Mengubah Tampilan LibreOffice seperti Microsoft Office

Ms Office merupakan salah satu software office terbaik menurut saya. Saya sudah menggunakannya sejak lama, sejak masih sekolah dulu dan sampai saat ini saya masih menggunakannya di kantor. Aplikasi office yang paling sering saya gunakan adalah Word, Excel, dan PowerPoint. Selain aplikasi Office tersebut, Saya juga menggunakan LibreOffice dan WPS Office sebagai software office alternatif,

Salah satu hal menarik dari Ms. Office adalah tampilan user interfacenya, Ribbon UI. Saya merasa nyaman dan mudah saat menggunakan aplikasi dari Microsoft tersebut. Dan saya memang berharap kenyamanan dan kemudahan tersebut hadir juga di software office yang opensource seperti LibreOffice meskipun hanya tampilannya saja.

Saat ini LibreOffice yang saya guakan adalah versi 5.4.2. Daan ternyata pada versi ini tampilannya sudah bisa dibuat mirip dengan Ms. Office. Cukup dengan merubah setingannya saya. Langsung saja, untuk membuat tampilan libreoffice ini mirip dengan tampilan Ms Office, langkahnya sebagai berikut.

1. Tools > Options > LibreOffice > Advanced
Pada "Optional Features",  centang "Enable experimental features"
Klik OK
Restart LibreOffice-nya.

Selanjutnya...
2. View > Toolbar Layout > Notebookbar
3. View > Notebookbar > Tabbed (ada beberapa pilihan, saya suka yang "Tabbed")

Setelah langkah-langkah di atas maka tampilan LibreOffice akan menjadi seperti ini.


Selamat mencoba.


Referensi
http://www.omgubuntu.co.uk/2016/12/microsoft-office-ribbon-ui-coming-libreoffice
http://www.omgubuntu.co.uk/2017/02/how-to-enable-libreoffice-ribbon-notebook-bar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama