Monday, November 7, 2016

Mencoba Xubuntu 16.10

Setelah beberapa lama absen tidak mencoba distro linux terbaru, akhirnya kali ini saya memberanikan dan menyempatkan diri untuk mencoba distro linux yang terbaru. Saya mencoba distro linux dari ubuntu 16.10 atau codename nya Yakkety Yak.

Pada Xubuntu 16.10, dekstop manager yang digunakan adalah XFCE. Alasan saya menggunakan ubuntu dangan XFCE adalah saya sudah sangat familier, terbiasa dengan ubuntu dan distro linux lain yang juga turunan ubuntu karena menurut saya ubuntu sangat mudah digunakan mulai dari instalasi sistem operasinya sampai dengan instalasi program yang saya butuhkan. Desktop juga XFCE sangat ringan digunakan jika dibandingkan dengan desktop manager lainnya. XFCE sangat cocok dengan komputer dengan spesifikasi rendah.

  

Saat mencoba sistem operasi dalam hal ini linux, setelah selesai menginstal sistem operasi, aplikasi atau program yang saya coba pertama adalah aplikasi officenya. Maklum saja saya menggunakan aplikasi office setiap hari untuk membauat dokumen di kantor. Aplikasi office yang sudah built in adalah LibreOffice 5.2.2, tetapi saya menginginkan WPS Office. Saya akan menginstalnya setelah ini.tuju

Meskipun ini ubuntu versi terbaru, saya merasakan performance yang cukup responsif meskipun di komputer (netbook) saya yang tua dan hanya menggunakan prosesor intel atom. Inilah salah satu keunggulan jika menggunakan desktop manager XFCE.

Saya masih akan mencoba xubuntu 16.10 lebih dalam lagi. Bagi yang penasaran dan ingin mencoba silahkan mencoba dan merasakan sensasinya sendiri. Unduh saja filenya di http://xubuntu.org/getxubuntu/.

Oh iya, saya menggunaan Xubuntu 16.10 yang versi 32 bit.

No comments:

Post a Comment