Memasang Multiload Ng di XFCE untuk Memonitor Sistem Komputer


Memasang Multiload Ng di XFCE untuk Memonitor Sistem Komputer. Multiload -Ng 1.5.2 adalah aplikasi system monitor yang berjalan di linux. Dengan memasang aplikasi ini kita dapat mengetahuipemakaian cpu, ram, network, temperatur cpu, dll.

Terkadang saya memerlukan untuk memantau seberapa besar pemakaian cpu dan memori di sistem komputer yang saya gunakan. Beberapa aplikasi yang saya gunakan memang memakan ruang memori (RAM) yang cukup besar sehingga saya ingin memantau seberapa besar resource di laptop saya terkuras. Memori (RAM) yang saya gunakan memang sangat terbatas sedangkan seringkali saya menjalankan banyak program yang memakan banyak memori dan menggunakan load cpu yang besar juga.

Yang saya ingin pantau (monitor) adalah load Prosesor (CPU), memori (RAM) dan memori SWAP. Dengan mengetahui berapa pemakaian memori di komputer, akan membuat saya membatasi diri untuk tidak membuka program atau aplikasi yang terlalu banyak dan tidak  perlu. Sehingga saya hanya berfokus pada pekerjaan yang saya lakukan.

Setelah beberapa kali browsing akhirnya saya memilih menginstal plugin untuk panel di XFCE4 yakni Multiload NG. Salah satu alasan saya memilih ini adalah tampilannya yang berupa grafik.






Yang saya monitor adalah CPU, RAM, Network, dan Swap. Tampilannya yang berupa grafik garis lebih mudah untuk dilihat kenaikan atau penurunannya.





Untuk mengisntal plugin ini, file yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.





Untuk link downloadnya, silahkan dowbnload link berikut.
http://ppa.launchpad.net/nilarimogard/webupd8/ubuntu/pool/main/m/multiload-ng-gtk3/multiload-ng-indicator_1.5.2-1~webupd8~zesty0_amd64.deb

http://ppa.launchpad.net/nilarimogard/webupd8/ubuntu/pool/main/m/multiload-ng-gtk3/multiload-ng-standalone_1.5.2-1~webupd8~zesty0_amd64.deb

http://ppa.launchpad.net/nilarimogard/webupd8/ubuntu/pool/main/m/multiload-ng/multiload-ng-common_1.5.2-1~webupd8~zesty0_all.deb

Demikian Memasang Multiload Ng di XFCE untuk Memonitor Sistem Komputer. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Note: saya menggunakan sistem operasi linux  berbasis Debian 9, dan Xubuntu 17.10

BERIKAN KOMENTAR ()