Sabtu, 01 Juli 2017

Memindahkan file di Smartphone ke Komputer dengan Airdroid

Seringkali saya menggunakan smartphone android untuk melakukan banyak hal. Salah satunya adalah men-download beberapa referensi yang berupa file pdf. Terkadang saya membutuhkan untuk memindahkan file pdf yang ada di smartphone ke dalam komputer. Ada beberapa cara untuk memindahkan file tersebut diantaranya dengan menggunakan flash disk dan kabel OTG, bisa juga dengan menghubungkan smartphone dengan kabel data ke komputer, dan atau dengan mengkoneksikan smartphone dan komputer secara wireless.

Kali ini saya akan membahas yang secara wireless karena seringkali lupa membawa kabel data dan juga malas untuk mencolok-colok kabel data. Aplikasi android yang saya gunakan adalah AIRDROID. Sudah beberapa lama saya menggunakan aplikasi ini dan saya tidak menemukan masalah.

Untuk menghubungkan smartphone ke komputer sehingga kita bisa meng-explore media penyimpanan (storage) smartphone kita, dan juga melakukan upload dan download file, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

  1. Pastikan smartphone dan komputer terhubung secara wireless ke network yang sama, terhubung ke satu akses point (hotspot) yang sama.
  2. Aplikasi Airdroid harus telah ter-install di smartphone.
  3. Komputer harus ada browser internet (Firefox, Chrome, dsb).


Langkah-langkah untuk memindahkan file dari smartphone.

  1. Jalankan aplikasi AIRDROID maka akan muncul ip address.
  2. Masukkan ip address ke browser komputer
  3. Airdroid di Smartphone akan meminta konfirmasi, pilih OK atau Accept
  4. Maka browser komputer akan bisa meng-explore isi media penyimpanan (storage) di smartphone.




Banyak cara-cara lain untuk memindahkan file secara wireless, tetapi cara ini yang saya anggap paling mudah, karena tidak berpengaruh dengan sistem operasi yang saya pakai. Laptop pribadi saya menggunakan linux, sedang laptop kantor menggunakan windows, terkadang saya bekerja disalah satu laptop ini dan tidak ada masalah saat mentransfer file menggunakan airdroid.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar