Memilih Laptop Notebook Murah untuk Keperluan Office


Dalam menunjang aktivitas dalam pekerjaan kantor ataupun mengerjakan tugas sekolah atau membuat makalah, skripsi dan lain-lainnya. Maka akan membutuhan sebuah laptop atau notebook. Tetapi laptop yang seperti apakah yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut? Spesifikasi yang bagimana yang mampu menjalankan kebutuhan tersebut? Sebelumnya saya sudah pernah posting artikel tentang tips memilih laptop tebaik sesuai kebutuhan.


Keperluan office yang bagaimanakah yang dikerjakan? Beberapa kegiatan office yang sering saya kerjakan dan paling sering saya buka di laptop adalah sebagai berikut.
  1. Dokumen word
  2. Spreadsheet excel
  3. Power point
  4. Pdf Reader
  5. Convert file to pdf
  6. Edit Pdf
  7. Editing photo pass photo, adding text to photo, cropping, resizing.
  8. Statistic Analysis dengan SPSS
  9. Browsing
  10. Memutar musik
  11. Nonton film/youtube

Pembahasan laptop kali ini hanya membahas tentang spesifikasi minimal apa yang perlu diperhatikan agar bisa tetap lancar mengerjakan beberapa tugas dan pekerjaan yang telah saya sebutkan di atas. Tentunya Anda tidak akan mengerjakan semua hal yang saya tuliskan di atas dan mungkin yang anda kerjakan hanya beberapa saja misalnya sambil membuat power point dan mendengarkan musik, serta membuka dokumen words, pdf dan juga membuka browser internet. 

Memilih prosesor yang akan digunakan dalam sebuah laptop office tentunya berbeda dengan prosesor untuk gaming dan video editing. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada harga yang harus Anda bayar dan kemampuan sebuah laptop notebook itu sediri. Tidak dapat dipungkiri semakin tinggi spesifikasi prosesornya maka akan semakin mahal juga harganya. Harga mahal adalah suatu kelemahan untuk para pengguna laptop dengan budget terbatas.

Beberapa produk laptop dengan prosesor sekelas intel atom dan intel celeron merupakan “batas bawah” untuk mengerjakan pekerjaan office ini. Prosesor sekelas ini memang murah dan dengan fitur dan kemampuan yang terbatas juga tentunya. Meskipun memiliki kemampuannya yang terbatas, untuk penggunaan kantoran, prosesor ini sangat baik menjalankan software-software untuk pekerjaan office.

Saat digunakan untuk multitasking, misalnya membuka beberapa pekerjaan dokumen, spreadsheet, power point, buka email dan mendengarkan musik, masih bisa dijalankan dengan cukup baik. 

Satu hal lagi yang juga penting yakni RAM atau memori. Memori merupakan tempat atau ruangan yang nantinya akan digunakan oleh sistem utuk menjalankan aplikasi office yang dibuka. Semakin banyak aplikasi yang dibuka, maka semakin besar pula penggunaan RAM atau memori-nya. 

Dalam melakukan pekerjaan office biasanya cenderung untuk membuka beberapa aplikasi atau software office. Saat mengerjakan dokumen word mungkin juga dibarengi dengan membuka browser inernet, membuka email, dan juga mendengarkan file audio.

Bagaimana dengan kemampuan gaming untuk laptop  office? Apakah akan bisa digunakan untuk bermain game? Tentunya laptop kelas ini tidak direkomendasikan untuk bermain game. Jika ingin bermain game tentunya harus menggunakan prosesor yang lebih dari ini. Anda bisa membeli laptop gaming atau mungkin merakit PC Gaming anda sendiri.

Dengan membuka aplikasi secara bersama-sama maka akan memakan ruang memori atau RAM sehingga diperlukan RAM yang lebih besar. Untuk saat ini RAM atau memori minimal yang dibutuhkan adalah 4 GB. Bagaimana dengan RAM yang hanya 2 GB? Tentu saja masih bisa digunakan tetapi nantinya tidak bisa nyaman saat membuka banyak aplikasi atau akan menurunkan performa laptop jika memori yang hanya 2 GB telah penuh. Untuk saat ini tidak merekomendasikan ram yang hanya 2 GB sebaiknya pilih yang 4GB atau lebih.

Tidak hanya ukuran RAM atau memori yang minimal 4 GB, tetapi ada satu hal penting lagi dan layak dijadikan pertimbangan saat memilih sebuah laptop, meskipun ini hanya laptop office yang murah. Hal penting tersebut adalah ketersediaan slot ram yang bisa ditambah atau diganti sehingga total ram menjadi lebih besar dari sebelumnya. Biasanya untuk memperbesar kapasitas RAM adalah dengan menggunakan slot memori RAM yang telah disediakan. Biasanya ada dua slot ram yang satunya masih kosong dan siap untuk ditambahkan sehingga kapsitas ram menajadi lebih besar. 

Pada beberapa laptop juga ada yang tidak bisa dilakukan penggantian atau pemambahan keping ram karena ram pada laptop tersebut telah di solder ke motherboard-nya dan juga tidak disediakan slot tambahan untuk upgrade. 

Kesimpulannya.
Mau murah? tidak apa-apa menggunakan laptop dengan prosesor intel atom atau celeron tetapi gunakan yang versi terbaru. Cari laptop dengan kapasitas RAM 4 GB minimal. Jika bisa carilah yang slot RAM-nya bisa diganti atau bisa ditambahkan keping ramnya sehingga bisa menambah kapasitas memori. Oh iya pastikan juga prosesor yang digunakan juga mendukung untuk ram dengan kapasitas tersebut.
BERIKAN KOMENTAR ()