Jumat, 23 September 2016

Tips Memilih dan Membeli Laptop

Saat akan membeli sebuah laptop atau notebook, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan? Pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh orang yang akan membeli sebuah laptop atau notebook dengan harapan akan mendapatkan yang terbaik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan,

Dalam memilih sebuah laptop atau notebook, hal yang perlu diperhatikan adalah
1. Alokasi Anggaran, Dana atau Budget.
Seberapa besar uang yang akan anda keluarkan, yang anda sediakan untuk membeli laptop atau notebook tersebut.

2. Tujuan penggunaan laptop.
Beberapa orang menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas khusus yang berat dan membutuhkan spesifikasi yang tinggi seperti video editing, graphic design, gaming, dll. tetapi sebagian yang lain hanya menggunakan laptop untuk mengerjakan pekerjaan administrasi di kantor yang hanya mengetik dokumen, menghitung keuangan kantor dengan spreadsheet (excel), browsing, mendengarkan musik, nonton video. Perbedaan penggunaan ini akan menentukan spesifikasi laptop yang akan dibeli. Semakin tinggi sepsifikasi semakin mahal.

3. Bentuk Laptop.
Desain, Model,merupakan salah satu hal penting yang menjadi perhatian utama dalam memilih laptop atau notebook adalah desain luar laptop. Saya menganggap ini penting karena desain, model dan bentuk laptop akan menjadi daya tarik tersendiri dan menunjang penampilan. Tetapi pendapat masing-masing orang bisa berbeda tergantung dari selera masing-masing.

Yang perlu dipertimbangkan juga adalah ukuran layar, apakah Anda nyaman dengan menggunakan 11 inchi atau yang 14 atau bahkan yang 15,6 inchi. Ketebalan juga perlu diperhatikan. Sebagian besar orang suka dengan yang slim (tipis) tetapi yang lainnya suka yang sedikit tebal (tidak slim). Berat laptop biasanya berhubungan dengan lebar layar dan ketebalan.

4. Sistem Operasi.
Sistem operasi yang digunakan juga menjadi penting karena berhubungan dengan kompatibilitas hardware, software, kemampuan dan pemahaman anda mengoperasikan, kemampuan teman-teman atau lingkungan untuk membantu anda jika ada kesulitan, dsb. Misalnya anda memilih LINUX sebagai sistem operasi tetapi anda tidak terlalu paham dan juga lingkungan anda tidak menggunakannya, maka tidak disarankan menggunakan linux, kecuali anda memang ingin belajar Linux dan siap menerima segala kesulitannya. Demikian juga untuk sistem operasi yang lain, Mac OS misalnya.

5. Lakukan survei terlebih dahulu.
Dengan menggunakan internet anda bisa lebih mudah untuk mengetahui spesifikasi, harga dan desain atau bentuk laptop yang akan anda beli dengan lebih mudah. Cari juga review produk yang akan dibeli sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan dan manambah keyakinan untuk membeli produk tersebut.

6. Lain-lain.
Hal lain yang tidak kalah penting adalah mengenai garansi, lokasi service center, ketersediaan suku cadang. Keaslian produk dalam hal ini keresmian suatu produk juga perlu diperhatikan karena ada beberapa produk yang asli tetapi masuk ke Indonesia secara tidak resmi alias ilegal sehingga tidak akan bisa klaim garansi di distributor atau service center resminya.

Mungkin itu dulu. Jika ada yang mau menambahkan dipersilahkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar