Download Disini. File yang didownload ini adalah versi yang beresktention tar.bz2 yang mana bukan file deb yang biasanya digunakan pada paket aplikasi untuk ubuntu dan debian. Dengan kondisi ini maka kita harus menginstalnya secara manual.

Untuk menginstal firefox quantum di linux sebenarnya cukup mudah.

  1. download file tarball-nya.
  2. Setelah di download file tarball (tar.bz2) firefox-nya kemudian ekstrak maka akan ada folder "firefox"
  3. kopi folder hasil ekstrak tersebut ke folder /opt.
  4. masuk ke/opt/firefox
  5. setelah itu akan ada file firefox
  6. eksekusi dengan klik 2 kali.
  7. firefox quantum akan berjalan.

Agar lebih mudah untuk diakses, saya membuat shorcut-nya di desktop atau bisa juga di panel XFCE. Untuk membuat shortcutnya di dekstop, klik kanan pada desktop dan create launcher. Isikan Nama Launchernya, dan isikan perintahnya "/opt/firefox/firefox".

Demikian cara Menginstall Firefox Quantum di Linux Voyager Debian 9. Langkah intalasinya tidak terlalu sulit bukan?. Ikuti saja step by step-nya. Semoga berhasil.

Selamat mencoba.

Referensi:
https://unix.stackexchange.com/questions/395316/install-firefox-quantum-in-debian-9-stretch
https://itsfoss.com/firefox-quantum-ubuntu/
http://xmodulo.com/create-desktop-shortcut-launcher-linux.html


BERIKAN KOMENTAR ()