Kenapa Harus Pilih Asus ZenBook 3 UX390UA

Notebook dengan kemampuan yang tinggi, tetapi tetap ringan dan tipis tentunya sudah menjadi kebutuhan. Tak hanya itu, tampilan notebook yang cantik dan elegan pun layak untuk dipertimbangkan. Apalagi untuk saat ini  dimana setiap orang sudah disibukkan dengan begitu banyak pekerjaan dan berbagai macam aktifias dan kegiatan yang membutuhkan tingkat komputasi yang lebih tinggi tetapi juga dituntut untuk tetap tampil keren dan percaya diri. Berbagai macam pekerjaan dan kegiatan, entah itu presentasi di kantor, mengerjakan pekerjaan di saat sedang dalam perjalanan, atau hanya sekedar ber-social media bersama dengan teman atau rekan kerja.

Asus ZenBook 3 UX390UA


Salah satu notebook memiliki desain yang cantik dan elegan serta ringan, tipis dan juga berspesifikasi tinggi, adalah Asus ZenBook UX390UA. Dengan tampilan yang elegan dengan padanan warna biru gelap serta dipermanis dengan list berwarna gold bagian tepinya. Notebook ini juga masih membawa ciri khas Zenbook pada panel LID covernya yakni Concentric Circle Design dengan logo ASUS dibagian tengah dengan warna keemasan. Asus ZenBook 3 UX390UA ini juga memiliki tiga warna pilihan sesuai dengan karakter Anda. Warna tersebut antara lain rose gold, quartz grey dan royal blue.

Pilihan warna:  rose gold, quartz grey dan royal blue



Proses produksi Asus ZenBook 3 UX390 ini melalui proses desain pahatan diamond cut. Struktur lapisan alumuniumnya pun juga telah diperkuat dengan proses anodisasi yang akan dapat memperkuat lapisan protektif alami pada logam serta meningkatkan ketahanan logam terhadap korosi.

Sangat ringan,bisa dibawa dengan satu tangan.


Asus ZenBook 3 UX390 begitu tipis dengan memiliki ketabalan hanya 11,9 mm. Dengan bodi yang tipis, tentu saja beratnya akan berkurang. Notebook ringan ini hanya berbobot 910 gram saja sangat ringan, kurang dari 1 Kg. Dengan bobot yang ringan tentunya akan sangat mudah saat dibawa dengan satu tangan. Bobot yang ringan ini tidak lepas dari penggunaan material alumunium alloy dengan grade yang biasa digunakan pada industri pesawat terbang. Dengan menggunakan material ini, selain bobot notebook menjadi lebih ringan, juga menjadikan konstruksi tetap kokoh dan kuat.

Komparasi Asus ZenBook 3 UX390UA vs MacBook 12 inchi vs MacBook Air 13 inchi


Jika dibandingkan antara Asus ZenBook 3 UX390 dengan Macbook 12 inchi, Asus ZenBook 3 UX390UA memiliki bobot yang lebih ringan hanya 910 gram. Demikian juga dengan ketebalannya. Asus ZenBook UX390UA tetap lebih tipis meskipun layar yang dimiliki notebook ini lebih luas 0,5 inchi. Jika dibandingkan dengan MacBook Air 13 inchi yang memiliki bentang layar 13 inchi yang mana lebih luas dari layar Asus ZenBook 3 UX390UA, Asus UX390UA tetap yang paling ringan dan paling tipis. 

Salah satu komponen penting dari sebuah notebook adalah prosesornya. Pada Asus ZenBook UX390UA telah menggunakan prosesor intel generasi ke-7 yakni intel i7-7500U dengan code name Kabylake. Prosesor ini memiliki kecepatan sampai 2,9 GHz.

Memori yang digunakan pada notebook ini terbilang sangat lega yakni sebesar 16 GB. Memori ini bertipe DDR3 dengan konfigurasi dual channel. Dengan konfigurasi dual channel ini akan memungkinkan kinerja prosesor dan memori dapat bekerja secara simultan sehingga dapat meningkatkan kecepatan pemrosesan instruksi yang diterima prosesor. Hal ini dapat dirasakan pada saat pertama menyalakan komputer (start up) dan pada saat membuka aplikasi. Start up sistem operasi akan terasa lebih cepat dan aplikasi saat membuka aplikasi juga akan terasa lebih gegas.

Storage atau media penyimpanan yang digunakan pada notebook ini menggunakan NVMe SSD dengan kapasitas 500GB. Storage ini telahmendukung teknologi Non-Volatile Memory yang dapat sangat cepat dalam mengolah proses komputasi hingga 64.000 perintah dalam satu waktu.

Untuk port yang disediakan pada Asus UX390 ini hanya terdapat 1 buah port USB 3.1 type C yang mana memiliki kecepatan transfer hingga 10Mbps. Jika anda masih menggunakan dan membutuhkan koneksi port USB 3.0 Type A, HDMI, dan juga USB Type C, Anda tidak perlu khawatir karena tetap disediakan sebuah dongle khusus untuk port yang telah disebutkan di atas. Port konektor tersebut tentunya bisa digunakan untuk transfer data, charging (isi daya), serta  untuk display port.

Keyboard yang digunakan berfitur chicklet dengan tingkat kedalaman tekanan sebesar 0,8 mm. Dengan kedalaman tekanan sebesar kurang dari 1 mm tentunya sangat nyaman saat digunakan mengetik meskipun dalam waktu yang lama.

Kedalaman Tombol Keyboard hanya 0,8 mm, Terdapat Finger Print Sensor Pada Touchpad Sebelah Kanan Atas


Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan, fingerprint sensor telah dihadirkan dalam Asus Zenbook 3 UX390UA ini. Finger print sensor ini terletak pada sebelah kanan atas touchpad. Touchpad yang digunakan pada notebook ini telah mendukung fitur smart gesture sehingga pada saat dioperasikan terasa lebih nyaman. Fitur smart gesture ini dinamakan dengan Precision Touch Pad (PTP). Dengan adanya fitur ini, ketika ingin melakukan klik kiri cukup dengan menyentuhkan satu jadi pada touchpad. Jika ingin men-drag, cukup gunakan satu jari kemudaian geser ke arah yang Anda inginkan untuk melakukan seleksi. Untuk melakukan zoom in/out cukup dengan mencubit touchpad menggunakan ibu jari dan telunjuk. Touchpad ini pun telah didesai sedemikan rupa sehingga terasa lebih lega. Hal ini dimaksudkan agar pengguna lebih leluasa dan nyaman tanpa menggunakan mouse saat menggunakan notebook ini.

Bezelles Display


Layar pada ZenBook UX390 menggunakan panel beresolusi Full HD dengan lapisan Corning Gorilla Glass 4 sehingga lebih tahan terhadap goresan. Layar ini memiiki panel NTSC dengan besaran color gamut 72%. Layar ini bisa dilihat dari samping sejauh 178 derajat dengan tidak mengurangi ketajaman warnanya. Screen to body ratio pada layar Asus ZenBook 3 UX390UA ini mencapai 82%. Ini berarti bezel (bingkai) nya tipis atau bisa dibilang bezelles.

Agar gambar yang ditampilkan di layar lebih optimal, Asus mengembangkan beberapa software khusus, yaitu 1) Asus Splendid Technology, 2) TruVivid, dan 3) Tru2Life Video.
1. Asus Splendid Technology mampu mengoptimalisasikan berbagai kondisi gambar agar dapat ditampilkan dengan sebaik mungkin. Di dalam Spendid Technology terdapat empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain: a) Normal Mode, yang cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar. b) Eye Care Mode, yang cocok untuk penggunaan laptop dalam waktu yang lama dengan mempertimbangkan faktor kesehatan mata. c) Vivid Mode, berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan di dalam film, foto dan lainnya. d) Manual Mode, pengguna dapat dengan bebas mengatur tampilan layar sesuai dengan preferensi yang diinginkan.
2. TruVivid merupakan sebuah teknologi untuk menyempurnakan tingkat kejernihan, kecerahan dan responsifitas pada layar. 
3. Tru2Life. Dengan teknologi ini, video yang ditampilkan akan menjadi lebih realistis. 

Pada Speaker, Asus menggandeng pabrikan audio asal Amerika Harman/Kardon yang mana bisa menghasilkan kualitas audio yang lebih baik atau duakali lebih cepat jika dibandingkan dengan notebook sejenisnya. Speaker Asus ZenBook 3 UX390UA ada empat unit. Dua unit di bagian atas sisanya dibawah berdekatan dengan palmrest. Empat speaker ini dipasang terpisah dan menyajikan frekuensi yang berbeda. Speaker ini didukung dengan 4 ampli pintar yang dapat menghasilkan suara surround. Kualitas suara yang dikeluarkan pun dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna dengan menggunakan aplikasi AudioWizard. Melalui apliasi ini, pengguna dapat men-setting suara ke dalam lima buah mode, yakni music mode, movie mode, recording mode, gaming mode, speech mode.

Sebuah notebook dengan desain terbaik dan spesifikasi hardware terbaik tidak akan lengkap tanpa sistem operasi yang terbaik. Saat ini Microsoft Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi terbaik yang banyak digunakan karena kemudahan penggunaan atau user friendly dan juga memiliki kompatibilas hardware yang baik. Asus ZenBook 3 UX390UA sudah dilengkapi Operating System Microsoft Windows 10. Dengan perpaduan kecanggihan hardware dan sistem operasi ini akan membuat pengguna menjadi lebih produktif. 

Spesifikasi Asus ZenBook UX390UA:

Processor
Intel® Core™ i7 7500U Processor,

Operating System
Windows 10 Home
Windows 10 Pro

Memory
16 GB LPDDR3 2133MHz SDRAM Onboard Memory

Display
12.5" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) 60Hz Glare Panel with 72% NTSC

Graphic
Integrated Intel HD Graphics 620

Storage
Solid State Drives:
512GB SATA3 SSD
Solid State Drives:
512GB PCIE Gen3 SSD

Keyboard
Illuminated Chiclet Keyboard

WebCam
VGA Web Camera

Networking
Wi-Fi
Integrated 802.11 AC

Interface
1 x COMBO audio jack
1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1) support display & support power delivery

Audio
Support Windows 10 Cortana
ASUS SonicMaster Premium Technology

Battery
6 Cells 40 Whrs Polymer Battery

Power Adapter
Plug Type :USB TYPE C
Output :
20 V DC, 2.25 A, 45 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal

Dimensions
296 x 191.2 x 11.9 mm (WxDxH) (w/ 6cell battery)

Weight
910 g with Battery

Security
Finger Print Reader

Referensi:

https://www.asus.com/Commercial-Laptops/ASUS-ZenBook-3-UX390UA

http://selular.id/device/2017/03/review-asus-zenbook-3-ux390-notebook-premium-membuat-kagum

image credit: Asus.com and Selular.id (with modification)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama