Printer Canon IP2770 mengalami Error B200, Bagaimana Cara Mangatasinya?

Printer Canon IP2770 merupakan salah satu andalan saya dalam kegiatan saya sehari-hari di kantor. Keunggulan printer ini yang paling saya sukai adalah kecepatan mencetaknya yang menurut saya sangat cepat dan juga bandel saat mencetak beratus-ratus halaman. Dan yang paling penting dari sebuah printer adalah bisa diisi ulang (refill). Cara Isi Ulang (Refill) Catridge Canon klik disini.

Printer ini saya gunakan di kantor dan di rumah juga saya memilikinya. Berbagai macam error telah terjadi di printer canon IP2770 ini dan tetap bisa saya gunakan sampai sekarang. Sampai akhirnya printer ini mengalami error B200. 



Saat saya memakainya tiba-tiba muncul sebuah jendela peringatan yang dengan tulisan Error B200. Pada printer, lampu indikator nya berkedip (blinking) dengan pola tertentu dan catridge berhenti tidak bergerak. Apakah penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasi error b200 pada printer canon ip2770 ini? 

Penyebab Error B200 pada Printer Canon iP2770
Berdasarkan referensi yang saya baca, ada beberapa penyebab yang menyebabkan terjadinya error B200 pada prnter canon ip2770 ini

Penyebab 1: OverHeat
Error B200 Canon IP2770 ini bisa muncul ketika printer mengalami overheat pada head catridge, cara mengetahui apakah benar error B200 karena overheat bisa dilakukan dengan cara mematikan printer, lalu buka cover printer bagian atas, setelah cover terbuka nyalakan kembali printer dan lihat apakah rumah catridge bergerak atau tidak, jika tidak bergerak berarti printer mengalami overheat.  

Cara mengatasinya jika memang terjadi overheat coba melepaskan catridge yang terpasang, ganti dengan catridge lainnya, dan jika sudah bisa kembali normal, gunakan lagi catridge yang lama tadi.


Penyebab 2: Power Supply Tidak Stabil
Masalah ketidakstabilan ini bisa jadi sering terjadi pada power supply. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kabel power yang kurang bagus sehingga mengalami kerusakan dan berdampak pada power supply. Cara mengatasi masalah power supply yang tidak stabil ini adalah dengan mengganti power supply tersebut.

Penyebab 3: Kerusakan Pada Mainboard (Motherboard) 
Salah satu komponen penting pada peralatan elektronik khusunya pada printer ini adalah mainboard atau motherboard. Error B200 ini biasanya terjadi karena disebabkan oleh adanya kerusakan pada komponen di mainboard. Komponen yang sering rusak pada mainboard printer ini adalah terdapat pada bagian resistor dengan kode di mainboard R301. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara melepas resistor R301 dan menggantinya dengan resistor yang baru. 


Cara Alternative untuk Mengatasi Error B200 pada Printer Canon iP2770
Selain cara di atas, masih ada cara lain untuk mengatasi error B200 pada printer canon IP2770. Cara tersebut antara lain:

Cara Alternative 1: Melakukan Reset Logic-nya
  1. Matikan printer, dengan tetap membiarkan kabel printer ke PC tetap tersambung (menancap).
  2. Tekan dan tahan tombol resume selama 2 detik, posisi tangan tetap menahan lalu tekan tombol power sampai hijau, lalu lepaskan tombol resume dengan tetap menahan tombol power
  3. Tekan tombol resume sebanyak 5x dan tetap tahan tombol resume pada tekanan terakhir, harusnya ketika disini lampu orange juga menyala, lalu lepaskan bersamaan tombol resume dan power.
  4. Lampu pada printer akan menyala hijau dan printer akan merespon dengan memposisikan catridge. setelah proses berhenti (suara proses berhenti) matikan printer.
  5. Nyalakan printer dan printer sudah bisa anda gunakan.


Cara Alternative 2: Dengan Memberhentikan Catridge
Cara terakhir ini memang ketika kami baca sepertinya aneh, tetapi setelah di coba juga cukup efektif untuk mengatasi masalah error B200 pada printer Canon iP2770. Biasanya masalah ini banyak direkomendasikan untuk reset ulang pada printer, dan ini malah akan mengakibatkan "kesalahan" pada respon printer kurang normal. Hal ini bisa dilihat pada blinking 8x, serta catridge tidak mau bergerak ke tengah ketika cover printer atas dibuka. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan ikuti langkah berikut ini.
  1. Matikan printer, kemudian nyalakan kembali. Buka cover atas printer, maka catridge akan bergerak dari tepi kiri ke tepi kanan. Sebelum catridge mencapai tepi kanan, halangi catridge dengan cara menahannya sehingga catridge akan berhenti di tengah.
  2. Lepaskan kedua catridge, kemudian tutup kembali covernya. Secara otomatis rumah catridge ini akan ditarik (bergerak) ke kanan, roll printer akan melakukan putaran, biarkan hingga proses berhenti (kira-kira 30 detik), ketika hal ini terjadi biasanya lampu orange akan blinking 4 - 5x. 
  3. Buka kembali cover printer atas, maka rumah catridge akan menuju ke tengah. Pasang kembali catridge. Tutup covernya kemudian tunggu sekitar 1 menit. Jika cara ini berhasil printer akan kembali normal dengan lampu menyala hijau. Pada kondisi ini jangan langsung menggunakan printer untuk mencetak dalam jumlah banyak. Hal ini dikhawatirkan catridge akan panas dan error terjadi kembali. 

Langkah-langkah di atas merupakan beberapa cara untuk mengatasi printer canon iP2770 yang mengalami error B200. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

NB: Sampai saat ini saya belum berhasil mengatasi error B200 yang terjadi pada printer Canon iP2770 yang saya gunakan di rumah.
BERIKAN KOMENTAR ()