Cara Memilih Casing PC (Memilih Casing Komputer) Untuk Rakit PC

Cara memilih casing PC (memilih casing komputer). Casing komputer adalah hardware terbesar dan paling terlihat dari luar. Saat rakit pc baik itu rakit pc gaming atau rakit pc video editing atau rakit pc untuk keperluan lainnya, tentu saja tetap harus mempertimbangkan casing komputer yang akan digunakan.

Dengan semakin banyaknya variasi casing komputer yang ada, akan sangat menguntungkan bagi siapa saja yang akan membangun sebuah PC rakitan. Semakin banyak variasi produk yang ada di pasar maka pilihan casing komputer pun akan semakin beragam. Perlu diingat dalam memilih casing komputer untuk kebutuhan rakit pc ini, tentunya perlu diperhatikan yang sesuai kebutuhan. 

Sebelum memilih casing komputer, perlu diketahui beberapa jenis casing komputer atau bisa dibilang standar casing komputer. Ada tiga standar casing komputer yang umum di pasaran adalah desktop, mini tower, middle tower, dan full tower. Biasanya casing komputer yang banyak dijumpai di kantor, di warnet atau di sekolah adalah yang berjenis Middle atau Full Tower. 

Langsung saja, beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah casing komputer agar mendapatkan casing komputer yang tepat dan sesuai sebagai berikut. 

1. Desain atau Bentuk Luarnya

Desain, model, atau bentuk luar dari sebuah casing komputer menurut saya adalah hal yang penting bahkan terpenting. Desain bentuk casing komputer ini saya posisikan diurutan pertama karena desain sebuah casing komputer nantinya akan memberikan kesan tertentu. Beberapa casing komputer memberikan kesan yang berbeda-beda sesuai dengan desain dan model masing-masing casing komputer tersebut. 




Beberapa casing komputer tampil dengan desain yang futuristik dengan lekukan tegas yang memberikan kesan bahwa casing komputer ini berasal dari masa depan. Biasanya juga tampil mirip seperti robot atau terkesan seperti robot. Selain itu ada juga casing komputer yang memiliki desain sederhana dan elegan. Dengan desain yang seperti ini tentunya akan memberikan kesan ringkas, sederhana dan tidak bertele-tele.  

Ada juga beberapa desain model dan bentuk casing komputer lainnya yang bisa dijadikan pilihan. Saat ini sedang tren casing komputer dengan side window tempered glass. Casing komputer yang pada bagian sampingnya ada kaca transparannya sehingga bisa melihat jeroan komputer tersebut. Dengan bagian samping transparan akan sangat keren bila dipadukan dengan lampu LED yang nyala-nyala. Apapun model dan bentuk desain casing komputer, silahkan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan keingingan anda.  

Sekali lagi, pemilihan bentuk casing ini penting karena anda akan melihat setiap hari PC rakitan anda setiap hari. Jangan sampai karena bentuk casing komputer yang jelek atau tidak sesuai dengan harapan anda membuat anda menjadi terganggu dan atau tidak mood untuk berkreasi, berkarya dan bekerja dengan PC Rakitan yang telah dirakit. 

2. Ukuran Casing Komputer

Ukuran casing komputer sebenarnya masih berhubungan dengan model desain dan bentuk casing komputer. Saat menentukan desain dan model casing komputer tentunya tidak akan terlepas dari ukuran casing komputer. Pemilihan ukuran casing komputer juga akan mempengaruhi penggunaan komponen yang ada di dalam casing komputer khususnya motherboard.  

Dengan menggunakan ukuran casing yang besar tentunya area di dalam casing komputer akan terasa lebih luas dan biasanya lebih muat untuk banyak komponen komputer. Ukuran casing komputer ini juga handaknya disesuaikan dengan tempat dimana anda nantinya meletakkan perangkat komputer PC yang telah di rakit. Jangan sampai anda salah memilih ukuran casing kompter yang besar tetapi meja tempat anda meletakkannya tidak muat. 

Dengan memilih casing komputer yang lebih besar tentunya tingkat kesulitan dalam pemasangan komponen dalam PC akan sedikit berkurang jika dibandingkan dengan casing komputer yang lebih kecil. Tetapi jika anda memilih casing komputer yang berukuran kecil mini tower misalnya, tidak akan menjadi masalah jika memang casing komputer ukuran itu yang anda butuhkan.  

Ukuran casing komputer ini juga perlu disesuaikan dengan penggunaan komponen komputer lainnya. Penggunaan motherboard membutuhkan kesesuaian dengan luas area yang ada di dalam casing komputer. Casing komputer dengan ukuran tertentu juga akan mendukung motherboard ukuran tertentu. Jika menggunakan casing komputer ukuran mini tower mungkin Anda tidak akan bisa menggunakan motherboard dengan ukuran ATX.  

Penggunaan kartu grafis (vga card) juga perlu diperhatikan. Seberapa panjang ukuran (dimensi) dari kartu grafis yang akan digunakan? Apakah casing komputer mampu memuat kartu grafis tersebut? Lihat ukuran kartu grafis yang akan dipakai dan cocokkan dengan ukuran panjang casing komputer apakah akan mampu menampung kartu grafis yang akan dipakai. 

3. Manajeman kabel

Memang perlu sedikit ketelatenan saat memasang komponen komputer ke dalam casing komputer yang berukuran kecil salah satu hal yang penting adalah manajemen kabel di dalam casing PC. Manajemen kabel ini penting tidak hanya untuk casing komputer ukuran kecil tetapi juga pada casing komputer ukuran besar (tower). Manejemen kabel ini akan berkaitan dan berpengaruh pada aliran udara di dalam casing komputer

Selain berhubungan kelancaran air flow di dalam casing komputer, manajemen kabel juga menyangkut soal estetika. Estetika ini mempengaruhi dengan apa yang ditampilkan, apa yang terlihat dari casing komputer. Apalagi saat ini sedang tren casing komputer dengan bagian samping yang transparan dengan menggunakan tempered glass. Dengan menggunakan casing komputer yang bagian sampingnya terlhat maka bagian dalam casing komputer akan terlihat dengan jelas. Jika bagian dalam casing komputer rapi, maka akan menambah keindahan dari komputer anda.

Memilih casing komputer juga harus yang mendukung untuk pengaturan kabel di dalam casing komputer. Menggunakan casing komputer yang memiliki PSU cover aka sangat membantu dalam hal manajemen kabel dan estetika karena dengan menggunakan casing komputer yang telah memiliki PSU cover ini, akan membantu menyembunyikan keruwetan kabel power supply apalagi jika memilih menggunakan power supply non modular. 

4. Optical Drive Bay

Ada tidaknya slot optical drive (CD/DVD drive) pada sebuah casing komputer tentunya tergantung dari kebutuhan Anda sendiri. Apakah anda memerlukan menggunakan DVD drive? Beberapa orang sudah tidak terlalu sering menggunakan DVD drive lagi atau bahkan bisa dikatakan sudah tidak butuh. 

Teknologi saat ini sudah sangat memudahkan penyimpanan dan pemindahan data. Bahkan data dalam jumlah besar pun sudah tidak menjadi masalah. Pemindahan data yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan usb flash drive atau menggunakan hard drive portable untuk melakukan back up data. Bahkan juga menggunakan cloud storage, google drive atau dropbox untuk menyimpan semua file secara online.  

Semuanya kembali lagi pada kebutuhan. Seberapa sering anda akan melakukan transfer data dengan menggunakan optical drive akan menjadi sesuatu hal penting dalam memutuskan memilih casing komputer yang akan digunakan. 

5. Case Fan Slot (tempat kipas tambahan)

Dalam memilih sebuah casing komputer, hal penting lainnya yang harus dipertimbangkan adalah ada tidaknya tempat untuk kipas casing tambahan. Keberadaan kipas casing tambahan ini penting dalam hal mengatur aliran udara dalam casing sehingga bisa memaksimalkan proses pendinginan komputer khususnya udara di dalam casing komputer. 

Seacra umum, saat membeli casing komputer, biasanya sudah termasuk dengan satu buah fan (kipas) pada bagian belakang. Kipas tersebut berfungsi untuk menarik udara di dalam casing komputer menuju keluar casing komputer. Terkadang penggunaan kipas ini masih dirasa kurang sehingga perlu ditambahkan kipas lainnya. Pemasangan kipas tambahan ini pun bisa disesuaikan dengan rancangan pola aliran udara di dalam casing komputer yang akan digunakan, apakah menggunakan tekanan negatif, atau positif. 

6. Front Panel (Panel Depan)

Bagian penting yang sering terlupakan, panel depan yang berisikan port usb, port audio yang bisanya terdiri dari port speaker dan port microphone, tombol power, tombol reset dan lampu indikator. Bagian ini merupakan bagian yang sebenarnya paling sering diakses. Saat menyalakan komputer, menancapkan usb flash disk dan melihat aktifitas hard drive melalui lampu indikator. 

Letak front panel ini juga perlu diperhatikan apakah terletak disebelah atas, sebelah bawah atau pada bagian samping kanan atau samping kiri. Kemudahan dalam menjangkau front panel ini perlu dipertimbangkan karena juga berpengaruh dengan peletakan perangkat komputer nantinya. Apakah komputer akan diletakkan di atas meja, di bawah meja atau lantai.  


Jumlah port usb di front panel juga menjadi perhatian penting. Berbagai macam variasi jumlah port disediakan pada berbagai macam casing komputer. Biasanya ada 2 port usb di bagian depan casing komputer. Port usb yang disediakan juga ada dua tipe yakni usb tipe 2.0 dan usb tipe 3.0. Terkadang juga ada casing komputer yang hanya menyediakan port usb 2.0 saja. Kembali lagi kepada apa yang Anda butuhkan baik jumlah port usb dan tipe usb yang harus ada di panel depan. 

7. Brand

Salah satu acuan dalam membeli sebuah produk adalah brand. Memang tidak mutlak saat memilih suatu produk berdasarkan suatu brand tetapi brand akan memudahkan kita mengenali suatu produk. Banyak sekali brand yang menyediakan produk casing komputer dengan beragam jenis dan tipe. Dalam memilih produk tidak masalah memilih brand dengan nama besar atau brand yang biasa-biasa saja. 

Untuk menentukan brand mana yang akan dipilih dalam memilih casing komputer, rekomendasi saya adalah carilah brand yang konsisten dalam memproduksi casing komputer. Biasanya mereka memiliki beberapa produk dan juga beberapa tipe casing komputer. Cek saja di internet apakah mereka punya website resmi yang memaparkan produk casing komputer yang mereka buat. 

Cek beberapa brand kemudian pilih produk casing komputer yang Anda sukai, bandingkan dengan produk serupa dengan brand yang berbeda. Jangan lupa lihat spesifikasi produk dari brand yang Anda pilih tersebut. Pastikan anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam merakit pc nantinya.

8. Pengalaman Pengguna Lain (Review)

Pengalaman pengguna lain juga layak untuk dipertimbangkan. Pengalaman adalah berharga merskipun bukan pengalaman kita secara langsung. Pengalaman pengguna biasanya dituangkan dalam suatu artikel review yang ditulis di blog atau website. Bisa juga pengguna suatu produk memberikan review tentang pengalaman pembelian dan pengalaman penggunaan produk tersebut di halaman komentar dimana pengguna tersebut membeli barang. Selain dalam bentuk tertulis, ada juga yang memberikan review produk melalui video youtube.  

Informasi yang bisa didapatkan dari membaca pengalaman pengguna lain biasanya adalah mengenai kemasan produk, tampilan luar, ukuran, kelengkapan paket pembelian, finishing cat, harga ,dll. Yang terpenting disini dapatkan informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sehingga bisa menguatkan memilih dan membeli casing komputer tersebut. 

9. Budget (Uang)

Saat membeli suatu produk atau barang tentunya harus menggunakan uang. Besaran dana yang disediakan untuk membeli casing pc inilah yang juga akan menjadi batasan dalam memilih casing komputer. Biasanya semakin mahal suatu produk casing komputer, tentunya akan semakin baik produk tersebut baik dari segi kualitas dan desainnya. 

Dalam memilih casing komputer, perlu disiapkan beberapa pilihan produk terlebih dahulu baik dari segi brand, tipe casing, dan juga dalam hal anggaran. Menjadi suatu keharusan untuk menyiapkan beberapa alternatif pilihan karena kemungkinan anggaran yang disediakan tidak mencukupi sehingga masih bisa beralih ke produk casing komputer lainnya.

Demikian cara memilih casing komputer yang baik yang sesuai dengan pengalaman saya saat rakit PC gaming AMD. Semoga dapat memantapkan dan memberi informasi yang bermanfaat dalam memilih casing komputer untuk rakit PC.
BERIKAN KOMENTAR ()