Thursday, July 23, 2015

Koneksi Wifi Menghilang di Voyager Linux 12.10

Saat menggunakan internet via Wifi, tiba-tiba saja koneksi menghilang (terputus). Yang paling aneh adalah laptop saya tidak bisa mendeteksi sinyal wifi lainnya padahal ada lebih dari satu hotspot. Masalah ini muncul setelah beberapa menit terhubung ke wifi dan melakukan hal tertentu. Saya mendownload video di youtube padahal sebelumnya tidak terjadi apa-apa alias koneksi lancar dan cepat.

Saya pun kemudian mencari referensi untuk permasalahan ini. Tetapi saya belum menemukannya. Hal yang saya lakukan adalah mengganti WICD dengan Network Manager. Saya membuang WICD dan meng-install Network Manager.

Network Manager adalah aplikasi yang sering saya temui dibeberapa varian distro linux besar, seperti Linux Mint, Ubuntu dan beberapa linux lainnya. Di Voyager 12.10 untuk me-manage koneksi jaringan, sudah menggunakan WICD.

Setelah menggunakan Network Managar, tidak ada masalah terputusnya koneksi wifi lagi. Saya menggunakan internet via wifi selama berjam-jam dengan lancar meskupun saya gunakan untuk download.

Di Linux Voyager 12.10 ini icon Network Manager munculnya lama sekali saat setelah restart. Icon NetworkManager muncul di system tray (panel) setelah lebih dari 2 menit.

Yang jelas sampai saat ini koneksi via WiFi tidak terputus (menghilang) lagi.

No comments:

Post a Comment