Thursday, September 28, 2017

Cara Menjaga Laptop Tetap Dingin

Menggunakan laptop atau notebook sudah menjadi kebiasaan dan tentu saja merupakan kebutuhan sehari-hari. Bekerja di kantor ataupun sedang nongkrong di cafe,  laptop tetap menjadi andalan untuk menemani dalam mengerjakan berbagai pekerjaan, menghabiskan waktu sambil bersosial media ataupun mengerjakan pekerjaan lainnya.

Laptop atau notebook merupakan perangkat tipis dan juga rentan dengan masalah panas. Apalagi laptop atau notebook tersebut sering digunakan. Panas yang ditimbulkan pada laptop akan dapat menyebabkan turunnya performa dan lifetime dari laptop itu sendiri.

Untuk itu perlu diperhatikan hal-hal yang dapat menyebabkan peningkatan panas pada laptop.

JAGA KEBERSIHAN LAPTOP.  Kebersihan merupakan salah satu faktor penyebab peningkatan suhu pada laptop.  Kebersihan disini adalah kebersihan pada bagian ventilasi udara, pada inhaust dan exhaust-nya. Penggunaan laptop pada area yang berdebu juga bisa menimbulkan endapan debu pada bagian exhaust dan pada kipas pendingin yang ada di dalam laptop.
Bagian yang mudah dibersihkan adalah pada bagian exhaust. Cukup tiup dengan menggunakan alat pembersih lensa kamera pada saat laptop sedang menyala.  Untuk bagian kipas pendingin lakukan saat anda membongkar laptop.

JAGA SIRKULASI UDARA.  Sirkulasi udara harus terjaga dengan baik.  Tentu saja jika tidak baik akan terjadi gangguan pertukaran udara di dalam laptop sehingga suhu dalam laptop pun meningkat. Tetapi bagaimana sirkulasi udara dapat terganggu?  Seringkali tanpa sadar saat menggunakan laptop ditempat tidur dan meletakkannya di atas bantal atau selimut. Dan dengan demikian sempurna-lah tertutupnya lubang ventilasi pada laptop. Silahkan dicoba.

LISTRIK DALAM KONDISI BAIK. Listrik yang tidak stabil tentu saja akan membuat komponen di dalam laptop akan tidak stabil juga dan hal ini akan dapat menimbulkan panas dan penurunan performa. Usahakan menggunakan baterai laptop saat menggunakan laptop,  jangan melepas baterainya dan menggunakan power supply adapter secara langsung. Gunakan power supply adapter yang berkualitas sehingga dapat mengurangi resiko ketidakstabilan arus dan tegangan yang mengalir ke dalam laptop. Jika memang sumber listrik yang tidak stabil,  maka harus menggunakan stabilisator.

PEMERKSAAN BERKALA HARDWARE SOFTWARE
Sebuah sistem komputer dapat berjalan karena adanya hardware dan software yang saling bekerja sama. Dengan digunakannya dan dijalankannya sistem ini akan dimungkinkan terjadi

Pemeriksaan pada hardware
periksa lubang ventilasi, bersihkan jika ada debu atau sumabatan. 
periksa sistem pendingin (heatsink, fan), bersihkan secara berkala.
periksa kondisi baterai
periksa kondisi power supply adapter
Periksa kondisi listrik PLN

Pemeriksaan Software
check update sistem operasi secara berkala atau jika tersedia update terbaru.
check update driver


Tambahan
Letakkan laptop pada alas yang dingin, bisa menggunakan coolerpad atau meletakkan pada permukaan lantai yang dingin.
Hindari menggunakan laptop pada ruang terbuka yang dimungkinkan terkena banyak debu.

Itu saja dari saya, semoga bermanfaat. Jika ada tambahan, silahkan komentar di bawah ya...! Terima kasih.

No comments:

Post a Comment