Sabtu, 12 November 2016

Menginstal WPS Office di LInux Xubuntu 16.10

Setelah menginstal xubuntu 16.10, saya langsung saja melihat aplikasi office apa yang tertanam di xubuntu ini. Ya, sesuai perkiraan saya dan seperti versi linux pada umumnya, LibreOffice tetap menjadi andalan. LibreOffice memang terbaik dan benar-benar free.

Saya pernah mencoba beberapa aplikasi office lainnya selain LibreOffice. Salah satunya adalah WPS Office. Aplikasi ini saya kenal pertama kali melalui Android. Kemudian saya coba versi Windows dan Linux. Untuk yang versi Windows, aplikasi ini berbayar. Untuk yang versi linux dan android masih free.

Menginstal WPS Office ini sebenarnya sangat mudah.
Kunjungi websitenya dan unduh file installernya sesuai sistem operasi linux yang anda gunakan. Saya menggunakan linux ubuntu, jadi saya mengunduh yang berekstensi ".deb".

Setelah terunduh, langsung saja instal dengan cara klik kanan dan pilih gdebi package installer.

Ada notifikasi bahwa dependencies not satisfied libpng12 ......., dst. Ini mengindikasikan ada yang harus diinstal terlebh dahulu sebelum menginstal WPS Office.

Untuk mengatasi error di atas, saya kemudian mendowload file "libpng12-0_1.2.54-1ubuntu1_i386.deb" di http://packages.ubuntu.com/xenial/i386/libpng12-0/download. File ini merupakan paket dependensi dari ubuntu 16.04, tetapi saya tetap menginstalnya dan bisa.

Setelah file "libpng12-0_1.2.54-1ubuntu1_i386.deb" tersinstal, langsung saja instal file WPS Office yang telah di download tadi. Saya menggunakan "wps-office_10.1.0.5672~a21_i386.deb" bisa diunduh disini. Klik kanan file wps office yang sudah didownload dan pilih instal with Gdebi Package Installer.
Tidak akan ada error. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Jika sudah selesai. Silahkan dicoba WPS Officenya. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar