Tuesday, May 23, 2017

Cara Refill Catridge Canon PG-745 pada Canon MX497

Beberapa waktu lalu kantor membeli sebuah printer baru, Canon MX497. Printer ini lebih baru (generasi terbaru) jika dibandingkan dengan printer Canon MX397 (printer ini juga masih dipakai).

Ada hal yang menarik dari printer ini, yakni catridge hitamnya. Pada bagian atas catridge hitam terdapat  cela-cela yang sepertinya didesain sedemikian rupa sehingga permukaan catridge tidak bisa diakses secara langsung oleh gunting, cutter, paku dan sebagainya.

gambar.

Saat tinta dalam catridge sebuah printer habis, seharusnya ganti dengan catridge yang baru. Meskipun harga catridge baru cukup mahal tetapi lebih aman dan garansi printer tidak hilang.

Seringkali pengguna printer (termasuk saya) melakukan refill dengan melubangi bagian atas catridge. Dengan alasan penghematan, catridge PG-745 pada printer canon MX497 ini saya lubangi (lihat gambar). Biasanya saya melubangi dengan cutter atau gunting, tepapi karena desain dari catridge PG-745 ini unik, maka saya terpaksa menggunakan paku dan palu (dapat pinjaman dari kantor sebelah). Hati-hati dalam melubanginya, awas head cartridge pada bagian bawah catridge rusak.

gambar.

Dan saya pun berhasil melubanginya. dan melakukan refill dengan menginjekkan tinta.

No comments:

Post a Comment