Selasa, 18 Juli 2017

Apa Saja yang Harus dilakukan Saat Ganti Smartphone Baru

Beberapa waktu lalu saya menggunakan tablet 8 inchi untuk kegiatan sehari-hari saya. Tablet ini hanya saya gunakan unuk berkirim pesan saja melalui WhatsApp, BBM, SMS, dan juga melalui email. Menggunakan tablet ini cukup nyaman karena terasa lebih lebar dan lapang.

Karena dimensi tablet yang besar, sedangkan saya membutuhkan yang lebih kecil untuk lebih mudah dimasukkan ke dalam kantong, maka saya membutuhkan yang lebih kecil. Akhirnya saya memutuskan menggunakan smartphone yang lebih kecil yang berukuran 5,5 inchi. BIasanya saat memiliki smartphone baru, saya cenderung tergesa gesa memindahkan sim card dan menggunakan smartphone baru tersebut padahal belum memindahkan data penting dari smartphone lama ke smartphone baru.

Apa saja yang harus dilakukan saat ganti smartphone baru? 
  1. Backup kontak. Backup komtak di smartphone lama dengan mengekspor ke storage atau microsd atau bisa juga dengan mengsinkronkan dengan akun google. 
  2. Backup Chat WhatsApp ke Google Drive.
  3. Kopi semua file penting ke Flash Disk dengan menggunakan kabel OTG atau back up ke komputer dengan menggunakan kabel data. Bisa juga mengkopi data dari smartphone ke komputer secara wireless dengan menggunakan AirdDroid.
Itu saja yang biasanya saya lakukan saat akan ganti smartphone baru. Mungkin pembaca memiliki saran atau cara yang lebih baik? Silahkan komen dibawah ya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar