Minggu, 27 November 2016

Cara Cleaning Printer Canon IP 2770

Setelah permasalahanyang ditanyakan rekan kerja saya mengenai bagaimana cara cleaning printer Canon MP287, kali ini saya yang membutuhkan informasi bagaimana cara cleaning printer canon ip2770. Printer canon ini adalah printer yang saya gunakan di kantor dan setiap hari digunakan untuk mencetak beberapa puluh halaman. Saya juga menggunakan printer ini di rumah meskipun jarang dipakai.

Printer ini sangat baik digunakan untuk mencetak baik segi kualitas cetak dan tentunya yang tidak kalah penting, kecepatan cetaknya. Untuk melakukan penghematan saya melakukan refill dengan menyuntikkan dengan tinta suntik yang banyak beredar dipasaran. Terkadang setelah mengisi tinta, printer ini tidak mencetak dengan baik dan untuk itu perlu dilakukan cleaning.

Untuk melakukan cleaning pada printer ini sangat mudah, apalagi jika menggunakan Windows sebabagai sistem operasinya dan juga telah terinstal software bawaan dari printer ini. Yang menjadi masalah adalah saat tidak meggunakan sistem operasi windows, menggunakan linux misalnya. Pada Linux tidak ada menu untuk melakukan cleaning printer. Kalau begitu bagaimana cara cleaningnya..?

Pada printer buatan manapun dengan tipe apapun, secara default, bisa melakukan cleaning dan test print walaupun tanpa dihubungkan dengan komputer. Pada printer Canon iP2770 ini cara melakukan cleaning tanpa komputer adalah sebagai berikut.

  1. Nyalakan terlebih dahulu printer anda.
  2. Setelah itu tekan dan tahanlah tombol Resume (dibawah tombol power), tahan hingga lampu warna hijau menyala (berkedip) hingga 1 kali (jangan lebih dan jangan kurang) kemudian langsung lepaskan.
  3. Printer akan melakukan Cleaning.


Setelah cleaning biasanya saya juga langsung melakukan Nozzle Check untuk mengetahui hasil cleaning yang telah dilakukan tadi. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pastikan printer sudah nyalakan.
  2. Masukkan kertas 1-2 lembar pada tray untuk mencetak hasil.
  3. Setelah itu tekan dan tahanlah tombol Resume (dibawah tombol power), tahan hingga lampu warna hijau menyala (berkedip) hingga 2 kali (jangan lebih dan jangan kurang) kemudian langsung lepaskan.
  4. 4. Printer akan melakukan cetak.


Selamat mencoba.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar