Prosesor AMD 4500 Saat ini Murah dan Layak Menjadi Incaran


Bagi yang suka rakit PC atau yang menyukai dunia PC, tentunya prosesor menjadi komponen penting yang tidak bisa abaikan. 

Seringkali prosesor menjadi komponen pertama yang perlu dipertimbangkan. Seringkali yang saat merakit PC yang pertama kita sebutkan adalah prosesornya apa. Baru kemudian ke komponen lainnya seperti RAM, Storage, dll.

Kali ini saya akan membahas sebuah prosesor yang mungkin sudah ketinggalan tetapi mungkin bagi sebagian orang akan masih sangat berguna.

Bagi kaum mendang mending yang masih bingung dengan memilih prosesor apa untuk rakit pc di tahun 2024, ada salah satu prosesor yang layak untuk dipertimbangkan, AMD Ryzen 4500.

AMD Ryzen 4500

AMD Ryzen 4500 adalah prosesor desktop 6-core 12-thread yang diluncurkan pada tahun 2020. Prosesor ini didasarkan pada arsitektur Zen 2 dan diproduksi dengan teknologi manufaktur 7nm TSMC FinFET. Prosesor ini diluncurkan pada tahun 2022 yang lalu. Saat ini masih tersedia di beberapa lokapasar dengan harga yang sudah turun jauh dari harga awal rilisnya.

Spesifikasi singkat prosesor AMD Ryzen 4500

  • Core dan Thread: 6 core dan 12 thread
  • Kecepatan Clock: Base clock 3.6 GHz, Boost clock hingga 4.1 GHz
  • Cache: 384KB L1 cache, 3MB L2 cache, 8MB L3 cache
  • Socket: AM4
  • TDP: 65W


Digunakan untuk apa Prosesor AMD Ryzen 4500

AMD Ryzen 4500 sangat cocok untuk berbagai macam pekerjaan. Khususnya untuk multitasking.

Komputasi Umum

Menjelajahi web, menggunakan spreadsheet, dan aplikasi office lainnya.  

Multitasking

Menjalankan beberapa program secara bersamaan, seperti membuka banyak tab browser, mengedit dokumen, dan streaming musik.  

Game ringan

Bermain game ringan seperti Dota 2, League of Legends, CS:GO, dll. Tentu saja performa dan kenyamanan bermain game tergantung dengan VGA Card yang digunakan. 

Multimedia

Menonton video, streaming film dari youtube, netflix, dll, dan editing foto.  

Kenapa memilih AMD Ryzen 4500

Ada alasan tersendiri kenapa prosesor ini layak untuk di pilih

Harga terjangkau

Saat ini harga prosesor ini sudah cukup terjangkau sekitar 1 jutaan rupiah. Satu jutaan kecil ya tidak sampai satu setengah juta. Dengan harga segini saya rasa cukup layak untuk dibeli.

Performa

Dari spesifikasi yang tercantum, prosesor ini memiliki 6 core dengan 12 Thread. Dengan jumlah core dan thread yang banyak akan lebih mumpuni untuk diajak multitasking beberapa pekerjaan sekaligus.

Ada kalanya mengerjakan pekerjaan office, tetapi sambil menonton video, mendengarkan berita atau juga sambil mendesain gambar. Dengan jumlah core yang banyak maka tidak akan menjadi masalah membuka aplikasi bersamaan.

3 Hemat Daya

Prosesor AMD Ryzen 4500 ini hanya memiliki TDP 65W. Dengan begiini maka kebutuhan daya akan lebih rendah sehingga bisa lebih menghemat biaya listrik.

Hal yang perlu diperhatikan

Dalam mempertimbangkan untuk membeli prosesor ini, ada beberapa catatan yang bisa menjadi bahan pertimbangan tambahan.

Sudah tertinggal beberapa tahun

Jika memutuskan untuk menggunakan prosesor AMD Ryzen 4500, maka yang perlu dipertimbangkan adalah usia prosesor ini. Saat ini sudah ada beberapa prosesor yang lebih baru dengan selisih harga yang lumayan tidak jauh. Untuk itu perlu dipertimbangkan lebih matang sebelum memilih prosesor ini.

Tidak Memiliki VGA Card Terintegrasi

JIka menggunakan prosesor ini pastikan sobat tekno telah memiliki VGA Card. Hal ini dikarenakan prosesor AMD Ryzen 4500 ini tidak memiliki VGA Card terintegrasi. 

Pengunaan RAM dan SSD

Penggunaan RAM dan SSD juga akan mempengaruhi kecepatan dan kenyamanan dalam melakukan multitasking. RAM yang besar 16-32 GB dan menggunakan SSD akan lebih disarankan.

Kesimpulan

AMD Ryzen 4500 adalah prosesor yang masih kuat, hemat daya, dan terjangkau. Ini adalah pilihan yang pas untuk pengguna yang mencari prosesor yang dapat menangani berbagai tugas sehari-hari dengan harga yang terjangkau.


Referensi

Situs web AMD: https://www.amd.com/en.html

Techopedia: https://www.techopedia.com/

Tom's Hardware: https://www.tomshardware.com/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama