Mengubah Huruf Besar Menjadi Huruf Kecil di Excel

Terkadang saat bekerja dengan aplikasi office, dalam beberapa hal membutuhkan mengubah huruf besar menjadi huruf kecil atau mengubah dari huruf kecil menjadi huruf besar semua atau hanya mengubah huruf besar hanya di setiap awal kata saja. Jika menggunakan Microsoft Word hal ini tidak masalah karena sudah sangat umum dan sering digunakan (saya lebih sering mengunakan Microsoft Word dari pada Microsoft Excel).

Jika saya mendapatkan pekerjaan yang mengharuskan mengubah huruf kecil menjadi besar ataupun sebaliknya, akan sangat mudah mengubahnya jika sedang berada di Microsoft Word. Cukup dengan memblok (men-select) frase yang akan diubah dan pilih change case dan kemudian pilih uppercase untuk mengubah frase teks yang dipilih menjadi huruf besar semua dan pilih lowercase untuk mengubah menjadi kecil semua. Tetapi bagaimana jika sedang menggunakan Microsoft Excel? Dan ada ratusan daftar yang harus diubah! 

Saat mendapatkan daftar tabel yang harus saya ubah menjadi huruf kecil semua pada kolom tertentu, biasanya saya mengkopinya terlebih dahulu ke word editor (Microsoft Word). Kemudian saya seleksi (saya blok) dan menggunakan menu change case, dan kemudian memilih menu lowercase.

Kali ini ada cara yang lebih mudah dan praktis daripada melakukan copy-paste ke aplikasi word editor seperti yang saya lakukan sebelumnya. Saya akan mengubah huruf besar menjadi huruf kecil di Micorosft Excel. Dan ternyata untuk mengubah di huruf besar menjadi huruf kecil sangat mudah. cukup menggunakan rumus formula "=LOWER(lokasi cell)". Misalnya saya akan mengubah huruf besar menjadi kecil yang ada di cell B5 maka saya akan menuliskan rumus di "=LOWER(B5)".



Sebenarnya untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar ini bisa dilakukan dengan menghapus saja teksnya dan diketik lagi dengan yang benar. Tetapi bagaimana jika ada ratusan daftar yang harus diubah? Tentunya menjadi pekerjaan yang sangat melelahkan dan tidak efektif jika harus mengubahnya satu persatu. 

Dengan menggunakan Microsoft Excel, dan mengetikkan formulanya maka mengubah huruf kecil menjadi huruf besar ataupun mengubah huruf besar menjadi huruf kecil pada cell Microsoft Excel akan mejadi sangat mudah. Setelah formula diketikkan pada salah satu cell kemudian copy rumus formula excel tersebut dan paste-kan pada cell lainnya maka cell lain tersebut akan menjalankan operasi yang sama dengan cell sebelumnya.

Selain formula untuk mengubah huruf besar menjadi huruf kecil (LOWER), ada juga formula untuk mengubah menjadi huruf besar semua (UPPER) atau huruf besar di setiap awal kata saja (PROPER).

Saya mencoba rumus formula ini di WPS Office dan di Microsoft Excel dan mungkin bisa juga untuk aplikasi spreadsheet lainnya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


BERIKAN KOMENTAR ()