Cara Mendinginkan Komputer PC

Komputer yang sedang digunakan beberapa lama tiba-tiba saja melambat dan mejadi lemot. Padahal tadi saat digunakan tidak ada masalah. Dan juga menjadi lebih panas tidak seperti waktu awal beli komputer. Apakah yang terjadi? 

Satu hal penting yang harus disadari oleh pengguna komputer adalah komputer dan panas merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dipisahkan, apalagi dengan jangka waktu pemakaian yang lama. Dengan adanya peningkatan panas yang berlebihan akan berdampak pada kinerja komponen yang ada pada komputer sehingga dapat menurunkan performa komputer anda sehingga kinerjanya pun akan semakin menurun.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara untuk mendinginkan komputer anda. 
1. Berikan ruang yang bebas pada sekitar casing PC
Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan komputer anda ruang yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Misalnya di atas meja yang disekitarnya masih ada ruang kosong atau setidaknya tidak menghambat ventilasi dari casing pc tersebut. 

Pada intinya, aliran udara disekeliling casing komputer harus dapat mengalir dengan lancar dan bebas. Pastikan juga bagian kiri dan kanan, terutama bagian belakang casing komputer dan juga bagian ventilasi lainnya bebas dan tidak terhalangi oleh benda-benda lain.

2. Bersihkan dari debu.
Cara selanjutnya adalah bersihkan bagian dalam casing komputer secara periodik, mungkin sebulan sekali. Bersihkan debu-debu yang menempel di bagian luar khususnya pada bagian ventilasi juga pada bagian dalam komputer teruma pada kipas pendingin. Bersihkan dengan menggunakan kuas atau lap pembersih. Debu yang menempel pada komponen-komponen komputer, misal chipset, heatsink, akan menghalangi pelepasan panas. 

Pada kipas pendingin  biasanya debu yang tebal menempel dan mengendap pada bagian baling-baling. Dengan debu yang tebal ini, akan dapat menghalangi kecepatan putaran kupas pendingin tersebut sehingga akan mengurangi kecepatan aliran udara yang tentunya akan membuat proses pendinginan tidak maksimal.

3.Tambahkan kipas casing PC
Anda juga boleh menambah kipas dalam casing komputer anda jika masih ada ruang yang mencukupi untuk dipasang kipas tambahan. Anda bisa menambahkan kipas pada bagian depan casing, bagian belakang casing dan juga pada bagian atas casing sesuai dengan desain dan jenis casing pc yang digunakan. 

Kipas dibagian belakang untuk biasanya menghisap udara keluar dari casing sedangkan yang di depan untuk menghisap udara masuk ke dalam casing. Dengan menambahkan kipas pendingin pada casing diharapkan udara panas yang terperangkap didalam casing bisa mengalir keluar dengan cepat. Hal ini akan memberikan aliran udara yang baik dalam casing PC sehingga dapat menurunkan suhu di dalam casing PC.

4. Letakkan di ruang ber-AC
Yang terakhir adalah dengan menggunakan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) pada ruangan dimana anda meletakkan komputer. Dengan menggunakan AC, udara akan menjadi lebih dingin dan secara otomatis akan membantu pendinginan pada komputer.

Demikian cara mendinginkan komputer PC. Dengan melakukan beberapa cara ini semoga suhu komputer pc bisa tetap dingin setidaknya tetap terjaga dan stabil dan tidak meningkat secara signifikan sehingga komputer PC tetap bisa digunakan lebih lama tanpa ada penurunan performa.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama